KEPEMIMPINAN PELATIH DALAM MEMBANGUN TIM VOLI YANG SUKSES

Authors

  • Toto Hariono Tumanggor Universitas Negri Medan
  • Deni Rahman Marpaung Universitas Negri Medan
  • Vebrianto Valentino Purba Universitas Negri Medan
  • Ahmad Hidayat Lubis Universitas Negri Medan
  • Gilang Maulana Siregar Universitas Negri Medan
  • Tori Budi Tomo Siahaan Universitas Negri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35859

Keywords:

Voli, Kepemimpinan, Motivasi.

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh kepemimpinan pelatih terhadap motivasi dan kinerja tim voli. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui wawancara dan observasi, penelitian ini mengidentifikasi bahwa gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh pelatih memiliki dampak signifikan terhadap suasana tim dan performa pemain. Pelatih yang menerapkan gaya kepemimpinan transformasional dan partisipatif berhasil menciptakan lingkungan yang positif, meningkatkan keterlibatan dan komitmen pemain. Umpan balik positif serta dukungan emosional dari pelatih terbukti berkontribusi pada peningkatan performa tim. Sebaliknya, gaya kepemimpinan otoriter dapat menekan motivasi pemain, yang berdampak negatif pada kinerja tim. Penelitian ini menekankan pentingnya pendekatan adaptif dalam pelatihan dan pengembangan budaya tim yang positif. Meskipun memberikan wawasan berharga mengenai praktik kepelatihan yang efektif, penelitian ini memiliki keterbatasan, seperti ukuran sampel yang kecil, yang menunjukkan perlunya penelitian lebih lanjut untuk eksplorasi yang lebih luas. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi pelatih dalam mengembangkan strategi kepemimpinan yang lebih efektif untuk meningkatkan motivasi dan kinerja tim voli.

References

Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.

Bandura, A. (2001). Social Cognitive Theory: An Agentic Perspective. Annual Review of

Psychology, 52(1), 1-26.

Bass, B. M. (1985). Leadership and Performance Beyond Expectations. New York: Free Press.

Carron, A. V., Brawley, L. R., & Widmeyer, W. N. (2002). The Measurement of Cohesion in Sport

Teams: The Group Environment Questionnaire. In J. M. Silva & D. E. Stevens (Eds.), Psychology of Sport: Perspectives and Applications (pp. 213-226). Boston: McGraw-Hill.

Chelladurai, P., & Riemer, H. A. (1998). Consensus in Coaching: A Multidimensional Approach

to Coaching Effectiveness. International Journal of Sports Science & Coaching, 3(3)

Chelladurai, P. (2001). Human Resource Management in Sport and Recreation. Champaign, IL:

Human Kinetics.

Côté, J., & Gilbert, W. (2009). An Integrative Approach to Coaching Effectiveness. International

Journal of Sports Science & Coaching, 4(3), 307-319

Cushion, C. J., Harvey, S., Muir, B., & Nelson, L. (2010). Locating the ‘Coaching’ in Coach

Education: A Sociocultural Perspective. International Journal of Sports Science & Coaching.

Goudas, M., & Giannoudis, M. (2008). An Examination of the Motivational Climate in Sport.

Psychology of Sport and Exercise, 9(1), 81-93.

Jones, R. L., Armour, K. M., & Potrac, P. (2011). Sports Coaching Cultures: From Practice to

Theory. Abingdon: Routledge.

Martens, R. (2004). Successful Coaching (3rd ed.). Champaign, IL: Human Kinetics.

Martindale, R. J. J., Collins, D., & Abraham, A. (2007). Talent Development: A Guide for Practice

and Research. International Journal of Sports Science & Coaching, 2(3), 255-264.

Poczwardowski, A., & Sherman, C. (2014). Coaching and Team Development: A Social-

Relational Perspective. International Journal of Sports Science & Coaching, 9(2), 301-313.

Renshaw, I., Chow, J. Y., Davids, K., & Hammond, T. (2010). The Role of the Coach in the

Development of Expertise in Sports. International Journal of Sports Science & Coaching, 5(3).

Schempp, P. G., & Grillon, C. (2011). The Role of Coaches in the Development of Expertise.

Journal of Sport Psychology in Action, 2(1), 27-37.

Smith, R. E., Smoll, F. L., & Cumming, S. P. (2016). Effects of Coaching Behavior on Children's

Sport Performance and Enjoyment. Journal of Sport & Exercise Psychology, 38(2), 121-133.

Thompson, R. A. (2011). The Coach-Athlete Relationship: A Review of the Literature.

International Journal of Sports Science & Coaching, 6(2), 215-230.

Vallerand, R. J., & Losier, G. F. (1999). An Integrative Analysis of Intrinsic and Extrinsic

Motivation in Sport. Journal of Applied Sport Psychology, 11(1), 142-169.

Weiss, M. R., & Chaumeton, N. R. (1992). Motivation in Sport. In T. S. Horn (Ed.), Advances in

Sport Psychology (pp. 115-156). Champaign, IL: Human Kinetics.

Zourbanos, N., Tsorbatzoudis, H., & Koutoufas, K. (2009). Coaching Effectiveness: The Role of

Coach-Athlete Relationship and Coaching Style. International Journal of Sport Science & Coaching, 4(2), 189-199.

Downloads

Published

2024-10-10

How to Cite

Tumanggor, T. H. ., Marpaung, D. R. ., Purba, V. V. ., Lubis, A. H. ., Siregar, G. M. ., & Siahaan, T. B. T. . (2024). KEPEMIMPINAN PELATIH DALAM MEMBANGUN TIM VOLI YANG SUKSES. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 14616–14621. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35859

Most read articles by the same author(s)