PENGUKURAN DIMENSI SPIRITUALITAS PENDIDIKAN ISLAM PADA GURU MULTIDISIPLIN DI KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

Authors

  • Prayitno Prayitno STIT Bustanul ‘Ulum Lampung Tengah
  • Dedi Andrianto STIT Bustanul ‘Ulum Lampung Tengah
  • Siti Rohmaniah STIT Bustanul ‘Ulum Lampung Tengah
  • Wakib Kurniawan STIT Bustanul ‘Ulum Lampung Tengah
  • Siska Difita Sari STIT Bustanul ‘Ulum Lampung Tengah

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35507

Keywords:

Spiritualitas Tempat Kerja; Pendidikan Islam

Abstract

Penelitian komprehensif tentang dimensi spiritualitas tempat kerja secara empiris masih jarang ditemukan. Sudi saat ini mengukur kembali instrumen Islamic Workplace Spirituality Scale (IWSS) dengan basis pendidikan Islam di Indonesia. Data dikumpulkan melalui survei secara cross-sectional dengan pengisian kuesioner online kepada 354 guru. Pengujian validitas dan reliabilitas menggunakan Exploratory dan Confirmatory Factor Analysis dengan bantuan aplikasi SmartPLS 3.0. Studi ini menghasilkan alat pengukuran spiritualitas guru di organisasi Pendidikan Islam dengan 3 dimensi (taqorrub, muroqobah, dan istiqomah) yang tediri dari 10 indikator. Hasil temuan menyatakan bahwa profil guru di Pendidikan Islam memiliki tingkat spiritualitas yang tinggi. Berdasarkan pembahasan, studi saat ini menginisasi pimpinan organisasi pendidikan Islam untuk memperhatikan spiritualitas guru. Hal ini dikarenakan, implikasi dari spiritualitas di tempat kerja mampu mengembangkan sumber daya manusia menuju efektivitas dan efisiensi organisasi. Keterbatasan dari studi ini dapat dilihat dari demografi satu kabupaten di Indonesia, agar lebih global, maka studi perlu diperluas pada tingkat mancanegara.

References

Adawiyah, W. R., & Pramuka, B. A. (2017). Scaling the Notion of Islamic Spirituality in the Workplace. Journal of Management Development, 36(7), 877–898. https://doi.org/10.1108/JMD-11-2014-0153

Ahmad, M., & Khan, S. (2016). A Model of Spirituality for Ageing Muslims. Journal of Religion and Health. https://doi.org/10.1007/s10943-015-0039-0

Allport, G. W., & Ross, J. M. (1967). Personal Religious Orientation and Prejudice. Journal of Personality and Social Psychology, 5(4), 432–443. https://doi.org/10.1037/h0021212

Bandsuch, M. R., & Cavanagh, G. F. (2005). Integrating Spirituality Into The Workplace: Theory and Practice. Journal of Management, Spirituality and Religion, 2(2), 221–254. https://doi.org/10.1080/14766080509518581

Bhatti, O. K., Alam, M. A., Hassan, A., & Sulaiman, M. (2016). Islamic Spirituality and Social Responsibility in Curtailing the Workplace Deviance. Humanomics, 32(4), 405–417. https://doi.org/10.1108/H-03-2016-0022

Budiman, B. (2016). Eksistensi Spiritualitas Guru Pendidikan Islam Dalam Pembinaan Kompetensi Kepribadian. Cendekia: Journal of Education and Society. https://doi.org/10.21154/cendekia.v14i2.826

Cavanagh, G. F. (1999). Spirituality for Managers: Context and Critique. Journal of Organizational Change Management, 12(3), 186–199. https://doi.org/10.1108/09534819910273793

Cavanagh, G. F., & Bandsuch, M. R. (2002). Virtue As a Benchmark for Spirituality in Business. Journal of Business Ethics, 38(1–2), 109–117. https://doi.org/10.1023/A:1015721029457

Cavanagh, G., Hanson, B., Hanson, K., & Hinojoso, J. (2003). Toward a Spirituality for The Contemporary Organization: Implications for Work, Family and Society. Research in Ethical Issues in Organizations, 5, 111–138. https://doi.org/10.1016/S1529-2096(03)05007-7

Daniel, J. L. (2010). The Effect of Workplace Spirituality on Team Effectiveness. Journal of Management Development, 29(5), 442–456. https://doi.org/10.1108/02621711011039213

Daniel, J. L. (2019). Trust as a Mediator of Workplace Spirituality and Job Performance. Journal of Business and Behavior Sciences, 31(2).

Gall, B. (2014). Applying Educational Research: How to Read, Do, and Use Reserach to Solve Problem of Practice. In British Library Cataloguing-in-Publication Data (pp. 201–225).

Downloads

Published

2024-09-29

How to Cite

Prayitno, P., Andrianto, D. ., Rohmaniah, S. ., Kurniawan, W. ., & Sari, S. D. . (2024). PENGUKURAN DIMENSI SPIRITUALITAS PENDIDIKAN ISLAM PADA GURU MULTIDISIPLIN DI KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 14236=14246. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35507