PENGGUNAAN MEDIA VIDIO INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V SD KRISTEN KAIWATU YANG BERBASIS WILAYAH PERBATASAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35347Keywords:
Belajar, Motivasi Belajar, Media Vidio InteraktifAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar siswa dengan dengan menggunakan media video interaktif pada siswa kelas V SD Kristen kaiwatu. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang difokuskan pada situasi kelas. Subjek Penlitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas V SD Kristen kaiwatu yang berjumlah 20 siswa. Setelah proses pembelajaran dengan menggunakan media video interaktif dapat berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Kristen Kaiwatu. Peningkatan hasil belajar siswa dapat terlihat pada setiap pelaksanaan tindakan pada siklus I dan siklus II. Terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa pada tes awal 43,75, meningkat pada siklus I 62, meningkat pada siklus II menjadi 75. Selain hasil belajar siswa, motivasi belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I 75%, menjadi 85% pada siklus II. Dengan demikian maka dapat dikatakan bahwa penggunaan media vidio interaktif dikatakan berhasil.References
Aqib, Zainal, 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Yrama Widya
Fitriyati, I., Hidayat, A., & Munzil, M. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Ilmiah dan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pembelajaran Sains, 1(1), 27-34.
Husnidar, H., & Hayati, R. (2021). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2), 67-72.
KaroKaro & Rohani. 2018. Manfaat Media Dalam Pembelajaran. Axiom: Jurnal Pendidikan Dan Matematika. AXIOM: Vol. VII, No. 1, Januari – Juni 2018, P- ISSN : 2087 – 8249, E-ISSN: 2580 – 0450. https://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/axiom/article/view/1778/1411.DOI: http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778.
Margunayasa, 2013. Sari, F. K., Rakimahwati, R., & Fitria, Y. (2019). Hubungan minat dengan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika kelas VI SDN 25 Jati Tanah Tinggi. Jurnal Basicedu, 3(2), 397-405.https://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/18.
Marwatoen, F. 2015. Pengaruh Media Presentasi dan Komik dalam Pembelajaran Biologi terhadap Hasil Belajar ditinjau dari Motivasi Siswa. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 3(2), 71-79.
Nurrita. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran untuk MeningkatkanHasil Belajar Siswa." Misykat, vol. 3, no. 1, 2018, doi:10.33511/misykat.v3i1.52.
Sari &Fitria, 2019. Sari, F. K., Rakimahwati, R., & Fitria, Y. (2019). Hubungan minat dengan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika kelas VI SDN 25 Jati Tanah Tinggi. Jurnal Basicedu, 3(2), 397-405.
Septory, J., Romsery, N. R., Idwata, M., Warsoy, L., Kay, I., Pay, J., ... & Tutuala, R. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (Nht) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Kristen Patti. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan), 1(4), 1530-1535.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jekriel Septory
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.