STRATEGI KAMPANYE IKLAN POLITIK PASANGAN PRABOWO SUBIANTO – GIBRAN RAKABUMING RAKA PADA PEMILIHAN UMUM 2024 SUATU KAJIAN MEDIA IKLAN TELEVISI

Authors

  • Andi Banus Achir Universitas Bina Sarana

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34342

Keywords:

Strategi Kampanye, Iklan Politik, Studi Media Iklan Televisi.

Abstract

Pemilihan Umum Presiden tahun 2024 yang dimenangkan oleh kandidat Prabowo Subianto dengan pasangannya Gibran Rakabuming Raka. Selain faktor-faktor kinerja yang menghasilkan popularitas kandidat dibutuhkan pula strategi khusus kampanye tepatnya pada iklan politik di televisi dengan meningkatkan citra bagi kandidat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai bagaimana manajemen strategi komunikasi yang dilakukan oleh Tim Kampanye Nasional (TKN) merupakan tim sukses atau kelompok yang dibentuk untuk mendukung pada pasangan calon Presiden Prabowo Subianto dengan pasangannya Gibran Rakabuming Raka pada iklan politik dan fokus pada media televisi pada tahun 2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi partisipatif, dan mengumpulkan berbagai sumber data-data yang telah digunakan untuk diteliti dan diuraikan untuk dianalisa secara deskriptif. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa iklan politik kandidat presiden melalui media televisi mempengaruhi elektabilitas dengan salah satu strateginya pemasangan pada waktu tayangan yang sesuai dengan target. Dan kultur bangsa Indonesia yang harmonis, terbuka dan selalu menerima, jika ditawarkan iklan politik yang bersifat menyerang (attacking), negative campaigne atau black campaigne dapat berpengaruh turunnya elektabilitas bagi kandidat yang  ”menyerang”. Dengan isu-isu politik yang disajikan pada iklan politik harus berdasarkan fakta dan sumber yang kredibel dan dikonstruksi sesuai dengan harapan masyarakat. Pesan harus bersifat positif maka efektifitas bisa tercapai. Komunikasi kampanye oleh tim sukses pemenangan terhadap iklan politik Prabowo Subianto dengan pasangannya Gibran Rakabuming Raka, dapat mengangkat popularitas serta reputasi kandidat, selain faktor-faktor lainnya yang ikut mempengaruhi. Iklan politik di televisi bisa disebut juga sebagai “serangan udara” yang bisa mencapai target hingga ruang dosmestik rumah tangga juga harus menjadi ajang edukasi bagi masyarakat untuk mengarahkan pada demokrasi yang lebih baik.  Karena iklan politik di televisi merupakan alat kampanye yang efektif dan relevan untuk mempersuasi masyarakat pemilihnya

Downloads

Published

2024-09-14

How to Cite

Achir, A. B. . (2024). STRATEGI KAMPANYE IKLAN POLITIK PASANGAN PRABOWO SUBIANTO – GIBRAN RAKABUMING RAKA PADA PEMILIHAN UMUM 2024 SUATU KAJIAN MEDIA IKLAN TELEVISI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 13271–13279. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34342