MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN GERAKAN LITERASI BACA-TULIS DAN BERHITUNG DI SEKOLAH DASAR NEGERI 6 SYAMTALIRA BAYU KECAMATAN SYAMTALIRA BAYU KABUPATEN ACEH UTARA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34244Keywords:
Manajemen Kepala Sekolah, Gerakan Baca Tulis dan Berhitung, Sekolah Dasar.Abstract
Penelitian yang dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 6 Syamtalira Bayu, Kabupaten Aceh Utara, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan literasi baca, tulis, dan berhitung siswa. Pendekatan kualitatif digunakan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah telah menerapkan manajemen yang komprehensif, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, hingga pengawasan program literasi. Program ini melibatkan partisipasi aktif dari seluruh guru dan didukung oleh metode pengajaran yang inovatif dan menarik bagi siswa. Evaluasi yang dilakukan secara rutin berhasil meningkatkan kualitas literasi siswa di sekolah ini. Kesimpulannya, manajemen yang efektif di tingkat sekolah dapat menjadi faktor kunci dalam peningkatan kualitas pendidikan literasi dasar, serta memberikan model yang dapat diadopsi oleh sekolah-sekolah lain untuk mencapai hasil yang serupa. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan pentingnya pengembangan kapasitas guru, peningkatan fasilitas dan sumber daya, serta keterlibatan komunitas yang lebih luas dalam mendukung keberhasilan program literasi di sekolah dasar.References
Dewi, L. R., Naamy, N., & Malik, A. (2023). Peran Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Budaya Literasi di SMPN 3 Praya dan SMPN 4 Praya Tengah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 779–785.
Gulo, T. O. N., Lase, B. P., Harefa, H. O. N., & Harefa, A. T. (2024). PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER KEBANGSAAN MELALUI LITERASI BUDAYA DI UPTD SMP NEGERI 2 LAHOMI TAHUN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 3324–3331.
Hijjayati, Z., Makki, M., & Oktaviyanti, I. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas 3 di SDN Sapit. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1435–1443.
Irawati, R. A., & Supriyanto, S. (2023). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Budaya Literasi di SMP Negeri 2 Sedati Sidoarjo. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 10(4), 901–913.
Khaningrum, N. I., & Rochmiyati, S. (2023). Pin Duta Literasi (PINDULIT) Sebagai Upaya Peningkatan Gerakan Literasi Sekolah. Edukasi: Jurnal Penelitian & Artikel Pendidikan, 15(02), 323–334.
Lemba, I. P. (2023). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI DI SMAN 6 KUPANG. Prosiding Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 1(November), 167–181.
Mutji, E. J., & South, L. (2021). Literasi Baca Tulis Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti1, 8(1), 103–113.
Pettalongi, S. S. (2009). Evaluasi dalam Pendidikan dan Pembelajaran. Ta’dieb, 11(6), 1001–1012.
Rohim, D. C., & Rahmawati, S. (2020). Peran Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3).
Santika, I. G. N. (2021). GRAND DESAIN KEBIJAKAN STRATEGIS PEMERINTAH DALAM BIDANG PENDIDIKAN UNTUK MENGHADAPI REVOLUSI. Jurnal Education and Development, 9(2), 369–377.
Suragangga, I. M. N. (2017). MENDIDIK LEWAT LITERASI. Jurnal Penjamin Mutu, 3(2), 154–163.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yusrimuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.