PARTISIPASI MAHASISWA PRAKTEK LAPANGAN DALAM PELAKSANAAN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

Authors

  • Cahyo Mustiko Universitas PGRI Sumatra Barat
  • Zulfa Zulfa Universitas PGRI Sumatra Barat
  • Liza Husnit Universitas PGRI Sumatra Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34061

Keywords:

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Partisipasi

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang Partisipasi Mahasiswa Praktek Lapangan Dalam Pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Permasalahan penelitian ini adalah kurangnya pemahaman mahasiswa terkait proyek penguatan profil pelajar pancasila, perbedaan karakter peserta didik, pemanfaatan teknologi yang dihadapi oleh mahasiswa praktek lapangan dalam pelaksanaan profil pelajar pancasila dan minumnya sifat menghargai guru pelaksanaan lapagan dari peserta didik akibat dari pengaruh lingkungan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan pemanfaatan proyek penguatan profil pelajar pancasila. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi. Proses pengambilan dan penyusunan dalam teknik analisis data dari hasil wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi dengan cara pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.  Kesimpulan dari hasil Partisipasi mahasiswa terkait kontribusi dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila berupa ide/gagasan serta rapat Selanjutnya pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yaitu sumbangan energi yang diberikan oleh mahasiswa, penyediaan waktu, modal materi, keahlian mahasiswa sesuai bidangnya, dan koordinasi dengan pihak sekolah. Selanjutnya terkait pemnafaatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yaitu keikutsertaan mahasiswa dalam pemanfaatan proyek dalam khazanah keilmuan, hasil program proyek dan evaluasi terkait pelaksanaan program proyek tersebut

References

Liza Husnita, J. K. (2023). pengembangan E-Modul berbantun sigil softwere pada mata pelajaran sejarah di tingakat SMA. jurnal pedidikan tambusai, 20292-20300.

Felia, Husnita, & Meldawati. (2022). Media Ludo Game Sejarah (Lugas) Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (Tgt) Kelas X Mipa 1 Sman 13 Padang. Puteri Hijau : Jurnal Pendidikan Sejarah, 7(2), 244.

Kaksim, L. H. (2021). peran guru sejarah dala menguatkan nasionalisme ada peserta didik kelas XI Ips SMAN 2 sungai limau. Jurnal pendidikan sejarah, 84-92.

Prawesti, D. N., Husnita, L., & Meldawati. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Spinning Wheel Game Berbantuan Power Point Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XII IPS SMAN 19 Tebo. 06(01), 7928–7935.

Dini, I. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan2, 12224-1238.

Jamaludin. (2022). Penerapan profil pelajar pencasila melalui kegiatan kampus mengajar di sekolah dasar . Jurnal Cakrawala Pendas, 2.

Downloads

Published

2024-09-05

How to Cite

Mustiko, C., Zulfa, Z., & Husnit, L. . (2024). PARTISIPASI MAHASISWA PRAKTEK LAPANGAN DALAM PELAKSANAAN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 12517–12521. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34061