PROBLEMATIKA DAN URGENSI KEPALA SEKOLAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN NILA-NILAI MANAJERIAL DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Yusri M. Daud UIN Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.33729

Keywords:

Kepala Sekolah, Nilai-Nilai Manajerial, Lembaga Pendidikan Islam

Abstract

Salah satu problematika utama yang dihadapi oleh kepala sekolah adalah keterbatasan kompetensi manajerial. Uurgensi implementasi nilai manajerial di lembaga pendidikan Islam tidak dapat diabaikan. Dengan menerapkan manajemen yang baik, kepala sekolah dapat meningkatkan kualitas pendidikan, memperkuat akuntabilitas, dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik bagi siswa. Tidak jarang pula kepala sekolah menghadapi resistensi dari guru, staf, dan pihak internal lainnya ketika mencoba mengimplementasikan perubahan berbasis nilai manajerial. Resistensi ini bisa disebabkan oleh ketidakpahaman, ketidaksetujuan, atau ketidaksiapan untuk beradaptasi dengan perubahan yang dianggap mengancam status quo. Tujuan penelitian adaah untuk mendesripsikan dan menganalisi problematika dan urgensi kepala sekolah dalam mengimplementasi nilai-nilai manajerial di lembaga pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pustaka (library research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui langkah-langkah berikut: Identifikasi literatur, Pengumpulan data dan Klasifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa 1). Problematika Kepala Sekolah dalam mengimplementasi nilai manajerial di lembaga pendidikan Islam, meliputi: Keterbatasan Kompetensi Manajerial, Konflik antara Nilai Manajerial dan Nilai Keagamaan, Keterbatasan Sumber Daya dan Resistensi dari Pihak Internal. 2). Urgensi Kepala Sekolah dalam dalam mengimplementasi Nilai Manajerial di Lembaga Pendidikan Islam meliputi: Peningkatan Kualitas Pendidikan, Penguatan Akuntabilitas dan Transparansi dan Adaptasi terhadap Tantangan Zaman.

References

Abdullah, M. (2018). Manajemen mutu pendidikan di sekolah peran kepemimpinan kepala sekolah, profesionalisme guru, dan partisipasi masyarakat dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 190-198. https://doi.org/10.17509/jpp.v17i3.9612

Achmad, G. (2021). Refleksi pemikiran pembaharuan pendidikan islam kh. ahmad dahlan terhadap problematika pendidikan islam. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4329-4339. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1319

Anjani, N. and Dafit, F. (2021). Peran manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 9(3), 481-488. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.40828

Auliah, Y., Putra, I., & Novianti, I. (2022). Pengaruh kompetensi manajerial, supervisi dan sosial kepala sekolah terhadap mutu pendidikan di smp negeri se-kota bima. Scientific Journal of Reflection Economic Accounting Management and Business, 5(2), 341-352. https://doi.org/10.37481/sjr.v5i2.469

Ayu, C. (2023). Strategi manajerial kepala sekolah terhadap produktivitas kerja guru di sd pit bhaskara subang. Jurnal Sains Manajemen, 5(1), 34-45. https://doi.org/10.51977/jsm.v5i1.956

Azhari, U. and Kurniady, D. (2017). Manajemen pembiayaan pendidikan, fasilitas pembelajaran, dan mutu sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 13(2). https://doi.org/10.17509/jap.v23i2.5631

Bella, M. (2023). Peran kepala sekolah sebagai manager dalam meningkatkan mutu pendidikan di sd aisyiyah poncowati. Poace Jurnal Program Studi Adminitrasi Pendidikan, 3(2), 149-159. https://doi.org/10.24127/poace.v3i2.4115

Cahyaningrum, E. (2015). Peran kepala sekolah sebagai manajer di lembaga pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 2(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v2i1.3039

Djafri, N. (2017). Pengaruh gaya kepemimpinan, empati dan motivasi terhadap budaya organisasi (studi kasus terhadap kepala sekolah dasar kota gorontalo). Jurnal Manajemen, 19(1), 59. https://doi.org/10.24912/jm.v19i1.105

Firdaus, A. (2023). Pelatihan manajemen lembaga pendidikan islam di ponpes al buhori praya lombok tengah. Kreasi Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 499-509. https://doi.org/10.58218/kreasi.v3i3.749

Firman, H. and Santoso, Y. (2023). Persepsi guru terhadap kompetensi sosial kepala sekolah di smk kecamatan padang barat. Journal of Practice Learning and Educational Development, 3(2), 112-117. https://doi.org/10.58737/jpled.v3i2.107

Hakim, T. (2022). Implementasi nilai-nilai pendidikan agama islam dalam membina moderasi kehidupan beragama. Edukasiana Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(4), 192-200. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i4.188

Hasanah, S. (2023). Strategi inovasi kepala madrasah dalam membangun smart learning ecosystem di ma al irtiqo' iibs malang. Journal Evaluasi, 7(2), 135-148. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v7i2.1478

Ikhsandi, M. and Ramadan, Z. (2021). Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1312-1320. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.901

Imelda, A. (2018). Implementasi pendidikan nilai dalam pendidikan agama islam. Al-Tadzkiyyah Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 227. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i2.2128

Iskandar, J. (2017). Keterampilan manajerial kepala sekolah. Idaarah Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i1.4129

Khotimah, S. (2024). Peran kepala sekolah dalam implementasi kurikulum merdeka belajar. Nuris Journal of Education and Islamic Studies, 4(1), 33-42. https://doi.org/10.52620/jeis.v4i1.64

Laela, S., Hanafi, S., & Sudadio, S. (2023). Kompetensi manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah dasar negeri. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(2), 599-606. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4868

Mahanis, J. (2022). Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan pemasaraan jasa pendidikan. tjiec, 2(2), 57-67. https://doi.org/10.61456/tjiec.v2i2.24

Maya, N. (2023). Peran kepala sekolah dalam memaksimalkan work engagement guru. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(6), 2558-2568. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i6.5934

Missouri, R. (2023). Strategi inovatif menyatukan tradisi dan modernitas dalam manajemen pendidikan islam. Kreatif Jurnal Studi Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 21(1), 23-34. https://doi.org/10.52266/kreatif.v21i1.1820

Mulyani, E. (2023). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru dan kualitas sekolah di smpn 7 bengkulu selatan. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1183-1195. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.268

Mustaqim, M., Setiyaningsih, L., & Fahmi, M. (2021). Organizational culture dalam membangun komunikasi pendidikan berbasis multikulturalisme dan teknologi. Ettisal Journal of Communication, 6(1), 83. https://doi.org/10.21111/ejoc.v6i1.4721

Nizarani, N., Kristiawan, M., & Sari, A. (2020). Manajemen pendidikan karakter berbasis pondok pesantren. Jurnal Intelektualita Keislaman Sosial Dan Sains, 9(1), 37-44. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v9i1.5432

Nizarani, N., Kristiawan, M., & Sari, A. (2020). Manajemen pendidikan karakter berbasis pondok pesantren. Jurnal Intelektualita Keislaman Sosial Dan Sains, 9(1), 37-44. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v9i1.5432

Nurani, R. and Sarino, A. (2017). Peran kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja dalam meningkatkan kinerja guru sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(1), 298. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i1.14613

Priatna, A. (2018). Manajemen pengembangan mutu sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 25(1), 80-90. https://doi.org/10.17509/jap.v25i1.11575

Purwanto, A. and Evicasari, E. (2021). Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di sekolah dasar selama pandemi covid-19. Jurnal Basicedu, 5(6), 5706-5711. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1497

Purwanto, R. (2021). Kepemimpinan visioner kepala sekolah terhadap mutu dan kualitas sekolah di sd negeri soko. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 1(4), 151-160. https://doi.org/10.52436/1.jpti.26

Putra, K. (2023). Kompetensi manajerial kepala sekolah dalam mengelola guru di smkn se-kota pariaman. Journal of Practice Learning and Educational Development, 3(3), 264-267. https://doi.org/10.58737/jpled.v3i3.183

Putri, E. and Husmidar, D. (2021). Peran guru pendidikan agama islam dalam menumbuhkan karakter religius siswa sekolah dasar. Journal of Basic Education Research, 2(1), 24-28. https://doi.org/10.37251/jber.v2i1.132

Rami, H. (2023). Hubungan kepemimpinan dan manajerial kepala sekolah serta kemampuan teknologi terhadap kinerja guru smk di kecamatan rappocini. j. pendidik. terap., 65-69. https://doi.org/10.61255/jupiter.v1i3.176

Rosadi, I. (2023). Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di smk nu al-itqon cimerak. sosiosaintika, 1(1), 46-50. https://doi.org/10.59996/sosiosaintika.v1i1.123

Rosita, R. and Iskandar, S. (2022). Gaya kepemimpinan kepala sekolah di era digital. Jurnal Basicedu, 6(4), 6005-6011. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3127

Rupnidah, R. and Eliza, D. (2022). Analisis kemampuan manajerial kepala sekolah taman kanak-kanak. Jurnal Basicedu, 6(3), 4653-4662. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2826

Sabrina, S. and Aslam, A. (2022). Analisis peranan kepala sekolah dalam meningkatkan profesional guru di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6265-6271. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3220

Said, A. (2018). Kepemimpinan kepala sekolah dalam melestarikan budaya mutu sekolah. Journal Evaluasi, 2(1), 257. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v2i1.77

Samsilayurni, S. (2022). Kepala sekolah sebagai pemimpin dan manajer sekolah. JITIM, 2(2), 101-108. https://doi.org/10.52690/jitim.v2i2.284

Samsilayurni, S. (2022). Kepala sekolah sebagai pemimpin dan manajer sekolah. JITIM, 2(2), 101-108. https://doi.org/10.52690/jitim.v2i2.284

Sari, E., Sihaloho, R., Sutomo, S., & Arum, W. (2021). Meningkatkan komitmen guru melalui optimalisasi kepemimpinan kepala sekolah. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(04), 250-264. https://doi.org/10.57008/jjp.v1i04.32

Sari, E., Sihaloho, R., Sutomo, S., & Arum, W. (2021). Meningkatkan komitmen guru melalui optimalisasi kepemimpinan kepala sekolah. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(04), 250-264. https://doi.org/10.57008/jjp.v1i04.32

Selian, S. (2024). Peran kepala sekolah dalam mengatasi bullying di sekolah. Ideguru Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 531-539. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.751

Sodikin, S. (2023). Peran kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan profesionalitas guru. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1372-1379. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1498

Suhendar, W. (2021). Implementasi kebijakan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di smk daarut tauhiid boarding school bandung. Humanika, 21(1), 69-82. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.39013

Suhermah, D. (2023). Analisis kepemimpinan kepala sekolah dalam implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila di tkit al furqon al azhari bekasi timur. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2264-2272. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1651

Suhermah, D. (2023). Analisis kepemimpinan kepala sekolah dalam implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila di tkit al furqon al azhari bekasi timur. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2264-2272. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1651

Sumarsih, S. (2021). Peningkatan kompetensi kepala sekolah dalam menyusun rencana pengembangan sekolah di kabupaten bengkulu utara. Manajer Pendidikan Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 15(1), 102-105.

Suyitno, S. (2021). Pengaruh keterampilan manajerial kepala sekolah dan peran komite terhadap efektivitas manajemen berbasis sekolah. Jurnal Basicedu, 5(3), 1564-1576.

Syamsurizal, Oktavia Dewi Afja, & Iswantir (2022). Manajemen keuangan lembaga pendidikan islam. Journal of Educational Management and Strategy, 1(2), 125-132.

Syarifah, L. (2020). Implementasi total quality management (tqm) di pesantren?. Jurnal at-Tadbir Media Hukum Dan Pendidikan, 30(1), 93-112.

Tampubolon, M. and Sihotang, H. (2019). Hubungan antara kompetensi manajerial kepala sekolah dan iklim sekolah dengan kinerja guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 169-188. https://doi.org/10.33541/jmp.v8i2.2978

Tanjung, R., Hanafiah, H., Arifudin, O., & Mulyadi, D. (2021). Kompetensi manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru sekolah dasar. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 291-296. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i4.272

Timan, A., Mustiningsih, M., & Imron, A. (2022). Digital leadership kepala sekolah hubungannya dengan kinerja guru dan kompetensi siswa era abad 21. Jamp Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 5(4), 323-333.

Tlonaen, N. (2023). Peran ideologi pancasila dalam pembentukan perilaku anti ekstremisme agama. Jurnal Multidisiplin West Science, 2(12), 1040-1050.

Trispiyanti, D. (2023). Implementasi peningkatan mutu pendidikan melalui peran manajerial kepala sekolah di sdn 212 kota palembang. Naturalistic Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 115-126. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v8i1.3258

Wati, D., Wahyuni, N., Fatayan, A., & Bachrudin, A. (2022). Analisis kepemimpinan kepala sekolah di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 7970-7977.

Yustinus, Y. (2023). Strategik kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan berbasis kurikulum merdeka. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (Jimpian), 3, 11-24. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3ise.2902

Downloads

Published

2024-05-29

How to Cite

Daud, Y. M. . (2024). PROBLEMATIKA DAN URGENSI KEPALA SEKOLAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN NILA-NILAI MANAJERIAL DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 6253–6262. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.33729