DETERMINAN KINERJA KEUANGAN PADA PEMERINTAH KABUPATEN/KOTA DI JAWA TIMUR PERIODE TAHUN 2017-2021

Authors

  • Mukhamat Rif’an Makruf Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Muhammad Taufiq Hidayat Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32779

Keywords:

Determinan, Kinerja Keuangan, Ukuran Pemerintah, Dana Perimbangan, Pertumbuhan Aset.

Abstract

Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari data sekunder yang bersumber dari Laporan Realisasi APBD yang mencakup seluruh 38 kabupaten dan kota di Jawa Timur. Akan tetapi, karena jumlah data yang dibutuhkan sedikit, maka hanya 32 kabupaten dan kota yang diikutsertakan dalam penelitian. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah (Y) Kinerja Keuangan Daerah Tahun 2017–2021 yang merupakan indikasi variabel. Tiga variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (X1) Ukuran Pemerintah, (X2) Dana Perimbangan, dan (X3) Pertumbuhan Aset. Variabel-variabel tersebut dihitung dengan menggunakan rasio. Kota-kota di Jawa Timur tahun 2017 hingga 2021 menunjukkan bahwa ukuran pemerintah memiliki dampak yang menguntungkan terhadap kinerja keuangan pemerintah kabupaten. Kinerja keuangan kabupaten di Jawa Timur dipengaruhi secara positif oleh Dana Perimbangan, sebagaimana dibuktikan oleh nilai probabilitas signifikansi uji t sebesar 0,00. Pengaruh tersebut berlangsung dari tahun 2017 sampai dengan tahun 2021. Nilai probabilitas uji t sebesar 0,00 menunjukkan bahwa pertumbuhan aset berpengaruh negatif terhadap kinerja keuangan pemerintah. Ukuran pemerintah, dana perimbangan, dan pertumbuhan aset berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah kabupaten/kota di Jawa Timur tahun 2017–2021, terlihat dari nilai probabilitas signifikansi sebesar 0,87 > 0,05 yang menunjukkan bahwa variabel pertumbuhan aset tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah kabupaten/kota. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai signifikansi uji f sebesar 0,000b yang lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05, yang berarti model regresi linier yang diestimasi layak atau memiliki pengaruh yang signifikan dari variabel bebas terhadap variabel terikat secara bersamaan. Penelitian ini juga memiliki kekurangan yaitu menggunakan data 32 kabupaten/kota di Jawa Timur tahun 2017-2021 dan bukan data riil 38 kabupaten/kota di Jawa Timur tahun 2017-2021

References

Adinata, Patricia Meidy, And Efendi David. (2022). Pengaruh Leverage, Ukuran Pemerintahan Daerah, Dan Dana Perimbangan Terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah Jawa Timur. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (Jira) 11.2

Deswira Anike. 2022. Analisis Kinerja Pengelolaan Keuangan Daerah: Studi Kasus Pada Pemerintah Daerah Kab. Tanah. Akuntansi Dan Manajemen Vol. 17, No. 1, 2022, Hal. 72-88.

Ardelia, Novita Ika, Et Al. 2022. Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Belanja Modal Dan Dana Perimbangan Terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah Studi Empiris Kab. dan Kota Se-Eks Karesidenan Pekalongan Periode 2016-2020." Jurnal Aplikasi Akuntansi 7.1 (2022): 60-80.

Aristy, Tika, And Fatchan Achyani. 2019. Pengaruh Karakteristik Pemerintah Daerah Terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Empiris Pada Kab. /Kota Di Jawa Tengah). Seminar Nasional Dan The 6th Call For Syariah Paper (Sancall) 2019.

Aulia, Ferizal, And Ikhbar Samsul. 2020. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Penerapan Akuntansi Sektor Publik Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Pertanahan Kab. Aceh Besar. Serambi Konstruktivis 4.2 (2022): 64-73

Biduri, Sarwenda. 2018. Akuntansi Sektor Publik. Umsida Press 1-197.

Fitra, H., & ilmi Efendi, Z. 2020. Analisis Laporan Realisasi Anggaran Untuk Pengukuran Kinerja Pemerintah Daerah Kab. Solok Selatan. Menara Ilmu, 14(1).

Handayani, H. P. (2022). Analisis Kinerja Keuangan Daerah Pada Kantor Dispenda Kab. Jeneponto (Doctoral Dissertation, Universitas Bosowa).

Hanun, Nur Ravita, Et Al. 2020. "Determinasi Dan Respon Stakeholders Terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah." Aktsar: Jurnal Akuntansi Syariah 3.2 (2020): 213-24.

Indonesia. Permendagri No 77 Tahun 2020.Tentang Pedoman Teknis Pengelolahan Keuangan Daerah. Lembaran Ri Tahun 2020. Jakarta.

Indonesia. Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019. tentang Pengelolaan Keuangan Daerah Lembaran Negara Ri Tahun 2019. Sekretariat Negara. Jakarta.

Indonesia. Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014.Tentang Undang-Undang (UU) Tentang Pemerintahan Daerah Lembaran Negara RI Tahun 2014. Sekretariat Negara. Jakarta.

Mardiasmo, 2018. Akuntansi Sektor Publik (Edisi Terbaru), Andi: Yogyakarta.

Putra Windhu. (2018). Tata Kelola Ekonomi Keuangan Daerah. Depok. Pt RajaGrafindo Persada.

Putri, Akhitah, And Asyik Fadjrih Nur. 2022. Pengaruh Struktur Aset, Pertumbuhan Aset, Dan Risiko Bisnis Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Intervening.Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (Jira) 8.3 (2019).

Rahman, Arya Muhammad. 2022. Pengaruh Struktur Modal Dan Pertumbuhan Aset Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Yang Terdaftar Dalam Jakarta Islamic Index (Jii). Akurasi: Journal Of Accounting And Finance Studies 3.1 (2020): 55- 68.

Downloads

Published

2024-08-23

How to Cite

Makruf, M. R. ., & Hidayat, M. T. . (2024). DETERMINAN KINERJA KEUANGAN PADA PEMERINTAH KABUPATEN/KOTA DI JAWA TIMUR PERIODE TAHUN 2017-2021. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 12120–12127. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32779

Similar Articles

<< < 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.