PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOTAL BUAH SWALAYAN CINERE DEPOK

Authors

  • Ariq Kalis Pangestu Universitas Asa Indonesia
  • Ricky Talumantak Universitas Asa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.32247

Keywords:

Kualitas Produk, Promosi, Persepsi Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan dari penelitian ini antara lain untuk menaganlisis suatu pengaruh kualitas produk, promosi dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian di Total Buah Segar Cinere Depok. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja di Total Buah Segar Cinere Depok. Dengan sample sebanyak 100 responden yang dipilih dengan menggunakan tehnik accidental sampling, data yang dikumpulkan adalah data primer yang diperoleh melalui survei dengan menggunakan kuesioner dan kemudian diolah menggunakan SPSS Versi 27. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan analisis model regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial kualitas produk memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian,  secara parsial promosi memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian, dan secara parsial persepsi harga tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian. Dan secara silmutan kualitas produk, promosi dan persepsi harga memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian.

References

Agustina, S. (2011). Promosi.Pdf.

Aji. (2019). Definisi Promosi Menurut Hendy Mustiko Aji.Pdf.

Alma. (2016). Definisi Promosi Menurut Alma.Pdf.

Baroroh, B. A., & Sutanto, J. E. (2021). The Effect Of Service Quality, Price, And Brand Image On Purchasing Desicions Of Moslem Wedding Equipment Service. International Journal Of Review Management Business And Entrepreneurship (RMBE), 1(1), 41–49. Https://Doi.Org/10.37715/Rmbe.V1i1.1948

Budiono, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi, Lokasi, Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen Di Rumah Makan Bebek Kaleo Tebet Jakarta Selatan Dimasa Pandemi Covid-19. SEGMEN Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 17(2), 223–247. Https://Doi.Org/10.37729/Sjmb.V17i2.6868

Dzulkharnain, E. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tas Sophie Martin Di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Qtishadequity, 1(2), 69–80.

Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17. Https://Doi.Org/10.20527/Jwm.V7i1.173

Fairliantina, E., & Paniroi, J. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Denny’s Restoran Senayan City. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(9), 3923–3932. Https://Doi.Org/10.32670/Fairvalue.V4i9.1573

Fatmaningrum, S. R., & Fadhilah, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea. Ilmiah MEA, 4(1), 176–188.

Gerung, C. J., Sepang, J., & Loindong, S. (2017). Pengaruh Kualiatas Prod ………. Jurnal EMBA, 5(2), 2221–2229.

Ghozali, I. (2016). Ghozali, Imam.(2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: BPFE Universitas Diponegoro. IOSR Journal Of Economics And Finance, 3(1), 98.

Hartini. (2021). Manajemen Pemasaran.

Herlambang, A. S., & Komara, E. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Starbucks Coffee Reserve Plaza Senayan). Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Perbankan (Journal Of Economics, Management And Banking), 7(2), 56. Https://Doi.Org/10.35384/Jemp.V7i2.255

Hurruyati, R. (2015). Ratih Hurriyati 2015.

Irawan. (2002). Prinsip Kepuasan Pelanggan - Handy Irawan.Pdf.

Irawan, S. (2008). Manajemen Pemasaran Modern Swastha & Irawan 2008.Pdf.

Jamaludin, A., Arifin, Z., & Hidayat, K. (2015). Pengaruh Promosi Online Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pelanggan Aryka Shop Di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol, 21(1). Www.Antaranews.Com

Jeremia Van Der Saar Siallagan, J. Khalid. (2023). Pengaruh Citra Merek, Promosi Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Mitra Kios Unggas Pondok Kopi. 10(3), 1–15.

Khomilah, M., & Ulang, K. P. (2020). Pengaruh Promosi , Atribut Toko ( Store Attributes ), Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pada Nick Coffe Di Kota Bengkulu. 1–98.

Kotler & Armstrong. (2016). Principles Of Marketing.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (1 Dan 2). Penerbit Erlangga.

Mariyana, R. Talumantak. (2023). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Hours Coffee And More Jakarta. 10(3), 1–15.

Mendur, M. E. M., Tawas, H. N., & Arie, F. V. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk Dan Atmosfer Toko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Immanuel Sonder. Jurnal Emba, 9(3), 1079. Https://Ejournal.Unsrat.Ac.Id/Index.Php/Emba/Article/View/35296/33013

Nurul, Zahra, R. T. (2020). Pengaruh Promosi,Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk THE BODY SHOP DI MAL KOTA KASABLANKA. Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat, 15(1).

Paludi, S., & Juwita, R. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Lokasi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 18(01), 41–53. Https://Doi.Org/10.25134/Equi.V18i1.3498

Permana, D. I. (2017). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lantai Kayu D An Pintu PT. PIJI Di Jawa Timur. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(1), 116–123.

Peter & Olson. (2014). No Title.

Peter, O. (2014). Perilaku Konsumen & Startegi Pemasaran.

Philip Kotler, Gary Amstrong. (2018). Principles Of Marketing. New York: Pearson International., 735.

Rachmawati, D., Shukri, S., Ferdous Azam, S. M., & Khatibi, A. (2019). Factors Influencing Customers’ Purchase Decision Of Residential Property In Selangor, Malaysia. Management Science Letters, 9(9), 1341–1348. Https://Doi.Org/10.5267/J.Msl.2019.5.016

Rifkifadillah, M. A., & Talumantak, R. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Lokasi, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Warunk Upnormal Kemang Pratama. AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, 4(2), 127–138. Https://Doi.Org/10.54783/Jin.V4i2.584

Sari, R. M., & Prihartono. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pelanggan Produk Sprei Rise). Ilmiah Manajemen, Ekonomi, Akuntansi, 5(3), 1171–1184.

Schiffman & Kanuk. (2018). Perilaku Konsumen Edisi Ketujuh.

Senggetang, V., Mandey, S. L., & Moniharapon, S. (2019). Pengaruh Lokasi, Promosi Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Perumahan Kawanua Emerald City Manado (The Influence Of Location, Promotion And Price Perception To Consumer Purchase On Kawanua Emerald City Manado Housing). Jurnal EMBA, 7(1), 881–890.

Setyarko, Y. (2016). Analisis Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Layanan, Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Secara Online. E-Proceeding Of Management, 8(4), 33–54. Https://Openlibrarypublications.Telkomuniversity.Ac.Id/Index.Php/Management/Article/View/15325%0Ahttps://Openlibrarypublications.Telkomuniversity.Ac.Id/Index.Php/Management/Article/View/15325/15048

Sianto, F. M., Thehumury, C. F., Holiwono, M. R., & Putra, S. (2023). The Influence Of Innovation And Promotion On Consumer Purchase Decisions On Pangsit Mie Palu. Review Of Management And Entrepreneurship, 7(1), 111–129. Https://Doi.Org/10.37715/Rme.V7i1.3686

Sobari & Gunawan. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kedai Kopi Belrum Kecamatan Panumbangan Kabupaten Ciamis. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 5(2), 489–504. Https://Doi.Org/10.37339/E-Bis.V5i2.501

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Sugiyono.Pdf.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen (Setiyawami (Ed.)). Alfabeta.

Suri, H., & Nainggolan, B. M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Pippo Italian Senayan Restaurant. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 13485–13493.

Tjiptono. (2016). Service Quality Dan Satisfaction.

Tjiptono, F. (2015). Harga Tjiptono 2015.Pdf.

Utami, D. N., Trimo, L., Judawinata, M. G., & Suminartika, E. (2023). Pengaruh Kepercayaan Merek, Citra Merek, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pemilihan Platform Pembelian Buah Dan Sayur Online. Jurnal Agribisnis Indonesia, 11(1), 64–74. Https://Doi.Org/10.29244/Jai.2023.11.1.64-74

Vanya, Nanda Dwi. (2021). JMBK_VANYA_KENI_515-519.Pdf.

Wijaya, T. (2019). Manajemen Kualitas Jasa.

Downloads

Published

2024-09-04

How to Cite

Pangestu, A. K. ., & Talumantak, R. . (2024). PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOTAL BUAH SWALAYAN CINERE DEPOK. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 12281–12290. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.32247

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.