UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING MELALUI PENDEKATAN BEHAVIORAL DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI SMK SWASTA MANDIRI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31941Keywords:
Upaya Guru Bimbingan dan Konseling, Behavioral, Pembinaan AkhlakAbstract
Tujuan penelitian ini adalah guna mengidentifikasi upaya guru bimbingan dan konseling melalui pendekatan behavioral dalam pembinaan akhlak siswa di SMK Swasta Mandiri dan faktor pendukung dan penghambat dalam membina akhlak siswa di SMK Swasta Mandiri. Metodologi deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini, dokumentasi, wawancara, dan observasi digunakan sebagai metode pengumpulan data. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, temuan penelitian yakni upaya guru bimbingan dan konseling melalui pendekatan behavioral dalam pembinaan akhlak siswa yaitu memberikan punishment dan reward. Faktor pendukung dalam membina akhlak yaitu dukungan kepala sekolah, adanya kerjasama wali kelas dengan guru bimbingan dan konseling, sedangkan faktor penghambat dalam membina akhlak yaitu lingkungan sosial keluarga, lingkungan sosial sekolah dan media sosial. Pembinaan akhlak di sekolah menjadi tanggung jawab kepala sekolah, guru wali kelas terutama guru bimbingan dan konseling. Implikasi upaya yang diberikan guru bimbingan dan konseling sangat membantu dalam membina akhlak siswa, sehingga siswa menjadi individu yang berakhlak baik.References
Andi Syahraeni, Syamsidar, Nur Fadillah. (2020). Metode Bimbingan Konseling Dalam Pembinaan Akhlak Siswa Di Madrasah Aliyah. Jurnal Washiyah 1(2): 432–46.
Bu’ulolo, S., Zagoto, S. F. L., & Laia, B. (2022). Peran guru bimbingan dan konseling dalam mencegah bullying di SMA Negeri 1 Amandraya tahun pelajaran 2020/2021. Counseling For All: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 53-62.
Daulay, N. (2019). Urgensi Landasan Psikologi dalam Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan dan Konseling 9(1): 76–88.
Diah, N. (2015). Kemerosotan Moral Di Kalangan Remaja: Sebuah Penelitian Mengenai Parenting Styles Dan Pengajaran Adab Sekolah Menengah Islam Terpadu (SMIT) Al Marjan. Jurnal Unisia : 18–30.
Erlina, N., & Fitri, L. A. (2016). Penggunaan Layanan Konseling Individu dengan Pendekatan Behavioral untuk Mengurangi Prilaku Membolos Peserta Didik Kelas VIII MTs Miftahul Ulum Merabung Iii Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(1), 19-28.
Filosofianita, A., Supriatna, M., & Nadhirah, N. A. (2023). STRATEGI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGANI PERUNDUNGAN (BULLYING). Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 9(3), 92-101.
Fitriani, F., Lestari, Y., Japeri, J., Namira, S., Engkizar, E., & Anwar, F. (2022). Strategi guru dalam mendidik akhlak peserta didik di sekolah dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 8(1), 13-29.
Hafid, Indah, Z, Rosichul, A. (2022). Pembinaan Akhlak Melalui Pendekatan Behavior. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam 2(2): 145–54.
Hapsyah, D. R., Handayani, R., Marjo, H. K., & Hanim, W. (2019). Bimbingan Kelompok Dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Theraphy (Rebt) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Selaras: Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 2(1), 23-33.
Hasan. (2016). Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial. Bandung: Rineka Cipta
Hasbulloh. (2018). Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Jabbar, A. A., Purwanto, D., Fitriyani, N., Marjo, H. K., & Hanim, W. (2019). Konseling kelompok menggunakan pendekatan cognitive behavior therapy (CBT) untuk meningkatkan kematangan karir. Jurnal Selaras: Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 2(1), 35-46.
Karneli, Y. (2020). Meningkatkan Kesiapan Belajar Siswa Melalui Pendekatan Behavioral. AL-IRSYAD: JURNAL PENDIDIKAN DAN KONSELING, 10(1), 96-106.
Laia, B., Sarumaha, M., Zalukhu, M. C., Ndruru, M., Telaumbanua, T., Ndraha, L. D. M., & Harefa, D. (2021). Pendekatan Konseling Behavioral Terhadap Perkembangan Moral Siswa. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 159-168.
Marlynda, L. (2017). Upaya guru bimbingan konseling dalam mengatasi perilaku menyimpang berpacaran siswa. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 40-57.
Ngalim Purwanto. (2021). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Rosdakarya
Ningtyas, D. T., Hakim, M. A., & Rachman, E. S. (2023). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Siswa Broken Home. Attractive: Innovative Education Journal, 5(1), 329-338.
Noer, A., Tambak, S., & Rahman, H. (2017). Upaya Ekstrakurikuler Kerohanian Islam (ROHIS) dalam Meningkatkan Sikap Keberagamaan Siswa di SMK Ibnu Taimiyah Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2(1), 21-38.
Siti, Nurjanah. (2020). Pembentukan Akhlak Berbasis Pembiasaan dan Keteladanan (Studi Kasus di MAN 2 Kuningan Jawa Barat. Jurnal Ilmiah Kajian Islam.
Sugiyono, Djoko. (2017). Metode Penelitian Kuantitatf, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprayitno. (2020). Pendidikan Karakter di Era Millenial. Yogyakarta: Budi Utama
Syarqawi, A. (2018). Bimbingan dan Konseling sebagai Bagian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Keislaman: 169–81.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Afnita Marni Siregar, Ira Suryani, Ahmad Syarqawi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.