PENDEKATAN KOMUNIKASI KRISIS UNTUK PENANGANAN ISU SENSITIF DI LINGKUNGAN BISNIS DAN ORGANISASI

Authors

  • Ihsan Ihsan Universitas Persatuan Islam
  • Hilarius Wandan Universitas Lelemuku Saumlaki
  • Tuti Hartati Politeknik Tunas Pemuda
  • Ruri Widuri Politeknik Tunas Pemuda
  • Haryadi Haryadi Politeknik Tunas Pemuda
  • Saleh Purnama Universitas Sehati Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31610

Keywords:

Komunikasi Krisis, Isu Sensitif, Manajemen Reputasi

Abstract

Penelitian ini mengkaji Pendekatan Komunikasi Krisis untuk Penanganan Isu Sensitif di Lingkungan Bisnis dan Organisasi. Isu-isu sensitif seperti skandal korporat, konflik internal, atau kebocoran informasi dapat berdampak signifikan terhadap reputasi dan operasional perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki strategi komunikasi krisis yang efektif dalam mengelola krisis semacam itu. Metode studi literatur digunakan untuk menganalisis teori-teori komunikasi krisis, studi kasus dari berbagai industri, dan strategi komunikasi yang terbukti berhasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transparansi, responsibilitas, dan koordinasi yang baik antara berbagai departemen perusahaan merupakan kunci dalam menghadapi krisis secara efektif. Studi ini juga mengidentifikasi pentingnya persiapan yang matang sebelum krisis terjadi, termasuk pengembangan protokol komunikasi dan pelatihan tim respons krisis. Implikasi dari penelitian ini adalah rekomendasi untuk perusahaan untuk memperkuat strategi komunikasi krisis mereka dengan lebih baik guna meningkatkan responsibilitas dan keberlanjutan operasional.

References

Akhyar, D., & Pratiwi, A. S. (2019). Media Sosial dan Komunikasi Krisis. Ultimacomm: Jurnal Ilmu Komunikasi, 11(1), 35–52.

Haryono, C. G. (2023). Digital Public Relations: Pemanfaatan Big Data, SEO, CSR, dan Komunikasi Krisis dalam Kegiatan Public Relations di Era Digital. Prenada Media.

Imran, A. I. (2017). Komunikasi krisis. Deepublish.

Irwanti, M. (2023). MANAJEMEN KRISIS KOMUNIKASI (Tinjauan Teoritis dan Praktis).

Irwanto, I., & Cangara, H. (2024). PEMANFAATAN PLATFORM MEDIA SOSIAL DALAM MERESPON KRISIS KOMUNIKASI: STRATEGI PUBLIC RELATIONS PT. PLN PADA KASUS PEMADAMAN LISTRIK SULAWESI SELATAN. JURNAL BADATI, 6(1), 180–200.

Maryam, J., Akbar, M., & Sultan, M. I. (2024). Strategi Manajemen Komunikasi Direktorat Jenderal Bea Dan Cukai Dalam Meminimalisir Efek Pemberitaan Media. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 6(2), 112–134.

Muharrohmah, I. A. (2020). Strategi Komunikasi Krisis Hadapi Temuan Paparan Radiasi Dalam Prespektif Public Relation. MEDIA, KOMUNIKASI, TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI, 45.

Nurdiarti, R. P., & Andryani, K. (2021). Strategi Komunikasi Krisis Sebagai Bentuk Penguatan Hubungan Mahasiswa di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik (JISIP), 10(3), 209–218.

Purba, V., Azhar, D. A., & Ngare, F. (2019). Krisis Komunikasi Dalam UMKM.

Putri, A. W., Sutopo, J. K., & Rahmanto, A. N. (2019). Komunikasi Krisis Kementerian Pertanian Pada Kasus Penggerebekan Gudang Beras PT. IBU (Analisis Isi Kualitatif Menggunakan Situational Crisis Communication Theory). Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 23(1), 53–70.

Rahmawati, O. D., Fitria, N., & Mujab, S. (2023). STRATEGI MANAJEMEN ISU DAN KOMUNIKASI KRISIS MCDONALD’S INDONESIA YANG TERKENA IMBAS INFORMASI HOAKS FATWA MUI TERKAIT HARAMNYA MEMBELI PRODUK ISRAEL. Kultura: Jurnal Ilmu Hukum, Sosial, Dan Humaniora, 1(6), 221–226.

Simamora, A. J., Albart, N., Fitri, S. A., & Mulatsih, L. S. (2024). Managerial Ability And Earnings Management: Moderating Role Of Risk-Taking Behavior. Jurnal Akuntansi, 28(2), 357–379.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Syam, A. P. (2024). Pengaruh Permohonan Maaf Sebagai Bentuk Komunikasi Krisis Terhadap Reputasi Perusahaan. JURIHUM: Jurnal Inovasi Dan Humaniora, 1(5), 742–753.

Utomo, S. B., Laksmono, R., Kurniawan, R., & Judijanto, L. (2024). Pengaruh Komunikasi Pemasaran, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 10(1), 507–513.

Wahono, S. (2020). Strategi Komunikasi PT Semen Indonesia (PERSERO) Tbk Dalam Manajemen Isu Pembangunan Pabrik Semen Di Rembang. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 1–12.

Wahyuanto, E. (2023). KINERJA DOSEN DITINJAU DARI KEPEMIMPINAN, KOMPENSASI DAN MOTIVASI KERJA PADA SEKOLAH TINGGI MULTI MEDIA ‘MMTC’YOGYAKARTA. UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

Wahyuanto, E., Giantoro, E., Widodo, J. D. T., & Yuniar, R. (2024). The Application of Brainstorming Method in Developing Ideas in The Production of Television Documentary Side of Life Episode Not The Same. Technium Education and Humanities, 7, 54–65.

Wahyuanto, E., & Marwan, K. G. (2023). The Impact of Digital Leadership, Compensation and Work Motivation on Educator Performance at Sekolah Tinggi Multimedia" MMTC" Yogyakarta. Remittances Review, 8(4).

Widawati, A. A. L., & Elbana, M. (2024). Kajian Litelatur Review Krisis Komunikasi Hotto Purto pada Kasus Overclaim dalam Menjaga Citra Perusahaan. Jurnal Penelitian Inovatif, 4(1), 113–120.

Yearsiana, T., Pangestu, P. B., & Mujab, S. (2024). MANAJEMEN ISU DAN KOMUNIKASI KRISIS OLEH PT DANONE AKIBAT BERITA BOIKOT FATWA MUI. Kultura: Jurnal Ilmu Hukum, Sosial, Dan Humaniora, 2(1), 93–100.

Zulham, Z., Febrian, W. D., Sani, I., Sriwati, M., Judijanto, L., & Imanirubiarko, S. (2024). PERAN KOMUNIKASI KRISIS DALAM MEMPERTAHANKAN REPUTASI MEREK. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7402–7408.

Downloads

Published

2024-07-13

How to Cite

Ihsan, I., Wandan, H. ., Hartati, T. ., Widuri, R. ., Haryadi, H., & Purnama, S. . (2024). PENDEKATAN KOMUNIKASI KRISIS UNTUK PENANGANAN ISU SENSITIF DI LINGKUNGAN BISNIS DAN ORGANISASI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 10196–10201. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31610