METODE PENDIDIKAN PERSPEKTIF AL-QUR’AN (KONTRUKSI IDEAL TAFSIR TARBAWI TENTANG METODE PENDIDIKAN)

Authors

  • Ranowan Putra Universitas PTIQ Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31374

Keywords:

Metode, Pendidikan Islam, Tafsir Tarbawi

Abstract

Penelitian ini bertujuan membahas Metode Pendidikan. Metode yang digunakan adalah studi pustaka (library riserch), Pengumpulan data dengan cara mencari sumber dan menkontruksi dari berbagai sumber misalnya seperti, buku, jurnal, dan riset-riset yang sudah ada. Teks ini berusaha mengungkap metode pendidikan yang terdapat di dalam Al-Qur’an. Metode pendidikan Islam dalam perspektif al-Qur’an termuat dalam Qur’an surah an-Nahl: 125, Ibrahim: 24-25, dan al-Maidah: 67. Metode pendidikan menurut perspektif hadis dibagi menjadi tiga pendekatan antara lain: pendekatan proaktif dan interaktif, pendekatan berbasis teladan, dan pendekatan pembinaan karakter. Metode Pendidikan Menurut Ahli Pendidikan Islam dipelopori oleh al-Ghazali, Ibn Sina, Ibn Khaldun, sedangkan metode pendidikan menurut ahli barat dipelopori oleh John Dewey, Jean Piaget, dan Lev Vygotsky. Konstruksi ideal tafsir tarbawi tentang metode pendidikan mengacu pada pendekatan yang berfokus pada pengembangan dan pembinaan karakter serta moral individu secara holistik. Tafsir tarbawi dalam konteks pendidikan sering kali mencakup beberapa aspek penting di antaranya: Integrasi ilmu dan ajaran agama, pendekatan berbasis teladan, pengembangan kemandirian dan kritis, pendidikan berbasis pengalaman, pendidikan holistik, keterlibatan orang tua dan komunitas.

Downloads

Published

2024-07-09

How to Cite

Putra, R. . (2024). METODE PENDIDIKAN PERSPEKTIF AL-QUR’AN (KONTRUKSI IDEAL TAFSIR TARBAWI TENTANG METODE PENDIDIKAN). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 9780–9788. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31374

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.