PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL UNTUK MENANAMKAN KECINTAAN ANAK TERHADAP AL-QUR’AN DI MIS AL-ITTIHAD BOGOR

Authors

  • Hakimah Ihsyan Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Danny Abrianto Universitas Pembangunan Panca Budi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31306

Keywords:

Wordwall, Media Pembelajaran, Al-Qur’an

Abstract

Proses pembelajaran menjadi pondasi utama dalam perkembangan pengetahuan, sikap, dan kemampuan siswa. Media pembelajaran yang tersedia di media social sangat beragam namun pendidik belum mampu untuk memanfaatkan dalam pembelajaran, terbatasnya fasilitas sarana dan prasarana yang mendukung proses pembelajaran menyebabkan menurunkan hasil belajar siswa. Salah satu bentuk media pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa adalah Wordwall. Pemilihan Media Wordwall sebagai upaya menanamkan kecintaan anak terhadap Al-Qur’an karena salah satu hal yang paling penting ditanamkan pada anak adalah pendidikan agama islam. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif dengan metode wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan guna mendapatkan informasi terkait penggunaan wordwall, sedangkan observasi dilakukan untuk mengamati secara langsung pelaksanaan penggunaan media wordwall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perubahan cara belajar dan pemahaman siswa setelah menggunakan media pembelajaran wordwall. Perubahan itu dapat dilihat dari keaktifan siswa dalam bertanya dan mengikuti pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pemanfaatan media pembelajaran wordwall untuk menanamkan kecintaan anak terhadap Al-Qur’an di Mis Al-Ittihad Bogor

References

Bachry, H., Yuwono, J., Pd, M., Utami, Y. T., & Pd, M. (N.D.). Penggunaan Media Word Wall Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Tegak Bersambung ( Studi Single Subject Research Pada SiswanTunarungu Kelas III Di Skh Negeri 02 Kota Serang Banten). 15. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK/article/view/5301

Wafiqni, N. Putri, M. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall Dalam Pembelajaran Daring (Online) Matematika Pada Materi Bilangan Cacah. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 1(1), 145-165. https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/elementar/article/view/20375

Nissa, S. F., & Renoningtyas, N. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2854-2860. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/880

Qodiriyah Zahro, N. Pratama Rizky, (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Siswa, 2(1), 2878-2886.

https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/AJPM/article/download/4581/3272/

Faizatun Nissa, Renoningtyas Novida, (2021). Penggunaan Media Pembelajran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar, 3(5), 2854 – 2860. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/880

Mardhiyah Ainatul, (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Wordwall Sebagai Evaluasi Pembelajaran Pada Mahasiswa Pendidikan Agama Islam, 1(4), 481-488. https://urj.uin- malang.ac.id/index.php/mjpai/article/view/2710

Prasitio, R.F, , Rizky D, Sanjaya S, Anjalina F, Bustanur, Nofri, Yuhelman. (2023), Pendampingan Kegiatan Tahfizul Qur'an Dalam Upaya Menanamkan Rasa Kecintaan Terhadap Al-Qur'an Di Desa Pulau Padang Kecamatan Singingi, 3(2), 212 - 216.

https://www.ejournal.uniks.ac.id/index.php/bhakti_nagori/article/view/3149

Downloads

Published

2024-07-08

How to Cite

Ihsyan , H., & Abrianto, D. . (2024). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL UNTUK MENANAMKAN KECINTAAN ANAK TERHADAP AL-QUR’AN DI MIS AL-ITTIHAD BOGOR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 9641–9646. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31306