MANAJEMEN KEBIJAKAN KEPALA MADRASAH DALAM PENGGUNAAN GADGET DI MAN 1 ACEH UTARA

Authors

  • Asnawi Asnawi Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe
  • Iskandar Said Alwi Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31266

Keywords:

Manajemen Kebijakan, Gadget di Madrasah

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan manajemen kebijakan kepala madrasah dalam penggunaan gadget di MAN 1 Aceh Utara serta menganalisis dampaknya terhadap pembelajaran. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif eksploratif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, lalu dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan kebijakan manajemen gadget di MAN 1 Aceh Utara melibatkan proses terencana dan terstruktur, mencakup tujuan penggunaan, aturan, dan strategi pengelolaan risiko. Implementasi kebijakan melibatkan komunikasi efektif, pelatihan, dan dukungan teknis dengan pemantauan dan evaluasi berkelanjutan. Kebijakan ini memberikan manfaat optimal bagi pembelajaran seperti peningkatan akses informasi, pembelajaran interaktif, dan pengembangan keterampilan digital, meskipun tantangan seperti disiplin penggunaan dan kesenjangan digital masih ada. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa kebijakan gadget di MAN 1 Aceh Utara meningkatkan keterlibatan siswa, akses informasi, variasi pengajaran, dan kolaborasi guru-siswa. Disarankan agar kepala sekolah merumuskan kebijakan jelas, memberikan pelatihan, melakukan evaluasi rutin, dan menjaga komunikasi dengan stakeholder. Guru perlu memahami kebijakan, mengembangkan materi kreatif, dan berkomunikasi dengan orang tua siswa.

References

Astri Novia Siregar, dan Wildansyah Lubis, (2017), “Manajemen Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan”, Jurnal EducanduM, Vol. 10, No. 1, Edisi Juni.

Agung RimbaKurniawan dkk, kebijakan sekolah dalam penggunaangadget di sekolahdasar. Jurnaltunas pendidikan,,vol.2No-1,2019.

Arifin, Zainal. Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2011. Bandung.

Damayanti Riska, A. M. 2017. Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Pencapaian Tugas Perkembangan Anak Usia Remaja Awal SDN di Kecamatan Godean. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Keperawatan.Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Diakses 07 Desember 2020.

Djam’an Satori dan aan Komariah.2014. Metodologi Penelitian Kualitatif . Alfabeta:

Djamarah, Syaiful Bahri.2015.Psikologi Belajar . Jakarta: PT Rineka Cipta.

Efastri, S. M , dkk. Hubungan Ketergantungan Gadget dengan Pendekatan REBT terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Progam Studi PG-PAUD FKIP 67 UNILAK.PAUD lectura : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol.1 No.2.diakses 07 Desember 2020

Artikel Kementerian Agama RI; Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Gadget Bagi Penggunanya. 2023.

Indrawan, 2014, dikutip dalam Dewanti, Widada & Triyono, 2016, hlm. 127; Iswidharmanjaya, 2014, hlm

Jurnal Rani Rahma Wati, Barudin: “Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Anak” Pemikiran dan Pendidikan Dasar | p-ISSN Vol. 1. No.1 Juli 2021| Hal 1-6

Nuhman Mahfud Muhammad, Wulansari Aprilya, Penggunaan gadget untuk menciptakan pembelajaran yang efektif, Seminar nasional pendidikan, 2018.

Rozalia, F.M. 2017. Hubungan Intensitas Pemanfaatan Gadget dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan. Vol.5 No.2.

Salim dan Syahrum, Metode Penelitian Kualitatif (Bandung: Ciptapustaka Media, 2012).

Downloads

Published

2024-07-07

How to Cite

Asnawi , A. ., & Alwi, I. . S. . (2024). MANAJEMEN KEBIJAKAN KEPALA MADRASAH DALAM PENGGUNAAN GADGET DI MAN 1 ACEH UTARA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 9432–9436. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31266