ANALISIS PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA GURU DAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 SATU ATAP KECAMATAN SUNGAI AMBAWANG

Authors

  • Aqis Yuliansyah IKIP PGRI Pontianak
  • Dini Hajjafiani IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31156

Keywords:

Prinsip Kesantunan Berbahasa (Kajian Pragmatik)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan dalam kehidupan sehari-hari masih banyak yang kurang memperhatikan kesantunan berbahasa, kesantunan berbahasa sangat penting dalam berkomunikasi, di lingkungan masyarakat maupun di lingkungan sekolah sering ditemukan beberapa penggunaan bahasa yang kurang sopan. Fokus masalah dalam penelitian adalah bagaimanakah analisis prinsip kesantunan berbahasa antara guru dan siswa kelas VIII SMPN 9 Satu Atap Sungai Ambawang. Adapun sub fokus masalah penelitian ini,1. Bagaimanakah maksim kebijaksanaan berbahasa antara guru dan siswa. 2. Bagaimanakah maksim kedermawanan berbahasa antara guru dan siswa. 3. Bagaimanakah maksim penghargaan berbahasa antara guru dan siswa. Tujuan penelitianm mendeskripsikan maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim penghargaan dalam berbahasa antara guru dan siswa. Penelitian ini penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini guru dan siswa dan data pada penelitian berupa hasil wawancara, hasil catatan data, hasil  rekaman, dokumentasi. Teknik pengumpul data yang digunakan observasi langsung, komunikasi langsung, dokumenter ,simak libat cakap, teknik catat, Alat pengumpul data yaitu panduan observasi, pedoman wawancara, alat dokumentasi, alat rekam, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan data yang telah terkumpul. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.

References

Abdurrahman, M. & Muhidin, S.A. (2011). Panduan Praktis Memahami Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.

Alwi, H. dkk. (2008). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Arikunto, S. (1996). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.(2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arief S, Sadiman, (dkk). (2010). Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipata.

Arsyad, Azhar. (2012). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Chaer, A. & Agustina, L. (2004). Sosiolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, A. (2007). Kajian Bahasa. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmadi, H. (2014). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Finoza, L. (2013). Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia.

Hadi, Amirul dan Haryono. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Hendrikus, Dori Wuwur. (1991). Retorika: Terampil Berpidato, Berdiskusi, Berargumentasi, Bernegosiasi. Kanisius: Yogayakarta.

Ismawati, E. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa & Sastra. Surakarta: Yuma Pustaka.

Moleong, L.J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Pustaka Setia.

Miarso, Yusufhadi, (2011). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Nawawi, H. (2007). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Nawawi, Hadari. (2015). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Nasution, S . (1988). Metode Penelitian Naturalistik-Kualitatif. Bandung : Tarsito.

Pranoto, Alvini.dkk. (2009). Sains dan Teknologi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Rahardi, K. (2005). Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Rohmadi, M. (2010). Pragmatik Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma Pustaka.

Rosanti, M. (2013). Realisasi Maksim Kesantunan Berbahasa Antara Guru Dan Siswa Kelas VII A skripsi Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu diterbitkan.

Setiawan, B. (2007). Pragmatik. Surakarta: Widya Sari Pres.

Siswantoro. (2014). Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan. Bandung: Alfabeta.

Sulistyo, E.T. (2013). Pragmatik Suatu Kajian Awal. Surakarta: UPS Pres.

Tarigan, H.G. (2009). Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa.

Wijana, I.D.P. & Rohmadi, M. (2011). Analisis Wacana Pragmatik. Surakarta: Yuma Pustaka.

Yule, G. (2006). Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zuldafrial. & Lahir, M. (2012). Penelitian Kualitatif. Surakarta: Yuma Pustaka.

Zuldafrial. (2010). Penelitian Kuantitatif. Pontianak: Stain Pontianak Press.

Downloads

Published

2024-07-10

How to Cite

Yuliansyah, A., & Hajjafiani, D. . (2024). ANALISIS PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA GURU DAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 SATU ATAP KECAMATAN SUNGAI AMBAWANG . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 9919–9924. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31156

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.