ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA TATARAN SINTAKSIS PADA SURAT EDARAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 20202021

Authors

  • Efa Yunita Sari Sebelas Maret University
  • Gifta Silvia Agustine
  • Rizqi Qurniyawati
  • Chafit Ulya

Keywords:

Kesalahan Berbahasa, Surat Edaran, Sintaksis, Kalimat Efektif

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Sintaksis pada Surat Edaran Universitas Sebelas Maret Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021”. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kesalahan berbahasa tataran sintaksis dan pembetulannya pada surat edaran Universitas Sebelas Maret semester genap tahun ajaran 2020/2021 serta mengetahui pentingnya penggunaan kalimat efektif dalam komunikasi tulis dan lisan. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Surat Edaran Universitas Sebelas Maret Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Langkah-langkah penelitian meliputi mengumpulkan data, mengidentifikasi kesalahan, mengklasifikasi kesalahan, dan mengevaluasi kesalahan bahasa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 13 kesalahan penggunaan kalimat efektif. Kesalahan-kesalahan tersebut meliputi 2 kesalahan pada bentuk kelugasan, 4 kesalahan pada bentuk kejelasan, 4 kesalahan pada bentuk ketepatan, 1 kesalahan pada bentuk kehematan, 1 kesalahan pada bentuk kesejajaran, dan 1 kesalahan pada bentuk kelogisan.

References

Aldema, Y. A., Suryanto, E., & Suhita, R. (2019). Kesalahan Berbahasa Indonesia pada Surat Dinas Desa Batan sebagai Materi Ajar Bahasa Indonesia di SMP. BASASTRA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, VII(2), 198-206.

Darmayanti, N., & Hidayati, N. (2008). Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Kejuruan Tingkat Unggul (Kelas XII). Bandung: Grafindo Media Pratama.

Ginting, L. S. (2020). AKBI (Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia). Bogor: Guepedia.

Moeliono, A. M., Hans Lapoliwa, Hasan Alwi, Sry Satrya Tjatur Wisnu Sasangka, & Sugiyono. (2017). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi 4. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Parto. (2017). Kalimat Efektif dan Pengajarannya di SMP/MTs Pada Era Global . FKIP e-PROCEEDING, 245-256.

Ramlan, M. (1993). Paragraf: Alur Berpikir dan Kepaduannya dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Andi Offset.

Tarigan, H. G., & Djago Tarigan . (2021). Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: ANGKASA.

Trismanto. (2020). Peranan Kalimat Efektif dalam Komunikasi. Bangun Rekaprima, VI(2), 61-67.

Ulfiyani, & Irma, C. N. (2019). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Surat Dinas Desa Kaliloka Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes. Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, V(1), 36-46.

Verhaar, J. W. (1983). Pengantar Linguistik . Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Downloads

Published

2022-01-05