IMPLEMENTASI METODE DESIGN THINKING DALAM PERANCANGAN USER EXPERIENCE (UX) PADA RANCANGAN APLIKASI LAYANAN DARURAT UNTUK KENDARAAN BERMOTOR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31017Keywords:
Design Thinking, User Experience, Aplikasi Layanan Darurat, Pengendara Kendaraan Bermotor.Abstract
Penelitian ini bertujuan merancang user experience (UX) aplikasi layanan darurat bagi pengendara sepeda motor menggunakan metode Design Thinking. Metode ini terdiri dari lima tahapan: empathize, define, ideate, prototype, dan testing. Tahap empathize melibatkan wawancara dengan pengendara kendaraan bermotor untuk memahami masalah utama mereka. Tahap define menghasilkan persona pengguna dan empathy map untuk memperjelas kebutuhan dan masalah pengguna. Pada tahap ideate, berbagai ide dikembangkan untuk pembuatan prototipe UX aplikasi. Prototipe diuji untuk mendapatkan umpan balik dari pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Design Thinking efektif dalam merancang UX aplikasi yang memenuhi kebutuhan pengendara sepeda motor, menyediakan layanan darurat seperti tambal ban, pom bensin, bengkel, towing, derek, dan konsultasi kesehatan. Pengujian menggunakan SEQ (Single Ease Question) menunjukkan bahwa aplikasi ini mudah digunakan oleh penggunaReferences
UU Negara Kesatuan Republik Indonesia No.1. 1992.
Badan Pusat Statistik. 2021-2022. Perkambangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis (Unit). https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/NTcjMg==/perkembangan-jumlah-kendaraan-bermotor-menurut-jenis--unit-.html.
World Health Organization (WHO). 2015. Global Status Report on Road Safety.
Allen T, Newstead S, Lenné MG, McClure R, Hillard P, Symmons M, Daya L (2017 Contributing factors to motorcycle injury crashes in Victoria, Australia. Transport Res Part F 45:157–168. https://doi.org/10.1016/j.trf.2016.11.003.
Lin M-R, Kraus JF (2009) A review of risk factors and patterns of motorcycle injuries. Accid Anal Prev 41:710–722. https://doi.org/10.1016/j.aap.2009.03.010.
Zhao H et al (2011) Comparison of injuries sustained by drivers and pillion passengers in fatal head-on motorcycle collision accidents. Forensic Sci Int 207:188–192.
Chiang VXY, Cheng JYX, Zhang ZC, Teo L-T (2014) Comparison of severity and pattern of injuries between motorcycle riders and their pillions: a matched study injury. Int J Care Injured 45:333–337.
Kealla MD, Newstead S (2012) Analysis of factors that increase motorcycle rider risk compared to car driver risk. Accid Anal Prev 49:23–29.
Rifaat SM, Tay R, de Barros A (2012) Severity of motorcycle crashes in Calgary. Accid Anal Prev 49:44–49. https://doi.org/10.1016/j.aap.2011.02.025.
Chang F, Li M, Xu P, Zhou H, Haque MM, Huang H (2016) Injury severity of motorcycle riders involved in traffic crashes in Hunan, China: a mixed ordered logit approach. Int J Environ Res Public Health 13:1–15.
Lockwood, T., & Papke, E. (2017). Innovation by Design: How Any Organization Can Leverage Design Thinking to Produce Change, Drive New Ideas, and Deliver Meaningful Solutions. Red Wheel Weiser.
O. M. Firli, I. Sukoco, and A. Muftiadi, “Penerapan Design Thinking Dalam Inovasi Tempat Bertransaksi Jual Beli Barang Pada Toko Online Thrifter.Things,” vol. 2, no. 2, pp. 288–292, 2021.
I. P. Sari, A. H. Kartina, A. M. Pratiwi, F. Oktariana, M. F. Nasrulloh, and S. A. Zain, “Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking dalam Pembuatan Aplikasi Happy Class Di Kampus UPI Cibiru,” Edsence J. Pendidik. Multimed., vol. 2, no. 1, pp. 45–55, 2020, doi: 10.17509/edsence.v2i1.25131.
D. A. Rusanty, H. Tolle, and L. Fanani, “Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Lelenesia ( Marketplace Penjualan Lele )Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 11, pp. 10484–10493, 2019.
W. A. Kusuma, “Sudut Pandang Pengguna Didalam Penggalian Kebutuhan Perangkat Lunak Menggunakan User Persona,” J. Repos., vol. 3, no. 2, pp. 183–190, 2021, doi: 10.22219/repositor.v3i2.1236.
R. F. A. Aziza, “Analisis Kebutuhan Pengguna Aplikasi Menggunakan User Persona Dan User Journey,” Inf. Syst. J., vol. 3, no. 2, pp. 6–10, 2021, doi: 10.24076/infosjournal.2020v3i2.420.
N. Babich, “The Beginner’s Guide to Information Architecture in UX, xd.adobe.com, 2020.https://xd.adobe.com/ideas/process/informationarchitecture/information-ux-architect/.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rayhan Ramdhany, Ihsan Fadli Tampati, Hermawan Setiawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




