WACANA PERSUASIF PADA POSTER IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DI KOTA DEPOK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30908Keywords:
Wacana Persuasif, Ajakan, Bujukan, Imbauan, Iklan Layanan Masyarakat, Poster, Kota Depok.Abstract
Wacana persuasif pada poster iklan layanan Masyarakat di kota Depok yaitu dapat membantu memahami seberapa efektif kalimat yang disampaikan dalam mengubah sikap dan perilaku masyarakat. tujuannya adalah untuk mengidentifikasi ciri ciri bentuk wacana persuasif pada poster layanan masyarakat untuk memahami efektivitas elemen-elemen persuasif yang digunakan, seperti penggunaan gambar, teks, warna, dan slogan, dalam menyampaikan pesan yang diinginkan. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu kualitatif dan Teknik yang digunakan yaitu teknik dokumentasi, teknik simak dan teknik catat. Hasil penelitian nya adalah wacana persuasif yang terdapat dalam poster iklan layanan masyarakat di kota Depok bersifat ajakan, imbauan, dan bujukan. Penggunaan wacana persuasif imbauan lebih dominan dibandingkan dengan persuasif ajakan dan bujukan. Penggunaan wacana persuasif pada poster iklan layanan masyarakat di kota Depok mencapai 100 temuan. Temuan tersebut terdiri atas berdaya ajakan 24 temuan atau 24%, berdaya imabuan 70 temuan atau 70%, dan berdaya bujukan 6 temuan atau 6%. Hasil penelitian wacana persuasif pada poster iklan layanan masyarakat di kota Depok dapat dimplikasikan kepada siswa SMP kelas VIII mengenai materi poster.References
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidilan. Bandung: Alfabeta.
Moleong. (2018). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Cahyani, I. N. (2018). Ciri dan teknik persuasif tuturan iklan permen pada channel Iklanesia di Youtube periode Januari sampai April 2017. Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Sintia, Dkk, (2017). Bahasa Iklan Layanan Masyarakat dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya). Hal 1- 10
Nisa, Dkk, (2024). PENGGUNAAN BAHASA PERSUASIF IKLAN BODY LOTION SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR PADA SISWA SMP. Sastranesia: Jurnal Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia Volume 12 No. 1, hal 16-31
Gazali. (2014). Penerapan strategi analisis Wacana Kritis model Vandijk untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa menganalisis prosa fiksi dan drama. Jurnal Kreatif Tadulako, 83-96.
Rohana dan Syamsuddin. (2015). Analisis Wacana. Makassar: CV Samudra Alif-Mim.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ulmi Apriyanti Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




