WACANA PERSUASIF PADA POSTER IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DI KOTA DEPOK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Authors

  • Ulmi Apriyanti Putri Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Irwan Siagian Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30908

Keywords:

Wacana Persuasif, Ajakan, Bujukan, Imbauan, Iklan Layanan Masyarakat, Poster, Kota Depok.

Abstract

Wacana persuasif pada poster iklan layanan Masyarakat di kota Depok yaitu dapat membantu memahami seberapa efektif kalimat yang disampaikan dalam mengubah sikap dan perilaku masyarakat. tujuannya adalah untuk mengidentifikasi ciri ciri bentuk wacana persuasif pada poster layanan masyarakat untuk memahami efektivitas elemen-elemen persuasif yang digunakan, seperti penggunaan gambar, teks, warna, dan slogan, dalam menyampaikan pesan yang diinginkan. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu kualitatif dan Teknik yang digunakan yaitu teknik dokumentasi, teknik simak dan teknik catat. Hasil penelitian nya adalah wacana persuasif yang terdapat dalam poster iklan layanan masyarakat di kota Depok bersifat ajakan, imbauan, dan bujukan.  Penggunaan wacana persuasif imbauan lebih dominan dibandingkan dengan persuasif ajakan dan bujukan. Penggunaan wacana persuasif pada poster iklan layanan masyarakat di kota Depok mencapai 100 temuan. Temuan tersebut terdiri atas berdaya ajakan 24 temuan atau 24%, berdaya imabuan 70 temuan atau 70%, dan berdaya bujukan 6 temuan atau 6%. Hasil penelitian wacana persuasif pada poster iklan layanan masyarakat di kota Depok dapat dimplikasikan kepada siswa SMP kelas VIII mengenai materi poster. 

References

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidilan. Bandung: Alfabeta.

Moleong. (2018). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Cahyani, I. N. (2018). Ciri dan teknik persuasif tuturan iklan permen pada channel Iklanesia di Youtube periode Januari sampai April 2017. Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Sintia, Dkk, (2017). Bahasa Iklan Layanan Masyarakat dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya). Hal 1- 10

Nisa, Dkk, (2024). PENGGUNAAN BAHASA PERSUASIF IKLAN BODY LOTION SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR PADA SISWA SMP. Sastranesia: Jurnal Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia Volume 12 No. 1, hal 16-31

Gazali. (2014). Penerapan strategi analisis Wacana Kritis model Vandijk untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa menganalisis prosa fiksi dan drama. Jurnal Kreatif Tadulako, 83-96.

Rohana dan Syamsuddin. (2015). Analisis Wacana. Makassar: CV Samudra Alif-Mim.

Downloads

Published

2024-07-02

How to Cite

Putri, U. A. ., & Siagian, I. . (2024). WACANA PERSUASIF PADA POSTER IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DI KOTA DEPOK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 9077–9082. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30908

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.