UPAYA MENINGKATKAN NUMERASI PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN JURANG DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 1 SD MUHAMMADIYAH NGUPASAN YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.30375Keywords:
Media Papan Jurang,Kemampuan Numerasi Peserta DidikAbstract
Saat mengerjakan soal penjumlahan bersusun peserta didik masih bingung ketika meletakan puluhan dan satuan dengan benar. Situasi seperti ini melatarbelakangi untuk meningkatkan kemampuannumerasi peserta didik dengan media papan jurang. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas(PTK) menggunkan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Dengan subjek penelitian peserta didik kelas I dengan jumlah 25 orang di SD Muhammadiyah Ngupasan Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini pada siklus 1 dengan hasil 72% di karenakan hasil belum memenuhi targetpenelitian ,maka penelitian dilanjutkan hingga siklus2. Hasil dari siklus 2 sebesar 100% dengan nilai rata-rata 92 hal ini adalah bahwa papan jurang bisa meningkatkan kemampuan numerasi peserta didikReferences
Hadun Fitra; Anwar, Herson; Huljannah, Miftha. Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Media Pembelajaran Papan Jurang Pada Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Linear: Journal Of Mathematics Education, [S.L.], V. 4, N. 2, P. 170-181, Nov. 2023. Issn 2722-760x. Available At:
Juliandi, A. (2014). Classroom Action Research - Penelitian Tindakan Kelas. In Workshop On Teaching Grant For Learning Innovation. Medan: Center For Curriculum And Learning Development, University Of Muhammadiyah Sumatera Utara (Issue December).
Juniarti, Y. (2018). Peningkatan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini Melalui Media Celemek Pintar. Jurnal Audi, 3(1), 27. Https://Doi.Org/10.33061/Ad.V3i1.2071
Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., ...& Indra, I. (2021). Media pembelajaran
Hijria, F. R., Yulianto, B., & Yuwana, S. (2019). Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Dengan Model Circ Untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Berbahasa Siswa Kelas V Sd. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 5(3), 1084.
Magdalena, I., Shodikoh, A. F., & Pebrianti, A. R. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi. 3, 312–325.
Nurmilawati,Yunda Hardiati, Petrus Fendiyanto Analisis Media Pembelajaran Papan Jurang (Panjurang) Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pada Peserta Didik Kelas 1 SD Negeri 007 Sungai Pinang
A. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif padaMata Pelajar IPA di Kelas IV SD Terpencil Bainaa Barat. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 04(6), 235–246.
Tim MKPBM. 2001. Common Text Book: Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.Bandung: JICA-Universitas Pendidikan Indonesia
Yudhi Munadhi, Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru, (Jakarta: Gaung
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Putri Yuliana , Henry Aditia Rigianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.