UPAYA MENINGKATKAN NUMERASI PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN JURANG DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 1 SD MUHAMMADIYAH NGUPASAN YOGYAKARTA

Authors

  • Putri Yuliana Universitas PGRI Yogyakarta
  • Henry Aditia Rigianti Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.30375

Keywords:

Media Papan Jurang,Kemampuan Numerasi Peserta Didik

Abstract

Saat mengerjakan soal penjumlahan bersusun peserta didik masih bingung ketika meletakan puluhan dan satuan dengan benar. Situasi seperti ini melatarbelakangi untuk meningkatkan kemampuannumerasi peserta didik dengan media papan jurang. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas(PTK) menggunkan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Dengan subjek penelitian peserta didik kelas I dengan jumlah 25 orang di SD Muhammadiyah Ngupasan Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini pada siklus 1 dengan hasil 72% di karenakan hasil belum memenuhi targetpenelitian ,maka penelitian dilanjutkan hingga siklus2. Hasil dari siklus 2 sebesar 100% dengan nilai rata-rata 92 hal ini adalah bahwa papan jurang bisa meningkatkan kemampuan numerasi peserta didik

References

Hadun Fitra; Anwar, Herson; Huljannah, Miftha. Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Media Pembelajaran Papan Jurang Pada Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Linear: Journal Of Mathematics Education, [S.L.], V. 4, N. 2, P. 170-181, Nov. 2023. Issn 2722-760x. Available At:

Juliandi, A. (2014). Classroom Action Research - Penelitian Tindakan Kelas. In Workshop On Teaching Grant For Learning Innovation. Medan: Center For Curriculum And Learning Development, University Of Muhammadiyah Sumatera Utara (Issue December).

Juniarti, Y. (2018). Peningkatan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini Melalui Media Celemek Pintar. Jurnal Audi, 3(1), 27. Https://Doi.Org/10.33061/Ad.V3i1.2071

Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., ...& Indra, I. (2021). Media pembelajaran

Hijria, F. R., Yulianto, B., & Yuwana, S. (2019). Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Dengan Model Circ Untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Berbahasa Siswa Kelas V Sd. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 5(3), 1084.

Magdalena, I., Shodikoh, A. F., & Pebrianti, A. R. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi. 3, 312–325.

Nurmilawati,Yunda Hardiati, Petrus Fendiyanto Analisis Media Pembelajaran Papan Jurang (Panjurang) Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pada Peserta Didik Kelas 1 SD Negeri 007 Sungai Pinang

A. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif padaMata Pelajar IPA di Kelas IV SD Terpencil Bainaa Barat. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 04(6), 235–246.

Tim MKPBM. 2001. Common Text Book: Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.Bandung: JICA-Universitas Pendidikan Indonesia

Yudhi Munadhi, Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru, (Jakarta: Gaung

Downloads

Published

2024-09-20

How to Cite

Yuliana , P., & Rigianti, H. A. . (2024). UPAYA MENINGKATKAN NUMERASI PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN JURANG DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 1 SD MUHAMMADIYAH NGUPASAN YOGYAKARTA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 13706–13711. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.30375