PEMGEMBANGAN MEDIA KARTU NUSANTARA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN 68 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.29998Keywords:
Isi, Format, ArtikelAbstract
Pengembangan Media Kartu Nusantara Pada Pembelajaran IPS Kelas IV SDN 68 Palembang memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui pengembangan produk Kartu Nusantara yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan peneliti dalam pengembangan Kartu Nusantara ini yaitu R&D (Research and Development), pengembangan menggunakan model 3D yang terdiri dari Define, Design, Development. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV.A dan IV.B sekolah dasar negeri 68 palembang dengan jumlah total 38 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu wawancara, Kuesioner(angket) dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ahli validator dari ketiga bidang yaitu media, materi,dan bahasa, dimana validator dalam pengembangan ini ada 3 validator yang mencakup 3 bidang tersebut sehingga presentase validator dari ketiga ahli sebesar 89,2% dikategorikan “Sangat Valid”. Kemudian uji kepraktisan respon guru memperoleh hasil presentase sebesar 81,6% dikategorikan “Sangat Praktis”, selanjutnya uji coba one to one (Peorangan) memperoleh presentase sebesar 89,2% dikategorikan “Sangat Praktis”, selanjutnya uji coba small group (Kelompok Kecil) memperoleh nilai presentase sebesar 84,2%, dikategorikan “Sangat Praktis”.Downloads
Published
2024-09-17
How to Cite
Agustin, W. Z. ., Rizhardi, R., & Suryani, I. (2024). PEMGEMBANGAN MEDIA KARTU NUSANTARA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN 68 PALEMBANG . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 13443–13449. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.29998
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Windi Zulpa Agustin, Rury Rizhardi, Ida Suryani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.