PENGERTIAN DAN KONSEP DASAR KURIKULUM DALAM BERBAGAI PERSPEKTIF

Authors

  • Usdarisman Usdarisman UIN Imam Bonjol Padang
  • Hendrayadi Hendrayadi UIN Imam Bonjol Padang
  • Devi Syukri Azhari UIN Imam Bonjol Padang
  • Abdul Basit UIN Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29784

Keywords:

Kurikulum, Pendidikan, Pengajaran, Siswa/Peserta Didik/Murid

Abstract

Kurikulum merupakan rencana atau desain pembelajaran yang mencakup tujuan, isi, metode, dan penilaian pembelajaran yang disusun untuk mencapai tujuan pendidikan. Kurikulum dalam pendidikan adalah elemen krusial yang membentuk dasar pengembangan pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai. Makalah ini menjelaskan konsepsi dan dimensi kurikulum dari berbagai perspektif, seperti filosofis, sosiologis, psikologis, dan teknologi, serta implikasinya dalam konteks pendidikan. Kurikulum dipahami sebagai lebih dari sekadar materi pelajaran, tetapi juga sebagai ide yang mengarahkan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pendidikan. Dari filosofi hingga teknologi, kurikulum memainkan peran penting dalam membentuk pengalaman belajar holistik peserta didik. Pemahaman mendalam akan membantu pendidik merancang kurikulum yang relevan, efektif, dan inklusif, untuk mencapai tujuan pendidikan yang menyeluruh

References

Ahid, Nur. (2005). Jurnal Islamica - Konsep Dan Teori Kurikulum Dalam Dunia Pendidikan, Vol 1 No 1 Edisi September.

Alberty, Harold B. and AlBerty, Elsie J. (1952). Reorganizing the High School Curriculum , 3rd ed. t.tp.: The Macmillan Company.

Al-Syaibany, Oemar Mohammad Al-Toumy. (1997). Falsafah Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang.

Arifin, Zainal. (2011). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Beauchamp, George A. (1975). Curriculum Theory, Wilmette, Illinois: The KAGG Press.

Dakir. (2004). Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum, Jakarta: Rineka Cipta.

Doll, Ronald. (1974). Curriculum Improment Decision Making and Process, t.tp.: Ally and Bacon.

Hamalik, Omar. (1990) Pengembangan Kurikulum: Dasar-dasar dan Perkembangannya, (Bandung: Mandar Maju).

Idi, Abdullah. (2016). Pengembangan Kurikulum, Teori dan Praktik, (Jakarta: RajaGraifindo Persada, Cet. Ke 2).

Johnson, Mauritz. (1967). Intentionality in Education, New York: Center for Curriculum Research and Services.

Junaedi, Mahfud. (2020). Ilmu Pendidikan Islam: Filsafat dan Pengembangan, Semarang: Rasail Media Group.

Kartikasari, (1997). I Made Pengertian Peranan dan Fungsi Kurikulum, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Langgulung, Hasan. (1989). Manusia dan Pendidikan: Suatu Analisa Psikologik dan Pendidikan, Jakarta: Pustaka al-Husna.

Langrand, Paul. (1981). An Introduction to Life Long Education, terjemahan. Jakarta: Gunung Agung

MacDonald, James B. (1965). Educational Models for Instruction, Washington DC: The Association for Supervision and Curriculum Development.

Mudlofir, Ali. (2012). Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Bahan Ajar Dalam Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Muhaimin & Mujib Abdul. (1993). Pemikiran Pendidikan Islam : Kajian Filosofis dan Kerangkah Dasar Oprasionalnya cet.ke 1, Bandung, Trigenda Karya.

Nasution, (2006). Azas-Azas Kurikulum, Jakarta: Bumi Aksara.

Neil, John D. (1980). Curriculum A Comprehensive Introduction, t.tp.: a Division of Scott Foresman and Company.

Nurdin, Syafruddin. (2016). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

---------, Pengembangan Kurikulum dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Berbasis KKNI di Perguruan Tinggi, Jurnal al-Fikrah, Vol. V, No. 1 Januari-Juni 2017.

---------, Pengembangan Kurikulum, Silabus dan Satuan Acara Perkuliahan (SAP) di Perguruan Tinggi Agama Islam, Ta’dib, Volume 16, No. 1 (Juni 2013)

Olivia, Peter F. (1991). Developing The Curriculum, 3rd ed., United States: library of congress cataloging in pulication Data.

Ragan, William B. (1974). Modern Elementary Curriculum, t.tp.: Holt Rinehart and Winston Inc.

Subandijah. 1993. Pengembangan Dan Inovasi Kurikulum, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. (2005). Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah, Jakarta: Sinar Baru Algensindo.

Soetopo, Hendyat. (1993). Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum, Jakarta: Bumi Aksara.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2000). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syarif, A. Hamid. (1996). Pengembangan Kurikulum. Surabaya: Bina Ilmu.

Undang-Undang No. 2 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Armas Duta Jaya.

Webster. (1993). Webster’s New International Dictionary, (t.tp.: GC Company.

Downloads

Published

2024-06-16

How to Cite

Usdarisman, U., Hendrayadi, H., Azhari, D. S. ., & Basit, A. . (2024). PENGERTIAN DAN KONSEP DASAR KURIKULUM DALAM BERBAGAI PERSPEKTIF. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7578–7586. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29784

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>