PEMEROLEHAN BAHASA ANAK: KAJIAN FONOLOGI, MORFOLOGI, DAN SINTAKSIS PADA ANAK USIA 3 TAHUN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29592Keywords:
Pemerolehan Bahasa, Fonologi, Morfologi, Sintaksis.Abstract
Penguasaan terhadap pemerolehan bahasa anak adalah salah metode yang tepat untuk meningkatkan kemampuannya dalam berkomunikasi. Hal tersebut menjadikan penelitian ini penting untuk dikaji. Penelitian ini memuat gambaran penguasaan pemerolehan bahasa pada anak berusia 3 tahun pada aspek fonologi, morfologi, dan sintaksis dengan subjek tunggal. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dan simak-catat. Hasil penelitian membuktikan sebagai berikut; (1) pada aspek fonologi, ditemukan tuturan dengan perubahan bunyi, yaitu 28 data sinkop, 3 data apokop, dan 42 data aferesis; (2) pada aspek morfologi, 97 leksikon ditemukan dengan klasifikasi bentuk nomina, verba, adjektiva, adverbial, dan pronomina. Leksikon bentuk nomina merupakan data yang paling banyak ditemukan; dan (3) pada aspek sintaksis, tuturan yang dihasilkan berupa kalimat deklaratif, kalimat imperatif, dan kalimat interogatif. dengan ujaran yang sudah berpola tiga kata atau lebih dan struktur kalimat yang bervariasi.Downloads
Published
2024-06-13
How to Cite
Dhari, P. W. . (2024). PEMEROLEHAN BAHASA ANAK: KAJIAN FONOLOGI, MORFOLOGI, DAN SINTAKSIS PADA ANAK USIA 3 TAHUN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7368–7376. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29592
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Putri Wulan Dhari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.