EVALUASI SISTEM MANAJEMEN KINERJA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN PENDIDIKAN DI MIN 1 MEDAN

Authors

  • Amiruddin Siahan Universitas Negeri Makassar
  • Ainun Hidayasha Universitas Negeri Makassar
  • Mawaddah Tun’nisa Universitas Negeri Makassar
  • NaffaQaila Dalimunthe Universitas Negeri Makassar
  • Zaidan Kholis Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29384

Keywords:

Manjemen Kinerja, Pendidik, Tenaga Kependidikan, Mutu Pelayanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas sistem manajemen kinerja pendidik dan tenaga kependidikan dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan pendidikan di MIN 1 Medan. Dengan menggunakan metode kualitatif, penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem manajemen kinerja yang diterapkan belum sepenuhnya efektif dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti belum jelasnya indikator kinerja, belum adanya program pelatihan dan pengembangan bagi pendidik dan tenaga kependidikan, serta belum memadainya pemberian reward dan punishment. Meskipun demikian, terdapat beberapa aspek positif seperti upaya perbaikan sarana dan prasarana yang mendukung proses pembelajaran sehingga penelitian ini memberikan rekomendasi perbaikan sistem manajemen kinerja dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan, revisi indikator kinerja, optimalisasi program pelatihan, dan penerapan kebijakan yang adil dan merata. imbalan dan hukuman yang transparan. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan mutu layanan pendidikan di MIN 1 Medan dan lembaga pendidikan lainnya.

Downloads

Published

2024-06-10

How to Cite

Siahan, A. ., Hidayasha, A., Tun’nisa, M. ., Dalimunthe, N. ., & Kholis, Z. . (2024). EVALUASI SISTEM MANAJEMEN KINERJA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN PENDIDIKAN DI MIN 1 MEDAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 6973–6977. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29384

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.