KAJIAN REVOLUSI KONSELING ISLAM DALAM PEMBENTUKAN PENDIDIKAN KARAKTER ERA REVOLUSI MENTAL 4.

Authors

  • Muhammad Junaedi Mahyuddin Universitas Muhammadiyah Enrekang
  • Handayani Sura Universitas Muhammadiyah Enrekang
  • Fitriyanti Sulaiman Universitas Muhammadiyah Enrekang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29325

Keywords:

Konseling Islam, Pendidikan Karakter, Revolusi Mental 4.0, Transformasi Mental

Abstract

Penelitian ini mengkaji peran revolusi konseling Islam dalam membentuk pendidikan karakter dalam konteks revolusi mental 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana konseling Islam dapat berkontribusi dalam mengembangkan karakter dan nilai-nilai moral yang kuat pada siswa untuk mempersiapkan mereka menghadapi tantangan era digital.studi konseptual atau berbasis literatur yang mengkaji peran potensial konseling Islam dalam pendidikan karakter dalam konteks revolusi mental 4.0.Konseling Islam penting dalam pendidikan karakter di era Revolusi Mental 4.0, membantu siswa menginternalisasi nilai Islami seperti kejujuran dan tanggung jawab. Pendekatan ini meningkatkan disiplin, kerjasama, dan mengurangi konflik. Dengan menggabungkan nilai Islami dan keterampilan abad 21, konseling Islam membentuk siswa tangguh dan kreatif untuk menghadapi tantangan era digital.Revolusi Mental 4.0 melibatkan perubahan cara berpikir dan bekerja dalam era digital, menekankan nilai gotong royong, moderasi beragama, dan pendidikan karakter. Pendidikan karakter, penting untuk menghadapi tantangan Revolusi Industri 4.0, bertujuan membentuk individu berakhlak mulia dan bertanggung jawab. Konseling Islam berperan dalam mengintegrasikan nilai spiritual Islam, mendukung transformasi mental, dan pembentukan karakter.

References

Abdullah, M. and Shunhaji, A. (2022). Paradigma pendidikan revolusi mental qur’ani. Andragogi Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 264-285. https://doi.org/10.36671/andragogi.v3i2.226

Afifah, A. M. (2020). Psikologi humanistik: victor frankl dan ki ageng suryomentaram (kas). Nathiqiyyah, 3(1), 58-67. https://doi.org/10.46781/nathiqiyyah.v3i1.100

Aini, K. (2022). Peran dosen ppkn dalam menanamkan civic disposition bagi mahasiswa pgsd di era industry 4.0. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 670-678. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2499

Andiri, L., Jajat, J., & Sultoni, K. (2017). Hubungan kecerdasan emosi dengan prestasi akademik mahasiswa olahraga. Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan, 2(2), 137. https://doi.org/10.17509/jtikor.v2i2.8063

Arifan, N. and Dihan, F. N. (2018). Pengaruh kecerdasan emosional dan pemberdayaan karyawan terhadap komitmen organisasional melalui kepuasan kerja di dinas sosial daerah istimewa yogyakarta. JBTI : Jurnal Bisnis Teori Dan Implementasi, 9(2). https://doi.org/10.18196/bti.92105

Aulia, V., Hakim, L., & Sangka, K. (2023). Dampak tpack pada pengembangan profesionalisme guru dalam praktik integrasi teknologi. Sinamu, 4, 235. https://doi.org/10.31000/sinamu.v4i1.7894

Awalya, A., Lestari, I., Khiyarusoleh, U., Nugraha, Y., & Nusantara, B. (2022). Pelatihan layanan konseling melalui android pada musyawarah guru bimbingan dan konseling guru bimbingan dan konseling (mgbk-bk) kota semarang dengan tema pelatihan cyber counseling bagi guru bk smk kota semarang. Journal of Community Empowerment, 2(2), 54-62. https://doi.org/10.15294/jce.v2i2.59870

Awalya, A., Lestari, I., Khiyarusoleh, U., Nugraha, Y., & Nusantara, B. (2022). Pelatihan layanan konseling melalui android pada musyawarah guru bimbingan dan konseling guru bimbingan dan konseling (mgbk-bk) kota semarang dengan tema pelatihan cyber counseling bagi guru bk smk kota semarang. Journal of Community Empowerment, 2(2), 54-62. https://doi.org/10.15294/jce.v2i2.59870

DeTienne, K. B., Ellertson, C. F., Ingerson, M., & Dudley, W. R. (2019). Moral development in business ethics: an examination and critique. Journal of Business Ethics, 170(3), 429-448. https://doi.org/10.1007/s10551-019-04351-0

DeTienne, K. B., Ellertson, C. F., Ingerson, M., & Dudley, W. R. (2019). Moral development in business ethics: an examination and critique. Journal of Business Ethics, 170(3), 429-448. https://doi.org/10.1007/s10551-019-04351-0

Dewi, L. M. and Fauziati, E. (2021). Pembelajaran tematik di sekolah dasar dalam pandangan teori konstruktivisme vygotsky. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 163-174. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1207

Dito, S. and Pujiastuti, H. (2021). Dampak revolusi industri 4.0 pada sektor pendidikan: kajian literatur mengenai digital learning pada pendidikan dasar dan menengah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(2), 59-65. https://doi.org/10.24246/juses.v4i2p59-65

Fadhilah, M., Alkindi, D., & Muhid, A. (2021). Cyber counseling sebagai metode meningkatkan layanan bimbingan dan konseling di sekolah: literature review. Counsellia Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 11(1), 86. https://doi.org/10.25273/counsellia.v11i1.8393

Ibda, H. (2018). Penguatan literasi baru pada guru madrasah ibtidaiyah dalam menjawab tantangan era revolusi industri 4.0. Journal of Research and Thought on Islamic Education (Jrtie), 1(1), 1-21. https://doi.org/10.24260/jrtie.v1i1.1064

Inthaly, A. and Almubaroq, H. (2022). Nilai praksis pancasila sebagai modal pengembangan sumber daya manusia era society 4.0 dalam rangka mendukung pertahanan negara. Jurnal Kewarganegaraan, 19(2), 76. https://doi.org/10.24114/jk.v19i2.33872

Islam, K. (2020). Moderasi beragama di tengah pluralitas bangsa: tinjauan revolusi mental perspektif al-qur’an. Kuriositas Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan, 13(1). https://doi.org/10.35905/kur.v13i1.1379

Jani, D. M., Latif, A. A., & Latif, R. T. (2020). Inventory of constructive alignment evaluation (icae) in teacher education institute: a literature / inventori penilaian penjajaran konstruktif (ippk) di institut pendidikan guru: satu analisis literatur. Sains Humanika, 12(2-2). https://doi.org/10.11113/sh.v12n2-2.1787

Julius, A., Fahriza, I., Alfaiz, A., & Alrefi, A. (2023). Pengembangan aplikasi kamus bimbingan dan konseling berbasis android sebagai sumber belajar mandiri mahasiswa. Counsellia Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 13(1), 15. https://doi.org/10.25273/counsellia.v13i1.14289

Luthfiyah, R., Hidayat, A., & Choirunniam, M. (2020). Implementasi pendidikan karakter pada generasi islam milenial. Tarbawi, 9(1), 59-82. https://doi.org/10.36781/tarbawi.v9i1.3109

Manurung, A. and Marini, A. (2023). Penerapan problem based learning dalam upaya mengembangkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(1), 142-154. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i1.967

Maunah, B. (2016). Implementasi pendidikan karakter dalam pembentukan kepribadian holistik siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, (1). https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8615

Ningsih, E. F. (2023). Teori sosial kognitif dan relevansinya bagi pendidikan di indonesia. Humanika, 23(1), 21-26. https://doi.org/10.21831/hum.v23i1.29307

Nuraeni, I. and Labudasari, E. (2021). Pengaruh budaya sekolah terhadap karakter religius siswa di sd it noor hidayah. Dwija Cendekia Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 119. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i1.51593

Nuraeni, N., Amirudin, A., & Muzaki, I. (2021). Pembentukan karakter di masa pandemi melalui pendidikan agama islam. Atthulab Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 6(2), 146-160. https://doi.org/10.15575/ath.v6i2.13496

Nuraisyiah, N. (2022). Tantangan pengembangan kurikulum dalam meningkatkan literasi digital serta pembentukan karakter peserta didik di indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 6844-6854. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3328

Paramita, N. (2021). Pendidikan karakter anak usia dini melalui mainan edukatif amigurumi berbasis budaya lokal. Jurnal Pendidikan Dan Penciptaan Seni, 1(2), 67-77. https://doi.org/10.34007/jipsi.v1i2.45

Perdana, A. and Daulay, A. (2023). Efektivitas bimbingan konseling islam dalam membentuk karakter siswa dengan menggunakan teknik hypnocounseling. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 2902-2909. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1959

Prakoso, B. (2020). Message acceptance of ngaji filsafat preaching through instagram. Diakom : Jurnal Media Dan Komunikasi, 3(1), 1-11. https://doi.org/10.17933/diakom.v3i1.71

Purnanto, D. and Ardhian, D. (2021). Capturing social issues through signs: linguistic landscape in great malang schools, indonesia. International Journal of Sustainable Development and Planning, 16(3), 591-601. https://doi.org/10.18280/ijsdp.160320

Purnanto, D. and Ardhian, D. (2021). Capturing social issues through signs: linguistic landscape in great malang schools, indonesia. International Journal of Sustainable Development and Planning, 16(3), 591-601. https://doi.org/10.18280/ijsdp.160320

Purnasari, P. and Sadewo, Y. (2020). Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran sebagai upaya peningkatan kompetesnsi pedagogik. Publikasi Pendidikan, 10(3), 189. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.15275

Rahman, T. and Wassalwa, S. (2019). Implementasi manajemen pendidikan karakter dalam pembinaan akhlak peserta didik. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(1), 1-14. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i1.175

Ramdani, E. (2018). Model pembelajaran kontekstual berbasis kearifan lokal sebagai penguatan pendidikan karakter. Jupiis Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 1. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8264

Rosad, A. (2019). Implementasi pendidikan karakter melalui managemen sekolah. Tarbawi Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 173. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2074

Rosmiati, R., Warliani, I., & Munasti, K. (2022). Penerapan model pembelajaran kooperatif pada perkuliahan pendidikan karakter. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6237-6244. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3270

Sholihah, A. and Maulida, W. (2020). Pendidikan islam sebagai fondasi pendidikan karakter. Qalamuna Jurnal Pendidikan Sosial Dan Agama, 12(01), 49-58. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.214

Situmorang, D. (2017). Efektivitas pemberian layanan intervensi music therapy untuk mereduksi academic anxiety mahasiswa terhadap skripsi. Jbki (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 2(1), 4. https://doi.org/10.26737/jbki.v2i1.242

Sultani, S. (2023). Teori belajar humanistik dan penerapannya dalam pembelajaran pendidikan agama islam. Ansiru Pai Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 7(1), 177. https://doi.org/10.30821/ansiru.v7i1.16108

Triyanto, T. (2020). Peluang dan tantangan pendidikan karakter di era digital. Jurnal Civics Media Kajian Kewarganegaraan, 17(2), 175-184. https://doi.org/10.21831/jc.v17i2.35476

Wismanto, Y., Satyajati, M., Sari, P., Abadi, C., & Mukti, R. (2021). Diving in the digital disruption without losing oneself: a study to define human literacy. Sains Humanika, 13(2-3). https://doi.org/10.11113/sh.v13n2-3.1924

yanzi, h. (2023). Implementasi revolusi mental berbasis nilai-nilai pancasila di sekolah. Jurnal Pengabdian Sosial Indonesia, 3(1), 48-57. https://doi.org/10.23960/jpsi/v3i1.48-57

Zhang, Q. (2018). Research on kohlberg’s theory and practice in china. Oalib, 05(08), 1-11. https://doi.org/10.4236/oalib.1104823

Downloads

Published

2024-06-09

How to Cite

Mahyuddin , M. J. ., Sura, H. ., & Sulaiman, F. . (2024). KAJIAN REVOLUSI KONSELING ISLAM DALAM PEMBENTUKAN PENDIDIKAN KARAKTER ERA REVOLUSI MENTAL 4. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 6927–6935. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29325