ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA (MTS) AN-NIZHAM JAMBI

Authors

  • Sahrizal Vahlepi Universitas Jambi
  • Mu’nisana Mu’nisana Universitas Jambi
  • Zulaika Zulaika Institut Islam Maarif Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29144

Keywords:

Pembelajaran Bahasa Arab, Minat, Pembelajaran berbasis Teknologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat belajar siswa siswi kelas IX terhadap pembelajaran berbasis teknologi pada pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTS) An Nizham Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa siswi kelas IX di Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTS) An-Nizham Jambi Tahun Ajaran 2023/2024. Teknik sampel menggunakan probability sampling dengan cara Cluster Random Sampling yaitu Pengambilan sampel berbasis area atau cluster random sampling adalah salah satu metode pengambilan sampel yang digunakan ketika populasi terdiri dari kelompok atau agregat individu dari pada individu. Prosedur pengumpulan data menggunakan kusioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Skala pengukuran berupa skala Likert. Uji dalam penelitian ini meliputi : uji validitas, uji realibilitas, uji hipotesis. Hasil penelitian ini menginformasikan terdapat pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran berbasis teknologi terhadap minat belajar siswa, khusunya dalam belajar bahasa Arab.

References

Ali Rahman. Jurnal Al Ishlah Desain Model Dan Materi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. 2028.

Ilato, R., & Payu, B. R. (2020). Pengaruh pemanfaatan teknologi informasi terhadap minat belajar siswa. Jambura Economic Education Journal, 2(2), 70-79

Prihatini, E. (2017). Pengaruh metode pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2).

Putri, W. N. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah. LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 1(1), 1-16

Wahyuperdana, D. (2021). Model Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis TIK (Elektronik, Internet dan Android). Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Ahmad Rathomi. Jurnal Tarbiya Islamica: Kajian Keguruan dan Pendidikan Islam. Vol. 10 No. 2 Desember 2022, hal. 81-88

Negara, H. R. P., Syaharuddin, S., Kurniawati, K. R. A., Mandailina, V., & Santosa, F. H. (2019). Meningkatkan minat belajar siswa melalui pemanfaatan media belajar berbasis android menggunakan mit app inventor. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 2(2), 42-45

Downloads

Published

2024-06-06

How to Cite

Vahlepi, S. ., Mu’nisana, M., & Zulaika, Z. (2024). ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA (MTS) AN-NIZHAM JAMBI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 6682–6686. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29144

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.