HUBUNGAN ANTARA SELF-ESTEEM DENGAN PERILAKU ASERTIF PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29045Keywords:
Self-Esteem, Perilaku Asertif, Mahasiswa Tahun Pertama.Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara self-esteem dan perilaku asertif pada mahasiswa, khususnya mahasiswa tahun pertama. Sampel penelitian adalah 235 mahasiswa tahun pertama yang sekarang menjalani semester dua di tahun 2024. Teknik sampling menggunakan accidental sampling dengan kriteria antara lain, mahasiswa aktif psikologi Universitas X Surabaya semester dua dan berusia 18-24 tahun. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala self-esteem dan skala perilaku asertif. Teknik analisis data menggunakan korelasi Pearson. Hasil analisis data menghasilkan nilai signifikansi 0.000 (p<0.05) yang berarti bahwa terdapat hubungan yang positif dari self-esteem dan perilaku asertif. Nilai koefisien korelasi adalah 0.516 yang mana termasuk dalam hubungan positif dan tergolong sedang. Sehingga ketika self-esteem tinggi, maka perilaku asertif yang ditunjukkan juga akan tinggi.References
Alberti, R., & Emmons, M. (2017). Your perfect rights: Assertiveness and equality in your life and relationships. Impact.
Alfani, A. D., & Setyandari, A. (2023). Pengaruh harga diri terhadap perilaku asertif mahasiswa Manggarai yang berkuliah di Yogyakarta. SOLUSI: Jurnal Konseling dan Pengembangan Pribadi, 5(2), 58-66. Retrieved from https://e-journal.usd.ac.id/index.php/solution/article/view/7878/3757
Alfariza, F. S., & Andjarsari, F. D. (2023). Hubungan persepsi pola asuh authoritative dan konsep diri dengan perilaku asertif siswa SMK. IKRAITH-HUMANIORA: Jurnal Sosial dan Humaniora, 7(3), 126-133. Retrieved from https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/view/3366
Annastasya, E., Rahmawati, & Dalimunthe, R. Z. (2022). Profil perilaku asertif pada siswa kelas ix dan implikasi bagi bimbingan konseling pribadi sosial di SMP negeri 5 kota Serang tahun 2019/2020. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(3), 1151-1164. Retrieved from https://journal.formosapublisher.org/index.php/mudima/article/view/225
Ardaningrum, D. Z., & Savira, S. I. (2022). Hubungan antara harga diri dan perilaku asertif mahasiswa selama pandemi. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 107-120. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/47979
Aryanto, W., Arumsari, C., & Sulistiana, D. (2021). Hubungan antara harga diri dengan perilaku asertif pada remaja. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan, 5(3), 95-105. Retrieved from https://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/quanta/article/view/2815
Azwar, S. (2016). Tes prestasi: Fungsi dan pengembangan pengukuran prestasi belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2018). Metode penelitian psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Branden, N. (1992). The power of self-esteem. Florida: Health Communication Inc.
Fatnar, V. N., & Anam, C. (2014). Kemampuan interaksi sosial antara remaja yang tinggal di pondok pesantren dengan yang tinggal bersama keluarga. EMPATHY: Jurnal Fakultas Psikologi, 2(2), 71075. Retrieved from http://journal.uad.ac.id/index.php/EMPATHY/article/view/3032
Gultom, S., & Oktaviani, L. (2022). The correlation between students' self-esteem and their english profiency test result. Journal of English Language Teaching and Learning, 3(2), 53-57. Retrieved from https://jim.teknokrat.ac.id/index.php/english-language-teaching/article/view/2211/661
Heditya, N. R., & Sawitri, D. R. (2023). Hubungan antara harga diri dan adaptabilitas karir pada siswa kelas X di SMA negeri 2 Semarang. Jurnal Empati, 12(1), 7-11. doi:https://doi.org/10.14710/empati.2023.27437
Hill, V. Z. (2013). Current issues in social psychology: Self-esteem. Psychology Press.
Husnah, S., Wahyuni, E., & Fridani, L. (2022). Gambaran perilaku asertif siswa sekolah menengah atas. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1370-1377. Retrieved from https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1858/pdf
Istiqomah, A. P., & Hariyadi, S. (2022). Hubungan antara harga diri dengan perilaku asertif pada mahasiswa yang aktif dalam organisasi. Journal of Social and Industrial Psychology,, 11(1), 53-60. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/sip/article/view/61553
Jannah, M. (2018). Metodologi penelitian kuantitatif untuk psikologi. Surabaya: Unesa University Press.
Kusumah, A. A., & Rosiana, D. (2023). Hubungan antara self-esteem dengan perilaku asertif siswa SMP di kabupaten Cianjur. Bandung Conference Series: Psychology. 3, pp. 1065-1070. Bandung: Universitas Islam Bandung. Retrieved from https://proceedings.unisba.ac.id/index.php/BCSPS/article/view/9514
Maulidia, F. N., & Djuwita, E. (2021). Penerapan teknik cognitive behavior group therapy dalam meningkatkan perilaku asertif pada remaja awal. Jurnal Psikogenesis, 9(1), 55-70. doi:https://doi.org/10.24854/jps.v9i1.1810
Mutiara, K., & Merida, S. C. (2021). Harga diri dan perilaku asertif pada siswa mts negeri 3 kota Bekasi. SENAPIH (Seminar Nasional Psikologi dan Ilmu Humaniora (pp. 124-127). Malang: Psikologi Universitas Negeri Malang. Retrieved from http://conference.um.ac.id/index.php/psi/article/view/1232/633
Noor, R. A., Harliansyah, & Widayanti, E. (2023). Hubungan kualitas hidup terhadap harga diri lansia selama pandemi covid-19. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 3(1), 12-19. doi:https://doi.org/10.59141/cerdika.v3i1.515
Papalia, D. E., Olds, S. W., & Feldman, R. D. (2009). Human development. New York: McGraw-Hill.
Pitaloka, S. A., & Rantung, J. (2023). Kemampuan berperilaku asertif mahasiswa ilmu keperawatan Universitas Advent Indonesia. Jurnal Skolastik Keperawatan, 9(2), 134-148. Retrieved from https://jurnal.unai.edu/index.php/jsk/article/view/3255
Prasiwi, F. W., & Laksmiwati, H. (2023). Hubungan antara harga diri dengan perilaku asertif pada siswa kelas vii di sekolah X. Character: jurnal Penelitian Psikologi, 10(3), 711-723. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/54555
Purba, D., & Purba, M. (2022). Aplikasi analisis korelasi dan regresi menggunakan pearson product moment dan simple linear regression. Citra Sains Teknologi, 1(2), 97-103. Retrieved from https://publisher.yccm.or.id/index.php/cisat/article/view/54
Putri, F. R., Ismanto, H. S., & Iffah, L. (2023). Hubungan antara kepercayaan diri dengan perilaku asertif peserta didik. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(1), 397-403. Retrieved from https://journal.upy.ac.id/index.php/bk/article/view/4859
Putrisari, F., Hambah, I., & Handarini, D. M. (2017). Hubungan self-efficacy, self-esteem, dan perilaku prokrastinasi siswa madrasah aliyah negeri di Malang Raya. Teraputik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(1), 60-68. Retrieved from https://journal.unindra.ac.id/index.php/teraputik/article/view/137/pdf
Quraisy, A. (2020). Normalitas data menggunakan uji kolmogorov-smirnov dan shapiro-wilk: Studi kasus penghasilan orang tua mahasiswa prodi pendidikan matematika Unismuh Makassar. J-HEST: Journal of Healt, Education, Economics, Science, and Technology., 3(1), 7-11.
Rohyati, E., & Purwandari, Y. H. (2015). Perilaku asertif pada remaja. Jurnal Psikologi, 11(5), 1-15. Retrieved from https://ejournal.up45.ac.id/index.php/psikologi/article/view/107/103
Santrock, J. W. (2011). Life-span development. New York: McGraw Hill.
Sitota, G. (2018). Assertiveness and academic achievement motivation of adolescent students in selected secondary schools of Harari Peoples Regional State, Ethiopia. IJELS: International Journal Education & Literature Studies, 6(4), 40-46.
Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif , kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jasmine Dinda Ayudamayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.