PENGARUH PEMBELAJARAN SENI BUDAYA TERHADAP SISWA KELAS 10 DENGAN MENGGUNAKAN METODE MERDEKA BELAJAR DI SMA SWASTA KRISTEN BNKP GUNUNG SITOLI

Authors

  • Mirna Christiana Banjarnahor Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Natalon Calvin Mandela Gea Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Yudika Sakti Lombu Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Diana M. Situmeang Institut Agama Kristen Negeri Tarutung

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28540

Keywords:

Selnil Budaya, Meltodel Melrdelka Bellajar, Silswa

Abstract

Penelitian ini mengkaji penerapan metode Kurikulum Merdeka Belajar dalam pembelajaran seni budaya yang melnelkankan pada kelmandilrilan bellajar, krelatilviltas, dan pelngelmbangan karaktelr, melnawarkan pelndelkatan yang flelksilbell dan belrpusat pada silswa. Mellaluil meltodel ilnil, pelmbellajaran selnil budaya dililntelgrasilkan delngan aktilviltas ilntelraktilf yang melnstilmulasil milnat dan partilsilpasil aktilf silswa. Studil ilnil melnggunakan pelndelkatan kualiltatilf delngan meltodel mellaluil pelnelliltilan kelpustakaan (Lilbrary relselarch) atau kajilan liltelraturel (liltelratur relvilelw, liltelratur relselarch) yailtu selrangkailan pelnelliltilan yang belrkelnaan delngan meltodel pelngumpulan data pustaka atau pelnelliltilan yang obyelk pelnelliltilannya dilgalil mellaluil belragam ilnformasil kelpustakaan melngelvaluasil elfelktilviltas pelnelrapan Kurilkulum Melrdelka dalam pelmbellajaran selnil budaya. Hasill pelnelliltilan melnunjukkan bahwa pelndelkatan ilnil belrhasill melnilngkatkan keltelrlilbatan silswa, melmpelrkuat pelmahaman melrelka telrhadap matelril, dan melngelmbangkan keltelrampillan selnil yang elselnsilal.  Pelnelliltilan ilnil melnyilmpulkan bahwa pelnelrapan Kurilkulum Melrdelka dalam pelmbellajaran selnil budaya tildak hanya melmfasilliltasil pelngelmbangan kompeltelnsil selnil silswa, teltapil juga melmbangun karaktelr, kelmandilrilan, dan krelatilviltas yang elselnsilal untuk pelrkelmbangan holilstilk.

References

Abduloh, Suntoko, Purbangkara, T., & Abikusna, A. (2022). Peningkatan dan Pengembangan Prestasi Belajar Peserta Didik. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.

Budiyani, A. N. (2007). Hubungan Kenakalan Remaja Dengan Prestasi Belajar Siswa di MTs YPKP Jakarta Timur. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Gainau, M. B. (2021). Perkembangan Remaja dan Problematikanya. Yogyakarta: PT. Kanisius.

Lumbanraja, M., Malau, Y. V., & Lubis, T. (2022). Body Theology: Reinterpreting God’s Gift in Human Frailty. International Journal of Advanced Multidisciplinary Scientific Research, 22(2), 115–130.

Manurung, R., Sitinjak, S., & Gulo, E. (2022). The Influence of Christian Religious Education Learning with Jigsaw Model on Student Engagement and Learning Outcomes. International Journal of Advanced Multidisciplinary Scientific Research, 22(2), 90–106.

Mulyatiningsih, R., Pancariatno, S., Yohanes, K., & Rohayati, M. (2006). Bimbingan Pribadi, Sosial, Belajar, dan Karier. Jakarta: PT. Grasindo.

Mumtahanah, N. (2015). Upaya Menanggulangi Kenakalan Remaja Secara Preventif, Refrensif, Kuratif, dan Rehabilitasi. Studi Keislaman, 5(2).

Pakpahan, B. A. S., Simbolon, R., Telaumbanua, E. H., & Situmenag, D. M. (2022). Exploring local wisdom in educator management: valuable lessons from well-known institutes in the lake toba region. Res Militaris, 12(4), 147–155.

Sahat, T., Sinaga, M. S., & Simanjuntak, E. (2022). New Earth Ethics: Harmonizing Anthropocentric and Ecocentric Perspectives. International Journal of Advanced Multidisciplinary Scientific Research, 22(2), 67–89.

Salamadian. (2023, December). Pengertian, Jenis, Penyebab dan Contoh.

Salsabila, A., & Puspitasari. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2(2).

Siburian, E. S. G., Sinaga, J. B. (2022). Teaching Style as a Reflection of Understanding Christian Ethics. Exousia, 1(2), 31–46.

Sirait, N., Hasibuan, S. F. F. Y., & Silaban, K. (2022). Analysis of The Influence of Character Education Implementation By Sunday School Teachers on Children’s Spiritual Intelligence. International Journal of Advanced Multidisciplinary Scientific Research, 22(2), 110–123.

Situmeang, D. M., & Hutahaean, A. N. permata sari. (2021). Mata Guru Roha Sisean: Berpikir Kritis dalam Mengambil Keputusan Berdasarkan Ungkapan Batak Toba dan Kristiani. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(1), 239–246. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i1.557

Situmorang, N., Sinaga, B. Y., & Simanjuntak, G. I. (2022). Enhancing Students’ Moral Development through Counseling by Christian Religious Education Teachers. International Journal of Advanced Multidisciplinary Scientific Research, 22(2), 150–165.

Sunarsih, N., Widokarti, J. R., & Priansa, D. J. (2023). PBL di Era Digital (Meningkatkan Prestasi Belajar Melalui Tutorial Daring). Asadel Liamsindo Teknologi.

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek dan Faktor Yang Mempengaruhi. Komunikasi Pendidikan, 2(2).

Wati, N. S. (2019). Pengaruh Kenakalan Remaja Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 01 Pacet. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Downloads

Published

2024-05-22

How to Cite

Banjarnahor, M. C. ., Gea, N. C. M. ., Lombu, Y. S. ., & Situmeang, D. M. . (2024). PENGARUH PEMBELAJARAN SENI BUDAYA TERHADAP SISWA KELAS 10 DENGAN MENGGUNAKAN METODE MERDEKA BELAJAR DI SMA SWASTA KRISTEN BNKP GUNUNG SITOLI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 6124–6129. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28540