THE ROLE OF TEACHERS IN INSTILLING TOLERANCE CHARACTER VALUES IN THEMATIC LEARNING FOR FOURTH-GRADE STUDENTS

Authors

  • Riko Saputra Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Kota Pagar Alam
  • Aisyah Putri Dea Palupi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Kota Pagar Alam

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.28130

Keywords:

Nilai Karakter, Peran Guru, Toleransi Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter toleransi pada siswa melalui pembelajaran tematik dan menggali faktor-faktor yang menghambat proses tersebut di kelas IV SDN 11 Tanjung Sakti Pumi. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan deskriftif kualitatif, di mana sumber data diperoleh dan data primer serta skunder dikumpulkan secara langsung melalui permintaan, pertanyaan, wawancara, serta pengamatan langsung di lokasi penelitian dan dari berbagai referensi yang dimiliki peneliti untuk memperkuat hasil studi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai karakter toleransi pada siswa merupakan hasil dari intervensi yang dilakukan oleh orang tua dan guru untuk membentuk karakter anak.

References

Dimyati, Johni, 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Kariyanto, Hendi, 2023. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jogjakarta : The Journal

Subhi, Imam, dkk, 2021. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, PTK. Palembang : Noer Fikri.

Susanti, Lidia, 2019. Prestasi Belajar Akademik & Non Akademik Teori dan Implikasinya. Malang : Literasi Nusantara.

Uno B. Hamzah, 2019. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara.

Alhamid, Thalha dan Anufia Budur, 2019. Jurnal, Resume : Instrumen Pengumpulan Data. Sorong : STAIN Sorong.

Ariestina, Hesti, 2022. Jurnal, Penanaman Nilai Toleransi Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Di Madrasah Ibtida’iyah. Salatiga : Undaris Ungaran.

Fatonah, Siti dan Zainuri, 2023. Jurnal, Analisis Implementasi Peran Guru Dalam Penanman Nilai Karakter Toleransi Pada Mata Pelajaran PKn Di MI Ma’Aruf Darussalam Plaosan Jogjakrta. Vol.2, No.1. Jogjakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Hendrayani, Mihrab dan Sutarman, 2022. Journal Kewarganegaraan, Peran Guru Pendidikan Agama Islam DalamMenanamkan Nilai-Nilai Toleransi Di SD Negeri Siru . Volume 6, No 2. Jogjakarta : Universitas Ahmad Dahlan.

Raharjo Melita Maria, Sopacua Debora, 2020. Jurnal, Analiisa Pembelajaran Tematik Pada Anak Usia Dini. Vol.XXXVI, No.1. Medan : Univ. Kristen Satya Wacana.

Rosyadi, M. Al Amin, Fuad M, 2019. Jurnal, Konsep Toleransi Dalam Islam Dan Implementasinya Di Masyarakat Indonesia. Volume 9, No 2. Jakarta : Madaniyah

Simatupang JR, Yusrawati, Jurnal, Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Literasi Baca-Tulis Melalui Program GLS. Banten : Univ. Bina Bangsa

Sihombing, Morgan, Jimi, 2023. Jurnal GECI, Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai Toleransi Di Sekolah Dasar 175771 Siaro. Medan : Universitas Negeri Medan.

THESIS:

Anjali, Ratna, Desi, 2022. Skripsi, Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Pada Pelajaran Tematik Kelas Rendah Di Era Normal SDN 156 Seluma. Bengkulu : UIN FAS Bengkulu.

Dwinata, Rozi, 2019. Skripsi, Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Toleransi Beragama Pada Siswa SMK S3 IDHANATA Rejang Lebong. Curup : IAIN Curup Bengkulu.

Fadilah, Farhan Muhammad, 2022. Skripsi, Peran Guru PAI Dalam Membentuk Sikap Toleransi AntarUmat Beragama Peserta Didik di SMA N 14 Bandar Lampung. Bndar Lampung : UIN Raden Intan Lampung.

Fatonah, Cholissatul, 2018. Skripsi, Peran Guru PAI Dalam Menumnuhkan Sikap Toleransi Beragama Siswa SMA N 3 Magelang. Magelang : UNIV. Muhammadiyah Magelang.

Khoirunisa, Cahya, Eti, 2022. Skripsi, Peran Guru PAI Dalam Menanamkan Sikap Toleransi Beragama Siswa Kelas IX Di SMP Terpadu Ponorogo . Ponorogo : Institut Agama Islam Ponorogo.

Putri, Kusuma S. Skripsi, Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Toleransi Anak Usia Dini Di TK Islam Bhakti VIII Surakarta. Surakarta : Univ. Muhammadiyah Surakarta.

Sofiana, Elma, 2023. Skripsi, Upaya Guru Menanamkan Sikap Sosial Di Kelas IV MIN 2 Kota Mataram. Mataram : Universitas Islam Negeri Mataram.

Soryani, Sri, 2018 Skripsi. Penanaman SikapToleransi Di Kelas V SD Negeri Siyono III Kab. Gunung Kidul. Jogjakarta : UIN Jogyakarta.

Sunandra, 2021. Skripsi, Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Kelas V-2 Di MIN 11 Banda Aceh. Banda Aceh : Universitas Islam Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh.

Wibowo, Eko R, 2022. Skripsi, Analisis Peran Guru Kelas Dalam Membentuk Karakter Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di MIN 1 Kota Tangerang Selatan. Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah.

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

Saputra, R., & Palupi, A. P. D. . (2024). THE ROLE OF TEACHERS IN INSTILLING TOLERANCE CHARACTER VALUES IN THEMATIC LEARNING FOR FOURTH-GRADE STUDENTS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 6737–6743. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.28130

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.