PENGARUH METODE MENGAJAR GURU, SUMBER BELAJAR DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMPN 06 SINGOSARI MALANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27428Keywords:
Metode Mengajar, Sumber Belajar, Media PembelajaranAbstract
Metode mengajar guru, sumber belajar dan media pembelajaran yang kurang bervaritif dapat menyebabkan motivasi belajar siswa yang rendah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah:1) mengevaluasi perbedaan motivasi belajar siswa antara guru yang menerapkan metode mengajar konvensional dan guru yang menggunakan metode mengajar non-konvensional di SMPN 06 Singosari Malang; 2) Mengevaluasi perbedaan pengaruh motivasi belajar siswa antara guru yang menggunakan sumber belajar yang relevan dengan guru yang tidak menggunakan sumber belajar ;3) Mengevaluasi perbedaan pengaruh motivasi belajar siswa antara guru yang menggunakan media pembelajaran yang bervariatif dengan guru yang tidak menggunakan media pembelajaran di SMPN 06 Singosari Malang. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan sampel penelitian sejumlah 84 siswa. Teknik Pengumpulan data melalui angket/kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji-t atau independent sample test. Hasil penelitian menunjukkan: 1) adanya perbedaan motivasi belajar siswa antara guru yang menerapkan metode mengajar konvensional dan non-konvensional, dengan nilai rata-rata 61,95 kelas kontrol dan 65,14 kelas eksperimen, dengan signifikansi 0.000<0.05; 2) adanya perbedaan dalam pengaruh motivasi belajar siswa antara guru yang menggunakan sumber belajar yang relevan dan yang tidak relevan, dengan nilai rata-rata 92,05 kelas kontrol dan 95,48 kelas eksperimen, dengan signifikansi 0.004<0.05; 3) adanya perbedaan motivasi belajar siswa antara guru yang menggunakan media pembelajaran yang bervariatif dengan yang tidak menggunakan. Dengan nilai rata-rata 39,45 kelas kontrol dan 42,79 kelas eksperimen, dengan signifikansi 0.000<0.05.References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Badriyah, lailatul. 2010. Pengaruh sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMP Bakti Mulyua 400 Pondok Pinang. Jakarta selatan
Dimitri, Karina Rahma. 2022. Pengaruh teman sebaya dan kepercayaan diri terhadap motivasi belajar (survey pada peserta didik kelas IX IPS SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Djamarah, Syaiful bahri dan Zain, Aswan. 2014. Strategi belajar mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Musfiqon. 2011. Pengembangan media & sumber pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya
Musfiqon. 2012. Pengembangan media dan sumber pembelajaran. Jakata: PT. Prestasi Pustakarya
Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2022. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo
Mohammad, Hanif. 2018. Pengaruh Pendekatan Hypnoteaching terhadap motivasi belajar siswa kelas VB MIN 1 Bantul. Jurnal Ilmu Tarbiyah
Sanjaya, Wina. 2009. Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana
Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatf dan R&D. Bandung:Alfabeta
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantiitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta
Sugiyono. 2014a. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2014b. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Putra, Nanda Lega Jaya. 2019. Pengaruh Persepsi atas Kinerja Guru dan Kinerja Kepala Sekolah terhadap Motivasi Belajar siswa dalam pelajaran PPKn. Jurnal STIKIP Kumusa Negara.
Putri, Wakhidati Nurrohmah. 2017. Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab siswa Madrasah Tsaniwiyah.
Widiansyah, Arindra Trisna, dkk. 2018. I-Invertebrata As An Android-Based Learning Media for Molluscs, ArtHropods, and Echinoderms Indentification and its Influence on student motivation. Ejurnal
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Genoveva Lise Dua Kowe
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.