IMPLIKASI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 TERHADAP PENGEMBANGAN KEMAMPUAN SUMBER DAYA MANUSIA DI PERGURUAN TINGGI

Authors

  • Arif Ismunandar Sekolah Tinggi Ilmu Syari’ah Darusy Syafa’ah Lampung Tengah
  • Ambar Prisetia Rini Politeknik Pelayaran Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27360

Keywords:

Implikasi, Era Revolusi 4.0, Sumber Daya Manusia, Perguruan Tinggi

Abstract

Di era revolusi industri 4.0 Perguruan tinggi sebagai salah satu penyelenggara pendidikan tinggi serta sebagai pusat penggembangan ilmu dan teknologi diharapkan mampu meningkatkan perannya dalam memajukan dan mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki. Penguatan dalam bidang teknologi menjadi sasaran utama dalam menghadapi era tersebut, pendidikan mulai mengontruksi ulang sistem yang sudah ada menjadi sistem yang terpusat pada teknologi. Tulisan ini memaparkan tentang adaptasi pendidikan dalam teknologi, sebagai peluang, tantangan, dan analisis strategi dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Pemaparan tulisan ini didasarkan pada analisis dari data pustaka dengan model deskriptif. Dari hasil pembahasan dapat diperoleh kesimpulan bahwa mahasiswa dan teknologi pada era revolusi industri 4.0 ini memang tidak dapat dipisahkan, dengan efek pandemi covid-19 pemenuhan kebutuhan akan teknologi dalam setiap pembelajaran mutlak diperlukan sehingga sistem pembelajaran berbasis teknologi dapat dilaksanakan. Beberapa peluang dalam penerapan teknologi sangat berarti bagi mahasiswa dalam memperoleh pengalaman pembelajaran. Sedangkan tantangan muncul dari SDM kurang memadai dalam pengaplikasian. Analisis SWOT mampu diterapkan sebagai langkah-langkah dalam mengahadapi era revolusi industri 4.0 sehingga menjadi lebih terukur dalam pengambilan langkah atau strategi.   

References

Asari, A., Arifin, A. H., Lubis, M. A., Ismunandar, A., Ashari, A., Agniya, U., Ayunda, W. A., & Pramudyo, G. N. (2023). Manajemen E-Resource. Mafy Media Literasi Indonesia.

D Meilina, R Rinovian, S Mokodenseho, M Haris., (2022), Utilization of Used Cardboard Waste As a Learning Resource to Improve Early Childhood Fine Motor Development, Bulletin of Early Childhood 1 (2), 102-109.

Edward Sallis (2006), Total Quality Management In Education (Manajemen Mutu Pendidikan), Jogjakara: IRCiSoD.

Hamdan. Industri 4.0: Pengaruh Revolusi Industri Pada Kewirausahaan Demi Kemandirian Ekonomi. Jurnal Nusamba, (3) 2 (2018): 1- 8

Hoedi Prasetyo & Wahyudi Sutopo. Industri 4.0: Telaah Klasifikasi Aspek Dan Arah Perkembangan Riset. Undip: Jurnal Teknik Industri, (13) 1 (2018): 17-26.

Hussin, A. A. (2018) Education 4.9 Made Simple: Ideas For Teaching. (International Journal of Education & Literacy Studies, 6 (3).

I Kamaruddin, AA Azis, MS Assabana, D Meilina., Improving Early Childhood Fine Motor Development Through Weaving Activities, Journal of Childhood Development 2 (1), 71-79. 2022.

Ismunandar, A., & Hasan, H. 2022. Kepemimpinan Transformasional dan Implementasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jurnal Al-Qiyam, 3(2), 214–222.

Ismunandar, Arif. 2020. "Dinamika Sosial dan Pengaruhnya terhadap Transformasi Sosial Masyarakat". Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3 (2), 205-219. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v3i2.1810.

Ismunandar, Arif. 2022. "Integrasi interkoneksi pofesionalisme pendidik dan implementasi pendidikan karakter". Ta’lim: Jurnal Agama Islam, 3 (2), 34-49. https://doi.org/10.36269/ta'lim.v4i1.751.

Kasali, Renald, Disruption “Tak Ada Yang Tak Bisa Diubah Sebelum Dihadapi Motivasi Saja Tidak Cukup”Menghadapi Lawan-Lawan Tak Kelihatan dalam Peradaban Uber, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2018.

Maria, M., Shahbodin, F., & Pee, N. C. (2016). Malaysian higher education system toward industry 4.0-Current trends overview. Proceeding of the 3 rd International Conference on Applied Science and Technology, AIP Publishing.

Nazara, D. S., Se, M. M., Casriyanti, S. P., Fauzi, H., Trianto, E., Arif Ismunandar, M. M., Raule, J. H., Kes, S. K. M. M., Syamsuddin, A. R., & Jamil, I. M. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia” Teoritis Dan Praktis”. Cv. Mitra Cendekia Media.

NS Siregar, A Julianto, A Ismunandar, Dampak Perubahan Kurikulum terhadap Buku Paket Bahasa Indonesia sebagai Kebijakan Pendidikan, Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 3 (1), 1-11. 2022.

Schwab, Klaus, (2020). The Fourth Industrial Revolution: what it means, how to respond. Disadur dari https://www.weforum.org/agenda/2016/01/ the-fourth-industrial-revolution-what-it-means-and-how-torespond, Diakses 31 Juli 2020.

Suyitno, (2019). Meningkatkan Kompetensi dan Profesionalisme Guru PAI pada Era Industri 4.0, dalam Seminar Nasional, IAIN Metro Lampung.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003, (2010). Tentang SISDIKNAS & PP. RI. Tahun 2010 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Serta Wajib Belajar, Bandung: Citra Umbara.

Downloads

Published

2024-04-14

How to Cite

Ismunandar, A. ., & Rini , A. P. . (2024). IMPLIKASI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 TERHADAP PENGEMBANGAN KEMAMPUAN SUMBER DAYA MANUSIA DI PERGURUAN TINGGI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4831–4837. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27360