AN ANALYSIS OF STUDENTS’ PROBLEMS IN SPEAKING ENGLISH OF THE THIRD SEMESTER STUDENTS OF THE ENGLISH DEPARTMENT AT NOMMENSEN HKBP UNIVERSITY, MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27282Keywords:
Masalah, Berbicara Bahasa Inggris, Kosakata, KetidakfasihanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan berbicara bahasa Inggris apa saja yang dialami oleh mahasiswa bahasa Inggris semester 3 Universitas HKBP Nommensen Medan dan mengetahui apa yang menyebabkan permasalahan berbicara bahasa Inggris tersebut terjadi. Peneliti melakukan penelitian ini pada mahasiswa semester tiga jurusan Bahasa Inggris Universitas HKBP Nommensen Medan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Objek penelitian ini adalah 20 mahasiswa semester tiga kelompok A dan kelompok B Jurusan Bahasa Inggris Universitas HKBP Nommensen Medan. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan observasi, wawancara dan juga mengirimkan kuesioner kepada partisipan. Setelah mengumpulkan data, tahap selanjutnya yang dilakukan peneliti adalah menganalisis data. Yang mana dalam menganalisis data menggunakan teori Miles dan Huberman (2014). Setelah menganalisis data, peneliti menemukan bahwa siswa jurusan Bahasa Inggris memang memiliki masalah dalam berbicara Bahasa Inggris. Dari data yang ditemukan, terdapat sekitar 85% siswa yang mempunyai kendala dalam berbicara bahasa Inggris dan mengalami kendala. Dan ada juga sekitar 80% siswa yang mengalami keterbatasan kosa kata dan karena terbatasnya penguasaan kosa kata, 50% siswa mengalami ketidaklancaran ketika ingin membentuk kalimat yang dibahas. Hal ini disebabkan karena siswa mempunyai kendala, kurangnya pengetahuan, kurangnya latihan dengan peserta lain dan karena masih menggunakan bahasa ibu dalam kehidupan dan aktivitasnya, selain itu juga merasa minder dan kurang latihan. Dari data yang diperoleh, peneliti menyimpulkan bahwa memang ada masalah dalam berbicara bahasa Inggris di kalangan mahasiswa semester tiga.References
Aguayo Torrez, M. V. (2021a). An analysis of students; difficulties in speaking English at tenth grade of SMA Swasta Nurul Iman Tanjung Morawa.
Aguayo Torrez, M. V. (2021b). An Analysis of Students’ Difficulties in Speaking English at the Third Semester Students of English Languange Education of FKIP UIR.
Bloom, N., & Reenen, J. Van. (2013). definition learner. NBER Working Papers, 2007, 89. http://www.nber.org/papers/w16019
Cendra, A. N., & Sulindra, E. (2022). Speaking Accuracy, Fluency, and Beyond: Indonesian Vocational Student's Voices. LLT Journal: Journal on Language and Language Teaching, 25(2), 379–394. https://doi.org/10.24071/llt.v25i2.4579
Fitriani, D. A., Apriliaswati, R., & Wardah. (2015). a Study on Student’S English Speaking Problems in Speaking Performance. JPPK: Journal of Equatorial Education and Learning, 4(9), 1–13.
Gan, Z. (2013). Understanding English speaking difficulties: An investigation of two Chinese populations. Journal of Multilingual and Multicultural Development, 34(3), 231-248.
Kurniati, A. K., Eliwarti, E., & Novitri, N. (2015). A study on the speaking ability of the second-year students of SMK Telkom Pekanbaru (Doctoral dissertation, Riau University).
Rahmaniah et.al (2018) Linguistic and ELT Journal "The Speaking Difficulties Encountered by Non-English Students in Language Classroom"
Sayuri (2016) “ Indonesian Journal of EFL and Linguistics”English Speaking Problems of EFL Learners of Mulawarman University”
Simarmata, R. O., & Lestari, F. D. (2023). Students’ Motivation In Learning English By Using Blended Learning SMK HKBP Pematangsiantar. Journal on Education, 5(3), 6627-6639.
Sinaga, N. W. (2022). An Analysis of Students Speaking Disfluency in Oral
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Amanda Sela Nathania Marbun, Rina Octavia Simarmata, Nenni Triana Sinaga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.