THE IMPACT OF HARD SKILLS AND SOFT SKILLS ON HKBP NOMMENSEN UNIVERSITY'S KAMPUS MENGAJAR PROGRAM PARTICIPANTS
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20381Keywords:
Kampus Mengajar, Hard Skill, Soft SkillAbstract
Kampus Mengajar merupakan bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Salah satu tujuan dari program MBKM yaitu meningkatkan kompetensi Hardskill dan Softskill. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak yang diperoleh mahasiswa peserta program Kampus Mengajar terhadap kemampuan Hardskills-Sostskills. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah kualitatif dengan pendekatan deskriptive. Data diperolah dengan melakukan survei menggunakan kuisioner online terhadap 140 mahasiswa FKIP universitas HKBP Nommensen Medan yang pernah mengikuti program Kampus Mengajar. Alat bantu yang dibuat untuk mengukur peningkatan soft skill dan hard skill mahasiswa yang mengikuti program MBKM dengan 5 indikator untuk hard skills yang dibahas dalam studi ini meliputi: (1) empati, (2) kemampuan bersosialisasi, (3) kemampuan menggunakan teknologi, (4) pemikiran kreatif dan inovatif, dan (5) kemampuan menulis dan mengadakan riset. Sementara untuk soft skill yaitu: (1) kemampuan komunikasi, (2) kemampuan menyelesaikan masalah, (3) kreativitas, (4) kemampuan menyelesaikan konflik, dan (5) kesadaran budaya lain. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan 96% keterampilan siswa dengan indikator tertinggi kreativitas dan inovasi hidup dan soft skill dengan indikator tertinggi kreativitas berpikir 96,3%.References
Adellia, R. & Himawati, I. P. (2021). Aktualisasi Peran Mahasiswa Melalui Kegiatan Kampus Mengajar di SD Muhammadiyah Lahat. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Lancang Kuning. 142-150.
Asbari, M., Purwanto, A., Ong, F., Mustikasiwi, A., Maesaroh, S., Mustofa, M., dan Andriyani, Y. 2020. Impact of Hard Skills, Soft Skills and Organizational Culture: Lecturer Innovation Competencies as Mediating. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 101-121.
Arsy, R. F. (2013). Metode Survei Deskriptif untuk Mengkaji Kemampuan Interpretasi Citra pada Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Universitas Tadulako. Jurnal Kreatif, 16(3), 62-72.
Budiningsih, I., Soehari, T., & Marlison, M. 2020. Hard Skill VS Soft skill in The Achievement of Employees in Jakarta Mass Rapid Transit (MRT) Infrastructure Project. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(02), 29-42. https://doi.org/10.34005/akademika.v9i02.895
Fuadi, T. M. (2021). Konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm): Aplikasinya Dalam Pendidikan Biologi. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Pp. 2013–2015).
Kemendikbud. (2021). Buku Saku Utama Aktivitas Mahasiswa Program Kampus Mengajar 2021.
Martina, S. E., Gultom, R., & Nababan, D. (2022). Peningkatan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Melalui Program Kampus Mengajar. Jurnal Abdimas Mutiara, 3(1), 146–151
Mahasneh, J., & Thabet, W. 2015. Rethinking Construction Curriculum: A Descriptive Cause Analysis for Soft Skills Gap. ASC Annual International Conference Proceedings, 1-8.
Rezania, V. & Rohmah, J. (2021). Student SelfDevelopment Through Kampus Mengajar Angkatan 1 Program At Sdit Madani Ekselensia Sidoarjo. JCES (Journal of Character Education Society). 4(4). 1-8
Santika, I. G. N. (2021). Grand Desain Kebijakan Strategis Pemerintah Dalam Bidang Pendidikan Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Education And Development, 9(2), 369–377.
Sinaga, Nenni Triana, et al. "Peran Mahasiswa Dalam Memotivasi Belajar Siswa/i Melalui Les Private Gratis di UPT. SD Negeri 09 Pematang Panjang Kab. Batubara." Jurnal Abdimas Mutiara 3.2 (2022): 77-82.
Sugiyono.2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung, Alfabeta.
Schulz, B. 2008. The Importance of Soft Skills: Education beyond academic knowledge.
Sulistiyani, E., Khamida, K., Soleha, U., Amalia, R., Hartatik, S., Putra, R. S., … Andini, A. (2022). Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm) Pada Fakultas Kesehatan Dan Non Kesehatan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 686–698. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V4i1.1943
Widiyono, A., Irfana, S., & Firdausa, K. (2021). Implementasi Merdeka Belajar melalui Kampus Mengajar Perintis di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 16(2), 102– 107. https://doi.org/10.17509/md.v16i2.3012
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nenni Triana Sinaga , Ivana Riris Harianja , Usman Sidabutar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.