PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN, PENGETAHUAN AKUNTANSI, DAN UKURAN USAHA TERHADAP PENERAPAN SIKLUS AKUNTANSI PADA UMKM KOTA PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27103Keywords:
Latar Belakang Pendidikan, Pengetahuan Akuntansi, Ukuran Usaha, Penerapan Siklus Akuntansi, UMKM.Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Latar Belakang Pendidikan, Pengetahuan Akuntansi dan Ukuran Usaha Terhadap Penerapan Siklus Akuntansi. Jenis yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner. Subjeknya merupakan pelaku UMKM di Kota Palembang berjumlah 100 responden dengan teknik random sampling. Adapun teknik analisis data, menggunakan SEM PLS 4 yang kemudian diolah menggunakan tools Smart PLS. Analisis data yang pertama kali digunakan dalam SEM PLS yakni pengukuran outer model, dengan melakukan uji reabilitas dan uji validitas. Kedua, dengan pengukuran inner model dengan melakukan uji T, serta melihat R- Square untuk melakukan uji hipotesis. Hasilnya menunjukkan bahwa latar belakang pendidikan memiliki pengaruh positif tidak signifikan terhadap penerapan siklus akuntansi. Pengetahuan akuntansi memiliki pengaruh positif signifikan terhadap penerapan siklus akuntansi. dan ukuran usaha memiliki pengaruh positif signifikan terhadap penerapan siklus akuntansi.References
Ari Prakoso, Y., Sinarasri, A., & Sukesti, F. (2019). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan, Pengetahuan Akuntansi Pemilik, Dan Ukuran Usaha Kecil Menengah (Ukm) Terhadap Penerapan Sak-Etap Di Kota Semarang. Maksimum, 8(3), 48. https://doi.org/10.26714/ mki.8.3.2018.48-62
Azwar, S. (2003). Sikap Manusia Teori Skala dan Pengukurannya.
Cahyanti, Q., Habriyanto, & Orinaldi, M. (2022). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pemahaman Akuntansi Dan Skala Usaha Terhadap Penerapan Penyusunan Laporan Keuangan Syariah (Studi pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kota Jambi).
Devi, P. E. S., Herawati, N. T., & Sulindawati, N. L. G. E. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pemahaman Akuntansi dan Ukuran Usaha Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pada UMKM (Studi Empiris pada UMKM di Kecamatan Buleleng). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi.
Diana, N. (2018). Financial Accounting Standards for Micro , Small & Medium Entities ( SAK EMKM ) Implementation and Factors That Affect It. JEMA: Jurnal Ilmiah Bidang Akuntansi Dan Manajemen, 2006, 134–143.
Djuniar, L., & Yeni, M. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerapan Laporan UMKM Berdasarkan SAK ETAP pada UMKM di Kota Palembang. JEMASI: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 16(1), 73–85.
Fabillah, I. H. (2020). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan, Ukuran Usaha Dan Lamanya Usaha Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Umkm Dalam Prespektif Akuntansi Syariah (Studi Pada Umkm Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung).
Firas, M., Giffary, A., & Andhaniwati, E. (2021). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan , Pengetahuan Akuntansi Dan Ukuran Usaha Terhadap Penerapan Siklus Akuntansi Pada Umkm Di Kota Tangerang Selatan ( Studi Di Kecamatan Ciputat Timur ).
Fithoriah, S., & Pranaditya, A. (2019). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pengetahuan Akuntansi, Pengalaman Usaha dan Skala Usaha Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi pada Usaha kecil menengah. 5. https://doi.org/10.30809/phe.1.2017.21
Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 23.
Lohanda, D., & Mustikawati, I. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pemahaman Akuntansi, Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Terhadap Pelaporan Keuangan UMKM. Prodi Akuntansi UNY, 1, 1–20. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ profita/article/view/13819/13344
Mubarok, A., Waskita, J., & Rahmatika, D. N. (2019). Manajemen Keuangan Aplikasi Pada Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah.
Mulyani, S. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Laporan Keuangan Pada Umkm Di Kabupaten Kudus Kata. Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis, 11(2), 137–150.
Ogearti, R. (2020). Identifikasi Kendala Pemanfaatan Microsoft Excel. Jurnal Akuntansi Profesi, 11(2), 339–350.
Purwaningsih, S. D. (2018). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman umkm dakam penyusunan laporan keuangan berdasarkan SAK ETAP Pada UMKM Di Desa Wisata Manding, 55, 1–95.
Rejeki, SE., Ak., M.Ak., H. D., & Julyanda, I. (2018). Pengaruh Jenjang Pendidikan, Ukuran Usaha, Lama Usaha Dan Latar Belakang Pendidikan Atas Penggunaan Informasi Akuntansi Terhadap Keberhasilan Usaha (Studi Kasus pada UKM di PIK Pulogadung). Jurnal Akuntansi Dan Bisnis Krisnadwipayana, 5(1). https://doi.org/10.35137/jabk. v5i1.179
Sartika, D., Tan, F., & Warokka, A. (2021). Development of Financial Technology (Fintech) in Indonesia and Its Affecting Factors. 5(4), 469–483. http://journalppw.com
Sholeh, M. A., Maslicha, & Sudaryanti, D. (2020). Pengaruh Kualitas SDM, Ukuran Usaha Dan Lama Usaha Terhadap Pemahaman UMKM Dalam Menyusun Laporan Keuangan Berdasarkan SAK EMKM. Jurnal Ilmiah Riset, 09(02), 47–57. http://riset.unisma. ac.id/index.php/jra/article/view/8417
Suastini, K. E., & Dianita, P. E. (2019). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia dan Ukuran usaha Terhadap Pemahaman UMKM Dalam Menyusun Laporan Keuangan Berdasarkan SAK EMKM (Studi Kasus pada UMKM di Kecamatan Buleleng.
Sulistyawati, S. A. (2020). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Latar Belakang, Pemberian Informasi dan Sosialisasi terhadap Pemahaman UMKM Dalam Menyusun Laporan Keuangan Berdasarkan SAK EMKM (Studi Kasus Pada Usaha Kecil Kabupaten Tegal). Universitas Panca Sakti Tegal, 154. https://core.ac.uk/download/pdf/335075092.pdf
Sunaryo, D., Dadang, D., & Erdawati, L. (2021). Pengaruh Persepsi Pelaku Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Tentang Akuntansi, Pengetahuan Akuntansi, Dan Skala Usaha Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi. COMPETITIVE Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 5(1), 47. https://doi.org/10.31000/competitive.v5i1.4049
Wijaya, D. (2018). Akuntansi UMKM. (Cetakan I). Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Yuliana, D., & Supriono. (2017). Analisis Penerapan Siklus Akuntansi Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kabupaten Purworejo. 51–69.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Puja Ayu Lestari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.