PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN REVISI TEMAN SEBAYA (PEER EDITING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SURAT RESMI PADA SISWA KELAS VII SMP AL MUKMIN TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27097Keywords:
Menulis, Surat Resmi, Peer Editing.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kemampuan menulis surat resmi siswa kelas VII SMP Al Mukmin sebelum dan sesudah menggunakan teknik pemebelajaran Revisi Teman Sebaya (Peer Editing), (2) Untuk menjelaskan pengaruh teknik pembelajaran Revisi Teman Sebaya (Peer Editing) terhadap kemampuan menulis resmi siswa kelas VII SMP Al Mukmin. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan desain penelitian one group Pre-test post-test design. Jumlah populasi yang digunakan seluruh siswa kelas VII dengan jumlah 60 orang dan sampel kelas VII-1 yang berjumlah 30 orang. Teknik analisis data yang gunakan adalah kuantitatif dengan menguji persyaratan analisis, uji normalitas, uji homogenitas, serta uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil rata-rata keterampilan menulis surat resmi siswa sebelum menggunakan teknik Peer Editing memiliki skor sebesar 68,3 yang terkategori kurang baik. Sedangkan hasil diperoleh siswa setelah menggunakan teknik Peer Editing yaitu 88,1 dan terkategori baik. Berdasarkan hasil uji t pada taraf signifikan ? = 0,05 diperoleh nilai ttabel = 2,04 dan hasil thitung = 12. Maka, thitung > ttabel yakni 12 > 2,04, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik pembelajaran Revisi Teman Sebaya (Peer Editing) berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis Surat Resmi pada siswa kelas VII SMP Al Mukmin.References
Barkley, E. E., Cross, K. P., & Major, C. H. (2012). Collaborative Learning Techniques. Bandung: Nusamedia.
Dawanty, E. D. (2019). Pengaruh Teknik Pembelajaran Peer Editing Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 52 Palembang. Palembang: Universitas Sriwijaya.
Harahap, Syarif Muda. (2021). Peningkatan Kemampuan Siswa dalam Menulis Surat Resmi dengan Teknik 3M (Mengamati, Meniru, dan Menambahi) di SMA Negeri 6 Padangsidimpuan." Jurnal Estupro 6(3) (2021): 44-52.
Lubis, M. J., Lubis, M., & Naelofaria, S. (2021). SIPDA SMA Negeri 4 Medan: The Development of Integrated Online Learning Platform. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(4), 7479-7487.
https://doi.org/10.33258/birci.v4i4.2663
Mitaviana, A. G., Sumarwati, S., & Sayekti, W. P. (2023, August). Keterampilan Menulis Surat Resmi Melalui Project Based Learning dan Circ siswa kelas VII SMP. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia (Vol. 1, No. 1).
Muslihah, N. N., & Nia, N. (2018). Penerapan Teknik Peer Editing terhadap Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Kelas X MA Mazroillah Lubuklinggau dalam Menyunting Teks Prosedur Kompleks. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 1(2), 202-211.
https://doi.org/10.31539/kibasp.v1i2.275
Nia, N. (2021). Kemampuan Menyunting Teks Prosedur Kompleks Menggunakan Teknik Peer Editing Siswa Kelas X. Literatur: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran, 2(1), 42-49.
https://doi.org/10.31539/literatur.v2i1.3121
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukirman, S. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 72–81. Retrieved from https://www.p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/42
Utami, S. P. T. (2022). Peningkatan Keterampilan Menyunting Cerita Pendek dengan Teknik Peer Editing Menggunakan Media Google Docs pada Peserta Didik Kelas XI IBB MAN Temanggung. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(2), 320-327.
https://doi.org/10.31943/bi.v7i2.219
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Teguh Karyadi Yamamoni Waruwu, M. Joharis Lubis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.