EXPLORATION OF NEW LEARNING MEDIA: CANVA AS A MEDIUM FOR BRAND LOGO DESIGN FOR VOCATIONAL STUDENTS
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27084Keywords:
Canva, Media Pembelajaran, Desain Logo Merek, Integrasi Kurikulum dan Keterampilan Desain GrafisAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan pandangan yang lebih mendalam tentang potensi Canva dalam meningkatkan keterampilan desain grafis siswa SMK dan mengeksplorasi kemungkinan integrasi Canva ke dalam kurikulum pembelajaran.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Participatory Action Research (PAR). PAR merupakan pendekatan penelitian kolaboratif yang melibatkan partisipasi aktif dari para subjek penelitian, dalam hal ini siswa kelas 12 SMK PGRI 2 Lahat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Canva sebagai media pembelajaran desain logo merek bagi siswa SMK efektif dan menarik. Integrasi Canva dalam kurikulum meningkatkan keterampilan desain kreatif dan teknis siswa. Respons siswa terhadap penggunaan Canva positif, dengan antarmuka yang ramah pengguna dan kemampuan untuk membuat konten visual yang terlihat profesional. Penelitian ini menggarisbawahi potensi Canva dalam meningkatkan keterampilan desain grafis dan merekomendasikan integrasinya dalam kurikulum pembelajaran.Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Canva sebagai media pembelajaran desain logo merek memiliki potensi besar dalam meningkatkan keterampilan siswa SMK. Oleh karena itu, disarankan agar Canva diintegrasikan secara lebih luas dalam kurikulum pembelajaran di SMK. Selain itu, perlu dilakukan pelatihan dan pendampingan bagi pendidik untuk memaksimalkan penggunaan Canva dan memfasilitasi pembelajaran yang interaktif dan kreatif.References
Afifulloh, M. and Sulistiono, M. (2023). Penguatan literasi digital melalui pembuatan media pembelajaran audio visual. Wikrama Parahita Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(2), 211-216.
Anintyawati, R. and Masithoh, D. (2022). Pelatihan media pembelajaran canva sebagai pendukung program digitalisasi di mts. assalafiyyah mlangi yogyakarta. Darma Diksani Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2), 117-125.
Ansari, J. and Khan, N. (2020). Exploring the role of social media in collaborative learning the new domain of learning. Smart Learning Environments, 7(1).
Bakri, N. F., Simaremare, E. S., Lingga, I. S., Susilowaty, R. A., Farmasi, J., Matematika, F., Alam, P., & Cenderawasih, U. (2021). Jurnal Ilmiah Pro Guru , Vol . 7 No . 1 , Januari 2021 ISSN?: 2442 – 2525 , E _ ISSN?: 2721-7906 PELATIHAN PEMBUATAN MATERI PRESENTASI DAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA KEPADA GURU DI KOTA MEDAN DAN JAYAPURA SECARA ONLINE Jurnal Ilmiah Pro. 7(1), 1–10
Churiyah, M., Basuki, A., Dharma, B., Filianti, F., & Sakdiyyah, D. (2022). Canva for education as a learning tool for center of excellence vocational school (smk pusat keunggulan) program to prepare competitive graduates in the field of creative skills in the digital age. International Journal of Community Service & Engagement, 3(1), 34-42.
Citradevi, C. (2023). Canva sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran ipa: seberapa efektif? sebuah studi literatur. Ideguru Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 270-275.
DÜNDAR, E. (2023). A techno-innovative approach to visual communication design in geography teaching: canva. Sosyal Bilimler Ve E?itim Dergisi, 6(2), 212-233.
Hinchcliff, M. and Mehmet, M. (2023). Embedding canva into the marketing classroom: a dialogic and social learning approach to classroom innovation. Higher Education Skills and Work-Based Learning, 13(6), 1174-1186. https://doi.org/10.1108/heswbl-11-2022-0230
Imron, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Min Kudus. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(2), 152–163.
Ishlahiyah, M., Furaida, A., & Latifah, N. (2021). Online course application: the strategies in boosting students’ engagement..
Jalinus, N., Syahril, S., Haq, S., & Kassymova, G. (2023). Work-based learning for the engineering field in vocational education: understanding concepts, principles and best practices. Journal of Engineering Researcher and Lecturer, 2(1), 9-17.
Kurniawan, D. and Saragih, A. (2016). Pengembangan bahan pembelajaran media interaktif pada mata pelajaran ppkn. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 3(1).
Liu, X., Dohler, M., & Deng, Y. (2020). Vibrotactile quality assessment: hybrid metric design based on snr and ssim. Ieee Transactions on Multimedia, 22(4), 921-933.
Lucena, F., Belmonte, J., Cabrera, A., Torres, J., & Sánchez, S. (2019). Academic effects of the use of flipped learning in physical education. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(1), 276.
Markowska, M. and Wiklund, J. (2020). Entrepreneurial learning under uncertainty: exploring the role of self-efficacy and perceived complexity. Entrepreneurship and Regional Development, 32(7-8), 606-628.
Meyer, R., Höllerer, M., Jancsary, D., & Leeuwen, T. (2013). The visual dimension in organizing, organization, and organization research: core ideas, current developments, and promising avenues. Academy of Management Annals, 7(1), 489-555.
Mo, H. and Yan, X. (2021). Problems and countermeasures of cultivating autonomous english learning ability in vocational colleges based on informationization. Journal of Contemporary Educational Research, 5(6), 1-7.
Mudinillah, A. and Isnain, D. (2022). Pemanfaatan aplikasi canva untuk meningkatkan penguasaan mufradat dalam pembelajaran bahasa arab siswa kelas iii madrasah ibtidaiyah. J. Inf. Tekn. Pend., 1(2), 55-65.
Naparin, H. and Saad, A. (2017). Infographics in education : review on infographics design. The International Journal of Multimedia &Amp; Its Applications, 9(4/5/6), 15-24.
Narva, A., Norton, J., & Boulware, L. (2016). Educating patients about ckd. Clinical Journal of the American Society of Nephrology, 11(4), 694-703. https://doi.org/10.2215/cjn.07680715
Nicolaou, C., Matsiola, M., & Kalliris, G. (2019). Technology-enhanced learning and teaching methodologies through audiovisual media. Education Sciences, 9(3), 196.
Nurhisam, L. (2017). Implementasi pendidikan karakter sebagai solusi dekadensi moral anak bangsa. Elementary, 5(1), 110-131.
Perelmutter, B., McGregor, K., & Gordon, K. (2017). Assistive technology interventions for adolescents and adults with learning disabilities: an evidence-based systematic review and meta-analysis. Computers & Education, 114, 139-163. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2017.06.005
Pinilla, S., Nicolai, L., Gradel, M., Pander, T., Fischer, M., Borch, P., … & Dimitriadis, K. (2015). Undergraduate medical students using facebook as a peer-mentoring platform: a mixed-methods study. Jmir Medical Education, 1(2), e12.
Rahmawati, F. and Atmojo, I. (2021). Analisis media digital video pembelajaran abad 21 menggunakan aplikasi canva pada pembelajaran ipa. Jurnal Basicedu, 5(6), 6271-6279.
Sari, D., Sukmawati, R., Pamuji, R., Hidayat, F., Suryandari, T., Ramadhan, C., … & Arifah, N. (2022). Implementasi canva untuk pengembangan media pembelajaran interaktif bagi mgmp matematika. Bubungan Tinggi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 1491.
Tzima, S., Styliaras, G., & Bassounas, A. (2019). Augmented reality applications in education: teachers point of view. Education Sciences, 9(2), 99. https://doi.org/10.3390/educsci9020099
Wiyono, H., Firmansyah, H., Ramadhan, I., Adlika, N., Purnama, S., Budiman, J., … & Febrianti, U. (2023). Pelatihan pengembangan media pembelajaran berbasis canva bagi guru mgmp ips kabupaten mempawah. Abdimas Galuh, 5(1), 183.
Zhou, Q. and Lee, C. (2017). Using social media in formal learning: investigating learning strategies and satisfaction. Proceedings of the Association for Information Science and Technology, 54(1), 472-482. https://doi.org/10.1002/pra2.2017.14505401051
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nina Dwi Putriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.