EFEKTIVITAS PLATFORM MEDIA SOSIAL SEBAGAI LANGKAH STRATEGI DIGITAL MARKETING RUMAH SAKIT HERMINA GALAXY

Authors

  • Sharen Agatha Josephine Universitas Indonesia
  • Angestika Wilandari Universitas Bina Sarana Informatika
  • Viani Naufalia Universitas Bina Sarana Informatika
  • Vicky Windasari Universitas Bina Sarana Informatika
  • Moehammad Shadiq Helmy Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26628

Keywords:

Strategi, Digital Marketing, Efektivitas, Media Sosial, Respon Konten

Abstract

Efektivitas strategi Digital Marketing terkadang perlu dianalisis untuk menentukan strategi apa yang lebih tepat ke depan dilakukan oleh Rumah Sakit Hermina Galaxy. Tiga platform media sosial telah coba diadaptasikan ke dalam strategi kebijakan yaitu penggunaan Instagram, TikTok, serta Website resmi rumah sakit. Respon yang berbeda-beda oleh konsumen atau pasien didapati oleh rumah sakit dengan melihat Laporan Wasdal (Pengawasan dan Pengendalian) Digital Marketing oleh Rumah Sakit Hermina Galaxy. Data penelitian yang berhasil diberikan sesuai dengan izin dari rumah sakit yaitu bulan Januari-Maret 2023 menunjukkan hasil peringkat masing-masing media sosial. Respon yang dianalisis adalah kualitas respon konten untuk masing-masing platform. Hasil menujukkan urutan strategi yang dianggap efektif adalah melalui Instagram, TikTok, dan terakhir website resmi rumah sakit. Meskipun dianggap paling efektif namun kualitas respon konten di media Instagram masih di bawah standar yang seharusnya

References

Ariesanti, W., Indrawati, L., Andarusito, N., & Dumesty, R. (2023). Analisis Efektivitas Strategi Pemasaran Terhadap Peluang Penggunaan Metoda Pemasaran Digital RACE (Reach, Act, Convert, Engage) di RSUD Tamansari Tahun 2023. Jurnal Manajemen Dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI), 7(4), 409–418. https://doi.org/10.52643/marsi.v7i4.3570

Beno, J., Silen, A. P., & Yanti, M. (2022). Dampak Pandemi Covid-19 Pada Kegiatan Ekspor Impor (Studi Pada PT. Pelabuhan Indonesia II (PERSERO) Cabang Teluk Bayur). Jurnal Saintek Maritim, 22(2), 117–126.

Burhan, L., & Sulistiadi, W. (2022). Optimalisasi Strategi Digital Marketing Bagi Rumah Sakit. Branding: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 17–23. https://doi.org/10.15575/jb.v1i1.17202

Dan, E. E., Universitas, B., Wilandari, A., & Windasari, V. (2022). ANALISIS BAURAN PEMASARAN 7P TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. 11(05), 615–628.

Dewi, R., Anisa, R., & Yustikasari, Y. (2022). Pengelolaan Media Sosial Oleh Humas Rumah Sakit Pandega Pangandaran Dalam Menyampaikan Informasi Kesehatan. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO?: Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 7(2), 249. https://doi.org/10.52423/jikuho.v7i2.24576

Fauzia, F. H., Wijaya, S., & Eldjuana, D. (2023). Optimalisasi Website Rumah Sakit Primasatya Husada Citra (PHC) Surabaya sebagai Media Informasi dan Promosi. Jurnal Manajemen Riset Dan Teknologi, 5(1), 40–55.

Insani, R. V., & Nurdan, J. H. (2022). Analisis Penggunaan Media Sosial Dalam Strategi Pemasaran Rumah Sakit. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(1), 302–308.

Istiqomah, N., & Hidayat, A. (2021). Sistem Informasi Website Sebagai Media Promosi Dan Sarana Informasi Pada Rumah Sakit Mardi Waluyo Metro. Jurnal Mahasiswa Sistem Informasi (JMSI), 3(1), 19–26. https://doi.org/10.24127/jmsi.v3i1.1687

Laksmi Jaya, D., & Andriani, H. (2023). Efektivitas Penerapan Teknologi Digital Marketing Di Pelayanan Kesehatan (Literature Review). BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 6(1), 162–168.

Purnomo, J., & Febri Mustika, I. (2021). Penggunaan Sosial Media Sebagai Strategi Marketing Rumah Sakit. Jurnal Medika Indonesia, 2(2), 1–7.

Rozi, F., Irma, & Maulidiya, D. (2022). Analisis perubahan inflasi beberapa kota besar di indonesia dengan menggunakan uji Kruskal-Wallis. Multi Proximity: Jurnal Statistika Universitas Jambi, 1(2), 103–115.

Tri Wijayati, A., Drea, A., Arinahaq, Kusumasari, F., Selvia, R., & Rovels. (2020). Penggunaan Media Sosial di Rumah Sakit: A Systematic Review. Jurnal ARSI, 6(3), 130–139.

Vionita, L., & Prayoga, D. (2022). Efektivitas Media Sosial Instagram Milik Rumah Sakit di Kabupaten Serang Dalam Promosi Kesehatan COVID-19. Media Gizi Kesmas, 11(2), 437–444. https://doi.org/10.20473/mgk.v11i2.2022.437-444

Zayyan, S., & Saino. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Promosi Dan Trend Glow Up Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan. Jurnal Manajemen, Vol 13(No 2), 282–291.

Downloads

Published

2024-03-25

How to Cite

Josephine, S. A., Wilandari, A., Naufalia, V. ., Windasari, V. ., & Helmy, M. S. . (2024). EFEKTIVITAS PLATFORM MEDIA SOSIAL SEBAGAI LANGKAH STRATEGI DIGITAL MARKETING RUMAH SAKIT HERMINA GALAXY. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4102–4108. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26628