ANALYZING THE ROLE PLAY TECHNIQUES IMPROVING STUDENTS SPEAKING COMPETENCE
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26521Keywords:
Keterampilan Siswa Berbicara, Teknik Permainan Peran,QualitativeAbstract
Tujuan penulisan karya ini yaitu menganalisis teknik role play meningkatkan kompetensi berbicara siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang fenomena sosial di kalangan siswa kelas sebelas. Dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan pemeriksaan dokumen, peneliti mengumpulkan data dari 26 siswa di MA Plus Al-Mashduqiah, Kraksaan, Probolinggo. Analisis data menggunakan tiga metode: telaah dokumen, wawancara, dan observasi, mengikuti tiga tahap proses reduksi data, penyajian data, serta penyusunan kesimpulan dan verifikasi yang dilakukan Sugiyono, yang bertujuan untuk memperdalam pemahaman, bukan menentukan kebenaran mutlak. Hasil karya ini yaitu penggunaan teknik permainan peran dalam pembelajaran berbicara di Al-Mashduqiah mencerminkan kesesuaian dengan teori pembelajaran berbicara yang menekankan pentingnya praktik intensif dan penggunaan metode interaktif. Dengan membagi kelas menjadi kelompok berdasarkan kemampuan dan memberikan skenario kepada siswa, guru menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung pemahaman cerita dan latihan berbicara dalam bahasa Inggris. Integrasi praktik berbicara dalam permainan peran dengan penekanan pada pemahaman cerita memperkuat efektivitas teknik tersebut dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa secara menyeluruh. Namun, tantangan seperti keterbatasan ruang dan ketidaknyamanan siswa dalam mengambil peran perlu diatasi untuk implementasi yang optimal. Keseluruhan, praktik ini sejalan dengan prinsip-prinsip teori dan memberikan contoh konkret tentang bagaimana teori dapat diimplementasikan secara efektif dalam pembelajaran bahasa Inggris.References
Bachtiar S. Bachri, meyakinkan-validitas-data-melalui-triangulasi-pada-penelitian kualitatif, Vol. 10, No. 1, (April 2010):
Asriyani, R., Suryawati, D. A., & Anggayana, I. W. A. (2019). Penerapan Teknik Role Play dalam Meningkatkan Kompetensi Berbicara Bahasa Inggris Siswa Kelas Sebelas Terhadap Keanekaragaman Personality Types di SMK Pariwisata Triatma Jaya Badung. LITERA: Jurnal Litera Bahasa Dan Sastra, 5(2).
Dewantara, K. A. K. (2023). Type Analysis of Speaking Performance Assessment Task in English for Nusantara Textbook. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Undiksha, 11(1), 62–69. https://doi.org/10.23887/jpbi.v11i1.64928
Dewi, A. A. I. K. (2020). Meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui model pembelajaran role playing berbantuan media audio visual. Mimbar Ilmu, 25(3), 449–459.
Fathoni, T. (2024). Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Melalui Metode Demonstrasi Dalam Materi Thaharah BAB Wudhu Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Klego Mrican Ponorogo Tahun 2023. Muaddib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(01), 42–52.
Fauzan, A. A. (2019). Optimization of English Speaking Skill and English Grammatical Competence of Second Semester College Students in English Literature of Bung Hatta University Through Role-play Technique: Classroom Action Research of English As Foreign Language. KnE Social Sciences, 402–417.
Ferdiyanto, F., & Kholili, A. (2022). Developing Supplementary Speaking Material for Eighth Grade Students. Journal of English Language Teaching and Cultural Studies, 5(2), 138–149.
Ferdiyanto, F., & Suciati, A. S. (2023). f Studentsâ€TM Inhibition In Speaking English Performance. Teaching English as Foreign Language, Literature and Linguistics, 3(1), 84–94.
Hamdani, B., Zuhri, M. D., Hotimah, H., & Ramadani, T. (2022). Engaging English Vocabulary Through Digital Storytelling Across Efl Young Learners. The Ellite of Unira, 5(1), 22–31.
Islam, R. (2023a). Parents’perception And Involvement Toward English For Young Learners In Rustic Area. At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan, 9(2), 136–149.
Islam, R. (2023b). Teaching Material and Method toward English Students at Vocational High School. Journal of English Language Teaching and Cultural Studies, 6(2), 167–175.
Kaharuddin, K., & Rahmadana, A. (2020). Problem-Based Group Discussion: an Effective Elt Technique To Improve Vocational High School Students’ Transactional Speaking Skills. Jurnal Ilmu Budaya, 8(2), 247–258. https://doi.org/10.34050/jib.v8i2.11032
Katemba, C. V, & Grace, R. M. (2023). Role-Playing Improves Speaking Proficiency Skills. Acuity: Journal of English Language Pedagogy, Literature, and Culture, 8(2), 244–268. https://doi.org/10.35974/acuity.v8i2.3153
Lake, R., Siahaan, D. G., & Kamlasi, I. (2022). Improving students’ speaking ability by using role play of the second year student at SMP Negeri Satap Nian in academic school year 2021/2022. Lead, 2(1), 48–66.
Lestari, E. I. S. (2022). Using role play technique and cue cards media to teach speaking for the eighth grade students of SMPN 13 Madiun. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASDRA), 1(3), 741–750.
Masturoh, I., & Anggita, N. (2018). Improving Speaking Performance Through Role Play At The Eighth Grade Students Of Smpn 5 Tenggarong. 3(September), 12–24.
Mustika, N., & Lestari, R. (2020). Metode bermain peran dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris mahasiswa STIKES Perintis Padang. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 202–209.
Negara, I. M. (2021). Literature Review: Why Using Roleplay Method in Teaching Speaking? Jurnal Ilmiah Spectral, 7(1), 001–010. https://doi.org/10.47255/spectral.v7i1.68
Noermalita, H., & Nurkhamidah, N. (2023). Teachers’ Strategies in Teaching Speaking in Post-Pandemic. PEDAGOGIC: Indonesian Journal of Science Education and Technology, 2(1), 01–12. https://doi.org/10.54373/ijset.v2i1.100
Risqiyah, A., Wisudaningsih, E. T., & Fatmawati, R. (2023). A Narrative Inquiry of Student’s Public Speaking Ability by Bilingual (English & Arabic) at Boarding School of the Al-Mashduqiyah Kraksaan. Jurnal Simki Pedagogia, 6(2), 545–553.
Setiawan Toedje1, C., Moningkey2, D., Maroso, S., & Author, C. (2023). Analyzing Students’ Ability in Using Drama to Enhance Language Competence. Sintuwu Maroso Journal of English Teaching (SintuwumarosoJET), 8(2).
Setyawati, N. (2019). Improving Confidence And English Language Speaking Skills Using Role Play Technique With Talk Show For 8th Grade Students; A Case Study Smp N 1 Karanggeneng Lamongan. Edulitics (Education, Literature, and Linguistic) Journal, 4(1), 38–45.
Silaban, R. (2022). The Effect Of Role Play Method To Improve Students ’ Speaking Skill For Nursing Study Program At First. 11(2).
Sinaga, A., & Pasaribu, A. N. (2019). The Effect of Role Play and Simulation Techniques in Teaching Speaking on Nursing Students’Speaking Ability. Jurnal Ilmiah …, 3(2), 1–6.
Sirait et. al., 2020. (2019). The Effect of Role-Play and Brainstorming Technique on Students’ Speaking Achievement Sihardo. The Journal of Economics and Finance of Education, 28(4), 51–81.
Soraya, A., Sofian, & Salam, U. (2018). Improving Students’ Speaking Skill Through Role Play Technique on Eleventh Grade Students. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 7.
Teaching, E. L. (2020). Journal of. 2(2019), 36–48.
Warsono. (2019). Volume I | Number 1 | February 2016. The Use of In Formation Gap Techiques to Improve Speaking Skill, I(1), 76–102.
Yudi, W., & Fathoni, T. (2024). Peningkatan Kemampuan Membaca Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas Satu SDN 4 Mrayan Tahun Pelajaran 2023-2024. Muaddib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(01), 65–72.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Moh Iqbal Kholili, Endah Tri Wisudaningsih, Raudatul Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.