PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN MATERI RANGKAIAN SERI DAN PARALEL KELAS VI SD

Authors

  • Yuyun Harbis Studyawati Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Studyawati Studyawati Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Fajar Setiawan Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26371

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Proyek, Rangkaian Seri Dan Paralel

Abstract

Tujuan penulisan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap pemahaman materi Rangkaian Seri dan Paralel di Kelas VI SD. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan pre-experimental design dengan tipe one group pretest-posttest. Variable yang digunakan adalah Project Based Learning dan materi rangkaian listrik seri dan Paralel sesuai KD 3.5. Instrument yang dipakai adalah one group pretest-posttest. Dalam penelitian ini menunjukkan jika setelah melakukan Praktikum Rangkaian Seri dan Paralel di kelas VI Cendikia SD Muhammadiyah 24 Surabaya dengan sampel sebanyak 24 anak, ditemukan adanya peningkatan pemahaman peserta didik dalam memahami materi rangkaian seri dan paralel yang ditinjau dari nilai gain ternormalisasi. Peningkatan pemahaman dalam hasil belajar yang diperoleh peserta didik pada pembelajaran dengan cara melakukan praktikum rangkaian seri dan paralel ini menjadi suatu cara yang lebih efektif dan menyenangkan dalam mencapai tujuan pembelajaran sesuai Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar.

References

Anugrah, dan Akbar. 2021. Pengembangan Alat Simulasi Rangkaian Listrik Dasar.

Farizki, dkk. Aplikasi Pembelajaran Rangkaian Listrik Sederhana Berbasis Android.

Barrows, H.S. dan Tamblyn, R.M. (2001). Problem Based Learning An Approach to Medical Education Springer series on medical education. New York: Springer Publishing Company, Inc.

Ismunandar, Marsih, I.N., dan Padri I.M. 2015. ILMU PENGETAHUAN ALAM IX SEMESTER 1. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Kanza, N. R. F., Lesmono, A. D., & Widodo, H. M. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Model Project Based Learning Dengan Pendekatan Stem Pada Pembelajaran Fisika Materi Elastisitas Di Kelas Xi Mipa 5 Sma Negeri 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(2), 71. https://doi.org/10.19184/jpf.v9i1.17955

Naila, I., Jatmiko, B., & Sudibyo, E. (2019). Developing Entrepreneurship-Oriented Project-Based Learning Devices to Improve Elementary School Students’ Collaboration Skills. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 4(8), 412–416.

Naila, I., Ridlwan, M., & Haq, M. A. (2021). Literasi Digital bagi Guru dan Siswa Sekolah Dasar: Analisis Konten dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 7(2), 166–122. https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n2.p166-122

Natty, R. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1082–1092. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.262

Nurul’Azizah, A. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Project Based Learning Siswa Kelas V SD. Jartika, 2(1), 194–204.

Mursid Rosidi (2019). Penggunaan Media Konkret Pada Pemahaman Konsep Bagian Tumbuhan Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IIIC. Jurnal Pendidikan

Sekolah Dasar. 12 (1), 63-68.

Prima, dan Kurniawati. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Inkuiri untuk Meningkatakan Ketrampilan Proses Sain dan Penguasaan Elastisitas pada Siswa SMA.

R. Aprialis. 2002. Peningkatan Belajar IPA Peserta Didik Rangkaian Sederhana Melalui Metode Diskusi di SD Negeri 122/X Sungai Beras Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022/2023

Soimah. 2018. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cetakan Ke). ALABETA, cv.

Paris, S. dkk. (2021). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Kooperatif dengan Pendekatan Eksperimen pada Pembelajaran IPA di Kelas V SD Inpres Bangkala II Kota Makassar. Bina Gogik: Jurnal …, 8(1), 101–108. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/637

Sumarni, I. (2020). Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ipa Tentang Sifat-Sifat Cahaya Di Kelas V a Semester Ii Bagi Siswa Sd Negeri Bantarkemang 1 Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1).

Ünlü, Zeynep Koyunlu, 2011, The Effect of Combining Analogy-Based Simulation and Laboratory Activities on Turkish Elementary School Students’ Understanding of Simple Electric Circuits

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wini K., Fransiska S. dan Irene M.J.A, pada buku Tematik Terpadu Tema Tokoh dan Penemuan 6c, penerbit Erlangga, 2018.

Downloads

Published

2024-03-07

How to Cite

Studyawati, Y. H. ., Studyawati, S., & Setiawan, F. . (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN MATERI RANGKAIAN SERI DAN PARALEL KELAS VI SD. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 3285–3294. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26371

Similar Articles

<< < 45 46 47 48 49 50 51 52 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.