PENGEMBANGAN SILABUS UNTUK BUKU PELAJARAN TINGKAT 1A WISMA BAHASA : UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25935Keywords:
Pembelajaran Bahasa Indonesia ,Pengembangan Silabus.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan silabus yang sesuai dengan karakteristik siswa di Wisma Bahasa dan mempertimbangkan kebutuhan bahasa yang dinamis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan desain Research and Development (R&D), menggunakan model ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi). Kajian tersebut meliputi penyusunan pedoman wawancara dan kuesioner untuk analisis kebutuhan, perancangan rancangan silabus, validasi dan revisisilabus, serta keterlibatan peserta berkualitas yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu. Instrumen yang digunakan antara lain wawancara, observasi, dan kuisioner untuk memastikan validitas dan reliabilitas data. Pengembangan silabus mendapat tanggapan positif dari evaluator dan instruktur senior, yang menunjukkan pentingnya silabus terstruktur dalam meningkatkan konsistensi dan efektivitas pembelajaran. pembelajaran bahasa di Wisma Bahasa. Silabus ini memberikan panduan yang jelas bagi guru dan siswa, memastikan konsistensi, relevansi, dan pencapaian tujuan pembelajaran. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya silabus terstruktur dalam meningkatkan kualitas dan efektivitas pembelajaran bahasa Indonesia di Wisma Bahasa. Pendistribusian silabus akan menjadi langkah awal yang penting untuk memastikan silabus dapat diakses oleh seluruh pemangku kepentingan yang terlibat dalam proses pembelajaranReferences
Kurniasi,K& Sani., B. (2014) Implementasi Kurikulum 2013 : Konsep & Penerapan, Surabaya: Kata Pena. Hlm 26
Laksana Nindya.(2019) Pengembangan modul pembelajaran Pediccure pada mata kuliah PTK untuk meningkatkan pengetahuan mahasiwa UNJ. Jurnal Edusaintek vol. 3
Mulyasa, E, H, (2018). Impelementasi Kurikulum 2013 Revisi, Jakarta: Sinar Grafika Offset. Hlm 316 Sugiyono. (2016) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung Alfabeta. Hlm 297 Sagala, S . (2008). Silabus sebagai landasan pelaksanaan dan pengembangan pembelajaran bagi guru yang profesional. Jurnal Tabularasa, 5(1), 11-22.
Utomo,Widodo,Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian B.Indonesia,2003, Jawa Timur : Dinas pendidikan dan kebudayaan 2003
Widyorini, M. D., & Septiadi, H. N. (2018). Pembelajaran Keterampilan Berbicara Pemelajar Bahasa
Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di Wisma Bahasa Yogyakarta. Seminar Nasional Kajian Bahasa, dan Pengajarannya (SEMNAS KBSP) V 2018.
Buku Pelatihan Bahasa Indonesia 1A WISMA BAHASA
View of Pengembangan silabus Student Day Tata Rias menggunakan model pembelajaran kontekstual di
SMA Plus PGRI Cibinong. (n.d.).
Perkembangan peserta didik. (n.d.). Google Books.
Nasional, P. (2006). Pengembangan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Naomi Teresia Br. Simbolon
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.