ANALISA KEMAMPUAN BACA ALQUR’AN MAHASISWA DI SALAH SATU PERGURUAN TINGGI PEKANBARU

Authors

  • Riski Alwi Universitas Abdurrab
  • Rizal Effendi Putra Universitas Abdurrab
  • Suci Oktavia Ramadhani Universitas Abdurrab

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25571

Keywords:

Analisa, Kemampuan, baca Al-Qur’an, Mahasiswa Abdurrab.

Abstract

Al-Qur’an adalah Kalamullah yang diturunkan kepada Sayyidina Muhammad Shallallahu alaihi wasallam melalui perantara malaikat Jibril dalam berbahasa Arab, dikarenakan al-Qur’an diturunkan berbahasa arablah sebagian ummat Islam yang non arab sulit untuk melafalkan setiap hurufnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai kemampuan membaca Al-Qur’an mahasiswa Univesitas Abdurrab. Hasil penelitian ini akan dipublikasikan pada Jurnal Hukum Islam sebagai luaran utama. Hasil penelitian ini juga ditargetkan untuk diseminarkan pada Seminar Nasional Universitas Abdurrab. Rancangan yang digunakan dalam meneliti yaitu pendekatan kuantitatif. Pendekatan ini menggunakan teknik sampling aksidental. Data penelitian diperoleh melalui observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan data lapangan bacaan Al-Qur’an, dari 12 Prodi pada semester 1 dan semester 3 tahun 2022 di Universitas Abdurrab ditemukan bahwa Prodi Kebidanan memiliki rata-rata yang baik dibandingkan prodi yang lainnya, dari pendataan tersebut sebanyak 89% Mahasiswa di Prodi Kebidanan dinyatakan mampu membaca Al-Qur’an dengan baik berdasarkan tajwid. Namun secara keseluruhan dari 12 prodi tersebut memiliki rata-rata yang rendah dalam membaca Al-Qur’an berdasarkan tajwid, yaitu berada pada rata-rata 45%. Artinya, rata-rata kemampuan membaca Al-Qur’an di Universitas Abdurrab masih tergolong rendah. Dengan adanya penelitian ini selain sebagai penambah wawasan, juga seharusnya menjadi pemacu kesadaran bagi setiap pribadi untuk membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar berdasarkan Tajwid.

References

Achmad Annuri (2018), Panduan Tahsin Tilawah al_Qur’an dan Ilmu Tajwid, Jakarta: Pustaka al-Kautsar.

B. Bungin (2001), Metode Penelitian Sosial: Format Kuantitatif dan Kualitatif, Surabaya: Airlangga University Press.

B. Suyanto, Sutinah (2013), Metode Penelitian Sosial, Jakarta: Prenada Media Group.

Emizir (2014). Metodologi penelitian Kualitatif (analisis Data), Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hardi Damri (2021), Bimbingan Praktis Ilmu Tajwid, Pekanbaru: Tafaqquh Media.

Hitami, M. (2012). Pengantar Studi al_Qur’an:Teori dan Pendekatan. LKiS.

Kementerian Agama (2016), Al-Quran al-Hafidz, Bandung: Cordoba.

Ridwan, M. (2018). Konsep Tarbiyah, Ta’lim Dan Ta’dib Dalam Al_Qur’an. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 26-44. https://doi.org/10.31538/nazhruna.v1i1.97

U. Silalahi (2010), Metode Penelitian Sosial, Bandung: Refika Aditama.

Downloads

Published

2024-02-01

How to Cite

Alwi, R. ., Putra, R. E. ., & Ramadhani, S. O. . (2024). ANALISA KEMAMPUAN BACA ALQUR’AN MAHASISWA DI SALAH SATU PERGURUAN TINGGI PEKANBARU. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1869–1874. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25571