PENGEMBANGAN PROFESI GURU DALAM KURIKULUM MERDEKA

Authors

  • Almaydza Pratama Abnis STAI Asy-Syukriyyah Tangerang,

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25340

Keywords:

Profesi Keguruan, Kurikulum Merdeka, Pengembangan

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk membahas pengembangan profesi keguruan dalam kurikulum merdeka belajar. Pengembangan Profesi Keguruan adalah upaya yang dilakukan untuk meningkatkan taraf atau derajat profesi seorang guru yang menyangkut kemampuan guru, baik penguasaan materi ajar atau penguasaan metodologi pengajaran, serta sikap keprofesionalan guru menyangkut motivasi dan komitmen guru dalam menjalankan tugas sebagai guru. Guru harus pengembangan profesinya sesuai dengan kurikulum merdeka yang memberikan keleluasaan bagi guru untuk dapat secara bebas memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan pembelajarannya.

References

Abnisa, A. P. (2016). Leadership Dalam Pendidikan. Jurnal Asy-Syukriyyah, 17(1), 32–53. https://doi.org/10.36769/asy.v17i1.61

Abnisa, A. P. (2017). Konsep Pendidik dan Peserta Didik Dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Asy-Syukriyyah, 18(1), 67–81. https://doi.org/10.36769/asy.v18i1.72

Abnisa, A. P. (2020). KONSEP MOTIVASI PEMBELAJARAN. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21(02), 124–142. https://doi.org/10.36769/asy.v21i02.114

Abnisa, A. P. (2021). Prinsip-Prinsip Motivasi Dalam Pembelajaran Perspektif Al-Qur’an [Doctoral, Institut PTIQ Jakarta]. https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/669/

Abnisa, A. P. (2022). Adab Murid Terhadap Guru Dalam Perspektif Hadits. TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 92–103. https://doi.org/10.36769/tarqiyatuna.v1i2.261

Abnisa, A. P., & Zubairi, Z. (2022). Personality Competence Educator and Students Interest in Learning. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i1.1289

Abnisa, A. P., & Zubairi, Z. (2023a). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di MTs Daarus Sa’adah Cipondoh Tangerang. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), Article 2.

Abnisa, A. P., & Zubairi, Z. (2023b). The Influence of Professional Competence Of Islamic Education Teachers On Behavioral Changes In Al-Husna High School Students, Tangerang City. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(04), Article 04. https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.5392

Pratama, A., & Azis, A. (2023). Implementation of Al-Qur’an Learning Methods at Madrasah Aliyah Al-Masfuriyah. AMIN: International Journal of Islamic Education and Knowledge Integration, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.32939/amin.v1i2.2936

Sarnoto, A. Z., & Abnisa, A. P. (2022). Motivasi Belajar dalam Perspektif Al-Qur’an. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i2.1609

Zubairi, Abnisa, A. P., & Musthofa. (2023). PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ERA 4.0. AICOMS: Annual Interdisciplinary Conference on Muslim Societies, 3(1), Article 1.

Zubairi, Z., & Abnisa, A. P. (2023). Influence of Learning PAI on Ramadan Fasting Experience of SMPN 176 Students Cengkareng, Jakarta Barat. Didaktika Religia, 11(1), Article 1. https://doi.org/10.30762/didaktika.v11i1.3392

Downloads

Published

2024-02-19

How to Cite

Abnis, A. P. . (2024). PENGEMBANGAN PROFESI GURU DALAM KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 2787–2793. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25340