PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) BERDASARKAN WILLING TO ACCEPT (WTA) DAN ANALISA SWOT PADA DESTINASI WISATA KECAMATAN PANDAN KABUPATEN TAPANULI TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24997Keywords:
Destinasi, UMKM, SWOT, WTAAbstract
Potensi pengembangan UMKM pada destinasi wisata harus didorong oleh sebuah kebijakan Pemerintah daerah dalam melakukan pembinaan rutin kepada pelaku UMKM yang didominasi oleh masyarakat lokal. Salah satu strategi dalam pengembangan UMKM adalah dengan melakukan pelibatan langsung masyarakat lokal (masyarakat tempatan pada destinasi wisata) yang berhubungan dengan hasil pengembangan UMKM langsung yang akan mampu meningkatkan kesejahteraan dari masyarakat lokal di Kecamatan Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar pengembangan UMKM pada destinasi wisata Kecamatan Pandan. Metode penelitian ini terdiri dari pelaku usaha UMKM dan wisatawan. Jumlah responden sebanyak 140 orang, yang terdiri dari 60 pelaku usaha dan 80 wisatawan. Teknik pengambilan sampel/respon dengan menggunakan teknik cluster sampling. Variabel penelitian memakai analisis Willing To Pay (WTA) dan SWOT. Hasil penelitian diperoleh dengan Willing To Pay (WTA) sebesar Rp.1.545.220.457.87. Kesimpulan berdasarkan analisis SWOT dan WTA melakukan penciptaan dan penambahan UMKM di lokus kajian.References
Agussetyningrum, V., Mawardi, M. K., Pangestuti, E., 2016. Strategi Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Meningkatkan Citra Kota Malang sebagai Destinasi Wisata Kuliner (Studi pada UMKM Berbasis Kuliner Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 38(2), 105-115.
Anugerah, T., 2021 . Kerentanan Penghidupan Rumah tangga Nelayan (Studi Kasus Desa Tanjung Medang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau). Tesis. Bogor: Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.
Badan Pusat Statistik. 2021. Kecamatan Pandan dalam Angka tahun 2021. Tapanuli Tengah: CV. Kita.
Cresswell, J. W. 2016. Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, kuantitatif dan Campuran. Yogyakarta: Penata Aksara.
Elsye, R. 2022. Pengembangan UMKM pada Destinasi Wisata Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung. Jurnal Terapan Pemerintahan Minangkabau, 2(1), 64-72.
Murwati, S., & Sholahuddin, M., 2013. Peran Keuangan Lembaga Mikro Syariah untuk Usaha Mikro di Wonogiri. Proceeding Seminar Nasional dan Call For Papers Snacall , (Surakarta: 23 Maret 2013), h.301.
Pujianti, E. 2021. Analisis Kondisi dan Strategi Pengembangan Digital Marketing dalam Mempertahankan Produksi Kopi di Tengah Pandemi Covid-19 dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus pada Umkm Kopi di Lampung Barat).Tesis. Lampung: Program Pascasarjana, Universitas Negeri Raden Intan Lampung.
Purnomo, A., Farida, I., Vandika, A. Y. 2019. Potensi Pariwisata Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung. Lampung: Pustaka Media.
Sugiyono. 2019. Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sunarjo, W. A., Ilmiani, A., &Ardianingsih, A. 2019. Analisis SWOT sebagai Pengembangan UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif Destinasi Pariwisata Batik Kota Pekalongan. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, 33(2), 34-43.
Suryadana, L. & Octavia, V. 2015. Pengantar Pemasaran Pariwisata. Bandung :Alfabeta.
Sutrisno, E. 2021. Strategi Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi melalui Sektor UMKM dan Pariwisata. Jurnal Lemhanas RI, 9(1), 167-185.
Wibowo, D. H., Arifin, Z., Sunarti. 2015. Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), 59-66.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Toga Mahaji, Angelia Utari Harahap, Rikardo Silaban, Novita Aswan , Ferawati Artauli Hasibuan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.