EFEKTIFITAS LMS BERBASIS GOOGLE SITE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMASARAN DIGITAL PELAKU UMKM BATIK DESA KARANGDOWO
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20661Keywords:
Learning Management System, Pemasaran Digital, UMKMAbstract
UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) memiliki arti sebagai usaha atau bisnis yang dilakukan oleh individu, kelompok, badan usaha kecil maupun rumah tangga. Sama halnya dengan Desa Karangdowo yang memiliki UMKM berupa batik. Namun, ketrampilan tentang digital marketing mereka sangatlah masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk meningkatkan ketrampilan pelaku UMKM batik di Bojonegoro dalam hal pemasaran digital. Metode penelitian yang digunakan adalah RnD dengan model ADDIE yang digunakan dalam membuat dan menghasilkan produk, dimana model ini memiliki lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa LMS berbasis google sites yang dikembangkan ini layak untuk meningkatkan kemampuan pemasaran digital bagi pelaku UMKM batik desa Karangdowo, dimana LMS berbasis google sites disajikan materi yang lengkap sehingga memudahkan para pelaku UMKM batik untuk belajar secara mandiri, dimana saja dan kapan saja. LMS berbasis google sites yang dikembangkan ini efektif dapat menigkatkan kemampuan pemasaran digital bagi pelaku UMKM batik desa Karangdowo. Terbukti pada uji coba skala menunjukkan bahwasannya pemasaran digital menumbuhkan semangat pelaku UMKM batik desa Karangdowo untuk memasarkan produk UMKM yang telah dibuat.References
Kotler, P. dan Keller, K.L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Harlow: Pearson Education Limited
Kats, Y. (2010). Learning management system technologies and software solutions for online teaching tools and applications. USA : IGI Global snippet
Adzkiya dan Suryaman. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Google site dalam Pembelajaran Bahasa Inggris kelas V SD. Tersedia pada Jurnal Educate, Vol. 6.
Udemy. (2019). Udemy Digital Marketing Curriculum.
Coursesera. (2019). Digital Marketing Curriuclum, diakses pada alamat https://coursesera.org, pada tanggal 28 Oktober 2023
Sugiyono, (2013). Metode Penilitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfa Beta
Hidayat, F & Muhammad N. (2021). Model ADDIE dalam Pembelajran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan. Vol. 1(1).
Van Dijk, Jan A. G. M. and van Deuresen, Alexander. (2014). Digital Skill, unlocking the Information Society, New Palgrave MacMillan, York, USA, 2014
Adri, M., Hanesman, Titi, S., & Almasri. (2019). Laporan Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK), Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2019, Padang : LP2M UNP Padang
Dick, W., Carey, L., & Carey, J. (2015). The Systematic Design of Instruction. USA: Pearson
Marpanji. (2012). Penerapan e-learning moodle untuk pembelajran siswa yang melaksanakan prakerin. Jurnal Pendidikan Vokasi vol 2 No3.
Wulandari, E., & Grace, G. (2020). Penerapan E-Commerce Untuk Penjualan Rokok Elektrik (Vape) Menggunakan Content Management System Wordpress Pada Toko Vape Grande. Jurnal Idealis, Vol. 3 No. 1
Suratno, T. (2020. Sistem Pemasaran E-Commerce Produk Pertanian Berbasis Web Content Manajemen System. Sosio Ekonomika Bisnis, ISSN 1412-8241
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mamo’ Abdul Rohman, Sudiyanto Sudiyanto, Eka Budhi Santosa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.