EFEKTIFITAS LMS BERBASIS GOOGLE SITE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMASARAN DIGITAL PELAKU UMKM BATIK DESA KARANGDOWO

Authors

  • Mamo’ Abdul Rohman Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Sudiyanto Sudiyanto Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Eka Budhi Santosa Universitas Sebelas Maret Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20661

Keywords:

Learning Management System, Pemasaran Digital, UMKM

Abstract

UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) memiliki arti sebagai usaha atau bisnis yang dilakukan oleh individu, kelompok, badan usaha kecil maupun rumah tangga. Sama halnya dengan Desa Karangdowo yang memiliki UMKM berupa batik. Namun, ketrampilan tentang digital marketing mereka sangatlah masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk meningkatkan ketrampilan pelaku UMKM batik di Bojonegoro dalam hal pemasaran digital. Metode penelitian yang digunakan adalah RnD dengan model ADDIE yang digunakan dalam membuat dan menghasilkan produk, dimana model ini memiliki lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa LMS berbasis google sites yang dikembangkan ini layak untuk meningkatkan kemampuan pemasaran digital bagi pelaku UMKM batik desa Karangdowo, dimana LMS berbasis google sites disajikan materi yang lengkap sehingga memudahkan para pelaku UMKM batik untuk belajar secara mandiri, dimana saja dan kapan saja. LMS berbasis google sites yang dikembangkan ini efektif dapat menigkatkan kemampuan pemasaran digital bagi pelaku UMKM batik desa Karangdowo. Terbukti pada uji coba skala menunjukkan bahwasannya pemasaran digital menumbuhkan semangat pelaku UMKM batik desa Karangdowo untuk memasarkan produk UMKM yang telah dibuat.

References

Kotler, P. dan Keller, K.L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Harlow: Pearson Education Limited

Kats, Y. (2010). Learning management system technologies and software solutions for online teaching tools and applications. USA : IGI Global snippet

Adzkiya dan Suryaman. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Google site dalam Pembelajaran Bahasa Inggris kelas V SD. Tersedia pada Jurnal Educate, Vol. 6.

Udemy. (2019). Udemy Digital Marketing Curriculum.

Coursesera. (2019). Digital Marketing Curriuclum, diakses pada alamat https://coursesera.org, pada tanggal 28 Oktober 2023

Sugiyono, (2013). Metode Penilitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfa Beta

Hidayat, F & Muhammad N. (2021). Model ADDIE dalam Pembelajran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan. Vol. 1(1).

Van Dijk, Jan A. G. M. and van Deuresen, Alexander. (2014). Digital Skill, unlocking the Information Society, New Palgrave MacMillan, York, USA, 2014

Adri, M., Hanesman, Titi, S., & Almasri. (2019). Laporan Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK), Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2019, Padang : LP2M UNP Padang

Dick, W., Carey, L., & Carey, J. (2015). The Systematic Design of Instruction. USA: Pearson

Marpanji. (2012). Penerapan e-learning moodle untuk pembelajran siswa yang melaksanakan prakerin. Jurnal Pendidikan Vokasi vol 2 No3.

Wulandari, E., & Grace, G. (2020). Penerapan E-Commerce Untuk Penjualan Rokok Elektrik (Vape) Menggunakan Content Management System Wordpress Pada Toko Vape Grande. Jurnal Idealis, Vol. 3 No. 1

Suratno, T. (2020. Sistem Pemasaran E-Commerce Produk Pertanian Berbasis Web Content Manajemen System. Sosio Ekonomika Bisnis, ISSN 1412-8241

Downloads

Published

2023-11-20

How to Cite

Rohman, M. A. ., Sudiyanto, S., & Santosa, E. B. . (2023). EFEKTIFITAS LMS BERBASIS GOOGLE SITE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMASARAN DIGITAL PELAKU UMKM BATIK DESA KARANGDOWO . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1838–1843. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20661