ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MAHASISWA DALAM PENYELESAIAN METODE SIMPLEKS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24896Keywords:
Kemampuan Pemecahan Masalah, Gaya Kognitif, Metode SimpleksAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa dalam menyelesaikan Metode Simpleks ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD). Penelitian ini dilaksanakan di semester gasal TA 2023-2024 pada mahasiswa Pendidikan Matematika Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka yang tengah menempuh matakuliah Riset Operasi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam peelitian ini adalah menggunakan tes dan wawancara dan kemudian dianalisis menggunakan model analisis Miles dan Huberman. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh informasi bahwa mahasiswa dengan gaya kognitif yang berbeda memiliki kemampuan pemecahan masalah yang berbeda pula, sebagaimana dapat dijabarkan sebagai berikut: 1) subjek FI dapat menyebutkan informasi-informasi penting dalam soal, hal ini menunjukkan keduanya memiliki kemampuan memahami masalah yang baik, sedangkan subjek FD masing kurang memahami masalah, 2) Subjek FI dapat membuat rencana penyelesaian Metode Simpleks dengan baik, sedangkan Subjek FD masih bingung sehingga masih melakukan kesalahan dalam membuat rencana penyelesaian masalah, 3) Subjek FI mampu dalam melaksanakan rencana penyelesaian dengan baik sedangkan Subjek FD kurang mampu dalam melaksanakan rencana penyelesaian dengan baik. 4) Subjek FI dan FD tidak melakukan tahap pengecekan ulang karena penyelesaian yang dikerjakan tidak pernah sampai penarikan kesimpulan.References
Alifah, N., & Aripin, U. (2018). Proses Berpikir Siswa Smp Dalam Memecahkan Masalah Matematik Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent Dan Field Independent. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 505. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p505-512
Asdar, S. A. A. R. (2015). Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau Dari Gaya Kognitif Dan Efikasi Diri Pada Siswa Kelas Viii Unggulan Smpn 1 Watampone. Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 20. https://doi.org/10.26858/jds.v3i1.1313
Astutik, E. P. (2021). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Program Linier dengan Metode Simpleks. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 781–788. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.481
Merona, S. P. (2017). K OMBINASI T UTORIAL DENGAN M ETODE T ANYA J AWAB UNTUK. 6(2), 153–162.
Purwasih, S. M., & Astutik, E. P. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Dalam Menyelesaikan SPL Dengan Eleminasi Gauss Jordan Ditinjau Dari Gaya Kognitif. April, 623–631.
Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88
Saraswati, R. A., & Putranto, S. (2022). Analysis of Critical Thinking Skills in Solving Mathematical Problems in Terms of Field Independent and Field Dependent Cognitive Styles. Indonesian Journal of Mathematics Education, 4(1), 12. https://doi.org/10.31002/ijome.v4i1.5898
Syamsuddin, A. (2020). Describing taxonomy of reflective thinking for field dependent-prospective mathematics teacher in solving mathematics problem. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(3), 4418–4421.
Yanti, A. W., Arrifadah, Y., & Mustikarini, A. A. (2022). Students’ Reflective Abstraction Level in Solving Mathematics Problems Based on Cognitive Styles Field Independent (Fi) and Field Independent (Fd). Matematika Dan Pembelajaran, 10(2), 140. https://doi.org/10.33477/mp.v10i2.2968
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Wilminche M. D. E. L. Kelen
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.