PERAN MASJID AMALIAH PEKANBARU DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK DAN MENGATASI KRISIS SPIRITUAL REMAJA MILENIAL
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24116Keywords:
Masjid, Pembentukan Akhlak, Krisis Spiritual Remaja MilenialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Masjid Amaliah dalam pembentukan akhlak dan mengatasi krisis spiritual remaja milenial serta membentuk remaja milenial yang memiliki karakter sesuai ajaran Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui proses pengumpulan data, wawancara dan observasi dan dokumentasi. Pengumpulan data tersebut kemudian diolah dan dianalisis dengan cara meninjau seluruh data yang telah dikumpulkan selama wawancara, observasi, dan catatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Masjid Amaliah telah menjalankan peran utamanya sebagai sarana ibadah dan pusat kegiatan keislaman yang bermanfaat, misalnya sebagai tempat berdiskusi, tempat belajar, sosialisasi dan tempat berlangsungnya kegiatan yang berkaitan dengan pembentukan moral remaja. Masjid amaliah telah mencapai ketiga peran utama tersebut melalui berbagai kegiatan mulai dari program kegiatan mingguan, bulanan, dan tahunan. Masjid dapat memberikan pengaruh dan pemahaman ilmu dalam pembentukan akhlak dalam mengatasi kasus krisis spiritual dalam jati diri remaja agar dapat menjadi generasi umat Islam yang berguna bagi bangsa dan negara.References
Alwi, M.A., M. M. (2020). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Berbasis Masjid di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Al-Hikmah, 18(1), 99–116. https://doi.org/10.35719/alhikmah.v18i1.25
Aqbar, K., & Iskandar, A. (2021). Prinsip Tauhid dalam Implementasi Ekonomi Islam. AL-KHIYAR: Jurnal Bidang Muamalah Dan Ekonomi Islam, 1(1), 34–44. https://doi.org/10.36701/al-khiyar.v1i1.446
Deprizon, Radhiyatul Fithri, Wismanto, Baidarus, R. (2022). Mitra PGMI?: Sistem Perencanaan Manajemen Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 (MIN 2) Pekanbaru. Mitra PGMI?: Jurnal Kependidikan MI, 8, 100–110.
Dwi Septiani (universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung). (2022). Optimalisasi Peran Dan Fungsi Masjid Dalam Peningkatan Dakwah Di Masjid Al-Huda Sukarame. Repository.Radenintan.Ac.Id/17628/1/SKRIPSI BAB 1&5.Pdf •. ory.radenintan.ac.id/17628/1/SKRIPSI BAB 1&5.pdf •
Elbina Saidah Mamla, W. (2021). Tafsir Maudhu’i Tentang Konsep Pendidikan Karakter Jujur Dalam al-Qur’an. At-Thullab, 1(2), 16.
Hamzah, Tuti Syafrianti, Bambang Wahyu Susanto, Wismanto, R. T. A. E. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Islam Al-Rasyid Pekanbaru. 4(6), 1734–10351.
Junaidi, Zalisman, Yusnimar Yusri, Khairul Amin, W. (2021). Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan Islam. AL-FAHIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 131–146. https://doi.org/10.54396/alfahim.v3i2.183
Khairul Amin, Imam subaweh, Taupik Prihatin, Yusnimar Yusri, W. (2022). KEMAMPUAN SUMBER DAYAMANUSIA DALAMMENINGKATKAN KUALITAS MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAMDI ERA DISRUPSI 1Khairul. 11, 204–226.
Khikmawati, N. (2020). Pemberdayaan Berbasis Religi: Melihat Fungsi Masjid Sebagai Ruang Religi, Edukasi dan Kultural di Masjid Darusa’adah, Kota Bandung. Islamic Management and Empowerment Journal, 2(2), 215–232. https://doi.org/10.18326/imej.v2i2.215-232
Mufdillah, Astuti, D. A., & Fitri, E. rahmawati. (2019). Penentu kualitas generasi.
Muslim, Yusri, Y., Syafaruddin, Syukri, M., & Wismanto. (2023). Manajemen Kepala Sekolah Dasar Islam dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Religius di Era Disrupsi ( Studi kasus di SD Islam Al Rasyid Kota Pekanbaru ). Journal of Education, 05(03), 10192–10204.
Muzammil, M., & RIJAL, F. (2021). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Program Mabit (Malam Bina Iman Dan Taqwa) Di Man Model Banda Aceh. Kalam: Jurnal Agama Dan Sosial Humaniora, 8(2), 90–100. https://doi.org/10.47574/kalam.v8i2.96
Nahwiyah, S., Mualif, A., Haironi, R., Mailani, I., & Wismanto, W. (2023). Peran Mahasiswa Calon Guru MI/SDIT dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-Qur’an pada Mahasiswa Prodi PGMI Universitas Muhammadiyah Riau. Journal on Education, 5(3), 9573–9583. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1830
Puadah, P. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Upaya Penanaman Nilai-Nilai Ajaran Agama Terhadap Remaja Millenial Community Empowerment in Efforts to Instill Religious Values Against Millennial Youth. Jurnal Abdimas Le Mujtamak, I(2), 107–118.
Riska Syafitri, Miskun, Erfina, Rusli Ibrahim, W. (2022). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Berbasis “ Subsidi Silang ” Pada SDIT Imam Asy-Syafii. 11(2), 274–284.
Rusli Ibrahim, Asmarika, Agus Salim, Wismanto, A. (n.d.). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Al Barokah Pekanbaru. 4(1), 1082–1088.
Susanto, B. W., & Lasmiadi, A. Muallif, Wismanto, A. Z. (2023). Strategi Guru Pendidikan Agama islam dalam membentuk akhlak berkomunikasi peserta didik. 12, 327–337.
Syfa Nur Malawati, & Wildan Yahya. (2022). Peran Masjid Imadudding Jl. Sabang No. 17 Bandung dalam Pembinaan Masyarakat. Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam, 17, 31–35. https://doi.org/10.29313/jrkpi.v2i1.863
Syukri, Abdul Rouf, Wismanto, K. A. R. Q. (2023). Manajemen kepala Madrasah Ibtidaiyah dalam menumbuhkan pendidikan karakter religius pada era digital. Jurnal on Education, 6(1), 13. https://doi.org/10.29210/146300
Wismanto, Alhairi, Lasmiadi, A Mualif, A. (2023). Aktualisasi Peran Guru Aqidah Akhlak dalam Mengembangkan Karakter Toleransi Peserta didik Pada Sekolah Dasar Islam Ar-Rasyid Pekanbaru. 4(4), 1625–1633.
Wismanto, Yupidus, Efni Ramli, Ridwan, E. M. S. (2023). PENDIDIKAN KARAKTER GENERASI MUKMIN BERBASIS INTEGRASI AL QUR’AN DAN SUNNAH DI SDIT AL HASAN TAPUNG - KAMPAR. 12(1), 196–209.
Wismanto, Zuhri Tauhid, A. Z. (2023). Upaya Pencegahan Budaya syirik di Media Sosial melalui Pendidikan Islam Berbasis Al Islam kemuhammadiyahan. 12, 338–350.
Wismanto. (n.d.). Urgensi Guru PAI Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Di Era Disrupsi-Parafrase.
Wismanto Abu Hasan. (2016). Fiqih Ibadah. In Jurnal Energi Dan Manufaktur (Vol. 9, Issue 2). Nasya Expanding Manajemen. https://doi.org/10.22219/.v2i2.4219
Wismanto, Hitami, M., & Abu Anwar. (2021). Integrasi Islam dan Sains dalam Pengembangan Kurikulum di UIN. In Jurnal Randai (Vol. 2, Issue 1, pp. 85–94).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nisya Frasetia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.