SISTEM PEMBELAJARAN KITAB ARAB MELAYU DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUSSURUUR JALAN GARU 2B KECAMATAN MEDAN AMPLAS KOTA MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.24074Keywords:
Sistem, Pembelajaran, Kitab Arab Melayu, Pondok Pesantren.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kurikulum yang diterapkan disekolah dalam pembelajaran aksara arab melayu MIS H. M Hefni Kec. Tanjung Morawa Kab. Deli Serdang. Melalui penelitian kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi serta dianalisis menggunakan display data, verifikasi data dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum yang telah diterapkan dalam sekolah MIS H. M. Hefni Jalan Batang Kuis Desa Dalu X-A Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang sampai dengan sekarang ini adalah Kurikulum 2013. Namun terkhusus menyangkut tentang kurikulum yang diterapkan disekolah dalam mata pelajaran Aksara Arab Melayu tidaklah menggunakan kurikulum tersebut (tidak secara baku) melainkan dengan menggunakan skill guru mata pelajaran tersebut dengan namun pada dasarnya kurikulum memang penting menunjung proses belajar anak namun dengan skill guru juga dapat menunjang belajar anak yang sedang belajar disekolah tersebut guru mata pelajaran Aksara Arab Melayu.References
Aini, N., Armanila, A., & Harahap, M. R. (2021). Pembiasaan Pola Hafalan Ayat Pendek Pada Anak Usia Dini Di Ra Luqman Al-Hakim, Kalangan, Tapanuli Tengah. Hibrul Ulama, 3(2), 31–40. https://doi.org/10.47662/hibrululama.v3i2.163
Armanila, A. (2021). Implementasi Contextual Teaching and Learning dalam Pencapaian Perkembangan Aspek Agama pada Anak Usia Dini (Pendekatan Filsafat Ilmu-Ilmu Keislaman). Jurnal Raudhah, 9(1), 109–125. https://doi.org/10.30829/raudhah.v9i1.946
Armanila, A., Turtati, A., Siregar, A. S., & Skd, S. M. (2022). Hubungan Interior Belajar dan Bermain terhadap Perkembangan Bahasa AUD. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 8(1), 77–93. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/1116
Hamid, I. (1989). Kesusasteraan IndonesiaLama Bercorak Islam. Al Husna.
Harahap, H. S., & Armanila. (2023). Implementation of Special Management in RA Kamboja. Indonesian Journal of Islamic Early Education, 7(2), 149–155.
Lubis, M. S. A., Harahap, H. S., & Armanila, A. (2021). Psychological problems of learning from home during the covid-19 pandemic in early childhood. A?f?luna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 11–20. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v4i2.3497
Mahyuni, S., & Indriani, I. (2021). Pembelajaran Aksara Melayu Di Sekolah Dasar. Journal of Education and Teaching, 3(2), 129. https://doi.org/10.24014/jete.v3i2.15605
Malik, K., Habibi, N., Aan, M., & Narianto, N. (2022). Semantik Kata Serapan dari Bahasa Arab dalam Kamus Arab Melayu. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 6(2), 264–282. https://doi.org/10.22437/titian.v6i2.22030
Risdiawati, D., Siswanto, W., & Nurhadi, N. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Tulisan Arab-Melayu. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(6), 1002–1007.
Roza, E. (2017). Aksara Arab-Melayu di Nusantara dan Sumbangsihnya dalam Pengembangan Khazanah Intelektual. Tsaqafah, 13(1), 177. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v13i1.982
Sugiyono. (2021). MEtode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (3rd ed.). Alfabeta, CV.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: Untuk Penelitian yang Bersifat Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif (3rd ed.). Alfabeta, CV.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Beki Tantowi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.