TEORI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MULITIKULTURAL

Authors

  • Monica Kurnia Wati Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Juwita Melati Sukma Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Asiyah Asiyah Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.23988

Keywords:

Pendidikan, Pendekatan, Multikultural.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teori tentang pendidikan multicultural, pendekatan terhadap pendidikan multicultural, Iimplikasi multikulturalisme terhadap Pendidikan Islam dan penelitiannya. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1)Dalam pendidikan multikultural ada beberapa tokoh yang memiliki peranan penting dalam teori pendidikan multikultural, seperti Horace Kallen, James A. Banks, Bill Martin, Martin J. Beck Matustik dan Judith M. Green. Martin J. Beck Matustik berpendapat bahwa perdebatan tentang multikutural di masyarakat barat berkaitan dengan norma. Judith M. Green menunjukkan bahwa multikulturalisme bukan hanya di AS, karena budaya kecil harus mendapatkan tempat perlindungan dan memperoleh kekuatan dan memberi pengaruh dikebudayaan dominan. 2) Pendekatan untuk integrasi materi etnis ke dalam kurikulum. Pada pendekatan kontribusi, komponen yang berhubungan dengan kelompok etnis ditambahkan pada kurikulum tanpa mengubah strukturnya. Pendekatan aditif terdiri dari penambahan materi, konsep, tema dan perspektif kedalam kurikulum dan strukturnya tidak berubah. 3)Implikasi dari multikulturalisme terhadap pendidikan, utamanya di Indonesia adalah Kesadaran globalisasi membawa saling ketergantungan antara berbagai pihak terkait dan Perlu diberikan dasar-dasar yang utuh dan kuat kepada anak didik sebelum anak didik memiliki dunia spesialisasi sesuai dengan bakatnya.

References

Kaman Abd, Lukman Hakim, Dkk, 2022. “Pendidikan Multikultural”. Indramayu : Penerbit Adab.

Nata Abduin. Paradigma Baru Pendidikan Islam.

Pahruddin Agus, Ismail Suardi, 2021. “Pengembangan Model Kurikulum Pendidikan Agama Islam Multikultural”. Yogyakarta : Samudera Biru.

Liliweri Alo. 2009 .“Prasangka &Konflik”. Yogyakarta : LKIS Yogyakarta.

Liliweri Alo. 2018 . “Prasangka Konflik & Komunikasi Antar Budaya”. Jakarta : Kencana.

DKK Evanirosa, Cristina Bagenda, 2022. “Penelitian Kepustakaan (Library Research)”. Bandung: CV.Media Sains Indonesia.

Halimatussa’diyah,. 2020. “Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Multikultural”. Surabaya : CV jakad Media Publishing.

Ainul M Yaqin. 2019. “Pendidikan Multikultural”. Yogyakarta : LKIS.

Mastuhu. 1999. “Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam”. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

MusthofaMuhammad, Ariyandi Batu Bara, DKK. “Metode Penelitian Kepustakaan”. (Library research).

RonaldyMuhammad Saputr. 2020. “Metode ilmiah& Penelitian”. Anggota IKAPI.

Mukthtar, Kasful, Dkk, 2021. “Isu-Isu Global Mnajemen Pendidikan Islam”. Yogyakarta : Penerbit Samudra Biru.

AgustianMurniati. 2019 .“Pendidikan Multikultural”. Jakarta : Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Sipuan, Idi Warsah, Dkk. 2022 .“Pendekatan Multikultural”. Aksara : Jurnal Pendidikan Non Formal.

WulandariTaat. 2020. “Konsep dan Praksis Pendidikan Multikultural. Yogyakarta : UNY Press.

Tim Dosen PGSD/MI. 2020. “Memperkuat Indentitas Bangsa Melalui Pendidikan Multikultural”. Guepedia.

Bidhawy Zakiyuddin. “Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural”. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Downloads

Published

2024-01-05

How to Cite

Wati, M. K. ., Sukma, J. M. ., & Asiyah, A. (2024). TEORI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MULITIKULTURAL. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 65–68. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.23988

Similar Articles

<< < 167 168 169 170 171 172 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)