ANALISIS EFEKTIFITAS SISTEM IRIGASI TETES DALAM BUDIDAYA TANAMAN TOMAT
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.23981Keywords:
Sistem Irigasi Tetes, Budidaya Tanaman Tomat, Efisiensi Penggunaan Air, Produktivitas Tanaman.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas sistem irigasi tetes dalam budidaya tanaman tomat melalui metode studi literatur. Dengan mengumpulkan dan menganalisis literatur-literatur terkini, penelitian ini menyajikan temuan mengenai penggunaan air yang efisien, peningkatan produktivitas tanaman, pengendalian penyakit, dan aspek ekonomi terkait penerapan sistem irigasi tetes pada tanaman tomat. Hasil studi literatur memberikan gambaran positif terkait efektivitas teknologi ini, namun menunjukkan perlunya penelitian lebih lanjut untuk mengisi celah pengetahuan tertentu. Kesimpulan penelitian ini dapat memberikan dasar yang kuat untuk pengembangan praktik pertanian yang berkelanjutan.References
Agusti, A., Rakhman, F., Elfina, E., Mariatun, I. L., & Surur, M. (2023). PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI EKONOMI KREATIF STUDI KASUS PADA USAHA EKONOMI RUMAH TANGGA. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 13(1), 347–361.
ALESIA. (2015). PENGELOLAAN ARSIP DINAMIS PADA UNIT PELAYANAN TEKNIS UNIVERSITAS TANJUNGPURA PONTIANAK. PublikA Jurnal Ilmu Administrasi Negara (e-Journal), 4(2).
Alfiansyah, I. (2023). Development of Superior Plantation Commodities Based on Land Suitability in Pining Sub District Gayo Lues Regency Aceh Province. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1188(1), 12018.
ARIFIN, A. (2021). Analisis Daya Saing Dalam Strategi Pengembangan Kompetensi Daerah: Studi Kasus Di Kabupaten Mempawah Kalimantan Barat. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(06), 29–38.
Dewi, R. D. L. P., & Cangara, H. (2023). The Influence Of Digital Marketing Challenges Through Instagram Media On The 5.0 Era. Prosiding Seminar STIAMI, 10(2), 91–100.
Hasanah, M., Surur, M., & Munawwir, Z. (2023). Pengaruh Model Think-Talk-Write (TTW) Berbasis Kartu Bergambar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X MA Nurul Fata. Jurnal Pendidikan Edutama, 10(2), 265–277.
Juliarta, K., Surur, M., & Noervadila, I. (2023). Transformational Leadership Analysis Of Village Apparatus Work Motivation At Asembagus Village Office. Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 120–128.
Kuncoro, B., Punggeti, R. N., Nove, A. H., Amahoru, A., Setyaningsih, R., Handayani, F., & Hita, I. P. A. D. (2023). EFEKTIVITAS MEDIA KARTU BERGAMBAR DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN MOTIVASI BERMAIN BOLA BASKET PADA ANAK SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2505–2515.
Lolang, E., Lasarus, M., & Mentaruk, M. P. (2023). Improving students’ self-confidence through problem-solving approach in mathematics teaching. AIP Conference Proceedings, 2736(1).
Lolang, E., Rais, R., Oualeng, A., & Prayitno, M. A. (2023). Analysis of Educational Messages in The Lion King Movie: Perspectives on Character Education and Environmental Conservation. COMPETITIVE: Journal of Education, 2(2), 122–130.
Lolang, E., Solong, N. P., Sagita, H., Supriyanto, D., & Aziz, F. (2023). The Influence of Emotional Intelligence, Spiritual and Intellectual on Students’ Ethical Behavior. Journal on Education, 5(3), 7946–7951.
Mahmudi, A. A., Fionasari, R., Mardikawati, B., & Judijanto, L. (2023). Integration of Artificial Intelligence Technology in Distance Learning in Higher Education. Journal of Social Science Utilizing Technology, 1(4), 111–190.
Mardikawati, B., Diharjo, N. N., Saifullah, S., Widyatiningtyas, R., Gandariani, T., & Widarman, A. (2023). PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DAN MENDELEY UNTUK PENYUSUNAN KARYA ILMIAH: PELATIHAN INTERAKTIF BERBASIS TEKNOLOGI. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 11453–11462.
Marlin, K., Tantrisna, E., Mardikawati, B., Anggraini, R., & Susilawati, E. (2023). Manfaat dan Tantangan Penggunaan Artificial Intelligences (AI) Chat GPT Terhadap Proses Pendidikan Etika dan Kompetensi Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 5192–5201.
Noervadila, I., Surur, M., & Anam, S. (2023). IMPLEMENTASI MODEL SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN SIKAP NASIONALISME MAHASISWA PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN PANCASILA. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 427–436.
Nove, A. H., & Purwanta, E. (2022). Development of Mind Mapping as Media for Student Career Planning. International Seminar on Innovative and Creative Guidance and Counseling Service (ICGCS 2021), 16–25.
Qurtubi, A., Purwati, S., Ramli, A., Tutiliana, T., & Mardikawati, B. (2023). DEVELOPMENT OF LEARNING TOOLS WITH A SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENT MODEL TO FACILITATE STUDENTS’ACADEMIC ABILITIES. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 11337–11342.
Rochmawati, I., Rusdiono, R., & Arifin, A. (2022). The Involvement and Conflict of Authority of Actors Managing the Indonesia-East Malaysia Border Area. Journal of Governance, 7(3), 608–622.
Rusdiono, R., & Arifin, A. (2023). Pengembangan Pola Etika dan Moralitas Pelayanan Publik: Studi Kasus di Pemerintahan Kota Pontianak. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1978–1989.
Solissa, E. M., Utami, R. J., Ikhlas, A., Putra, S. R., Vanchapo, A. R., & Mahendika, D. (2023). MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA EKSPRESIF PADA ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA FLASHCARD (CBA). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2941–2946.
Ulimaz, A. (2015). Meningkatkan hasil belajar siswa kelas x pada konsep keanekaragaman hayati menggunakan model pembelajaran inkuiri. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 61–66.
Ulimaz, A. (2016). Penerapan Inkuiri Terbimbing Pada Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VII A SMPN 3 Tanjung Dalam Konsep Ekosistem. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 96–100.
Ulimaz, A. (2021). Respon mahasiswa terhadap modul praktikum berbasis inkuiri terbimbing pada pembelajaran daring mata kuliah teknologi pengolahan limbah. Jurnal Humaniora Teknologi, 7(1), 21–26.
Ulimaz, A., & Agustina, D. K. (2020). Respon Mahasiswa Vokasi Terhadap Pembelajaran Dengan Kahoot Pada Materi Parameter Limbah Cair. SENASTER" Seminar Nasional Riset Teknologi Terapan", 1(1).
Ulimaz, A., Yardani, J., & Widiyastuti, D. A. (2023). Increase Student Learning Activities by Using A Problem-Based Learning Model in Legum Technology Lecture Materials. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 238–246.
Wiranata, R., Surur, M., & Aisyah, S. (2023). Pengaruh profesionalisme dan sertifikasi terhadap kinerja guru mata pelajaran IPS di SMP Negeri Se-Kabupaten Lumajang. EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 11(2), 187–195.
Wulantresna, P., Dewi, R. D. L. P., Prihadini, D., & Retnosari, D. (2022). Analisis Strategi Komunikasi Dalam Pelaksanaan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Grab Merchant Pada Pt. Grab Teknologi Indonesia. LUGAS Jurnal Komunikasi, 6(2), 145–153.
Zulkarnaen, Z., Arifin, A., Musa, P., & Jumadi, J. (2023). KEGIATAN PENGHIJAUAN PADA BATAS KELURAHAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEBERSAMAAN PASCA TERBITNYA PERMENDAGRI NO. 52 TAHUN 2020 TENTANG BATAS DAERAH. Community Development Journal:
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Anita Ninasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.