STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA JASA PEMBUATAN WEBSITE PADA CV DIGITAL DAYAGUNA NUSANTARA DI KABUPATEN BANDUNG

Authors

  • Agnia Nurul Huda Universitas Mandiri
  • Indra Aditya Prayoga Universitas Nurtanio
  • Elsya Rahman Wahid Universitas Nurtanio

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.23884

Keywords:

Strategi Pengembangan, Jasa Pembuatan Website, Analisis SWOT.

Abstract

Penelitian ini didasari oleh kurang optimalnya strategi pengembangan usaha jasa pembuatan website oleh CV Digital Dayaguna Nusantara di Kabupaten Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengembangan usaha jasa pembuatan website oleh CV Digital Dayaguna Nusantara di Kabupaten Bandung. Teori yang diadopsi dalam penelitian ini adalah analisis SWOT menurut Rangkuti (2018:20), meliputi 1) kekuatan (strength), 2) kelemahan (weakness), 3) peluang (opportunity), 4) ancaman (threat). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, studi dokumentasi. Analisis data dilakukan berdasarkan teori Miles dan Huberman dengan tiga langkah analisis data, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan usaha jasa pembuatan website oleh CV Digital Dayaguna Nusantara masih belum optimal dengan mempertimbangkan dimensi: 1) kekuatan, seperti kemampuan untuk melakukan pekerjaan secara remote, kepemimpinan yang tidak otoriter, dan portofolio perusahaan yang kuat, serta inovasi yang dilakukan; 2) kelemahan, meliputi keterbatasan fasilitas dan peralatan, kurangnya koordinasi, serta adaptasi yang lambat dari karyawan; 3) peluang, yang mencakup perkembangan teknologi terkini, pergeseran sistem dari offline ke online, dan pertumbuhan e-commerce; 4) ancaman, seperti munculnya pesaing baru, ancaman dari perangkat lunak murah dari China, serta risiko terkena serangan virus dan ancaman sejenisnya. Berdasarkan hasil analisis, disarankan agar CV Digital Dayaguna Nusantara melakukan strategi WO, yaitu strategi yang memperbaiki kelemahan untuk memanfaatkan peluang yang ada. Rekomendasi yang diajukan adalah perlunya pembaruan fasilitas, peralatan, dan sumber daya manusia yang lebih baik agar strategi pengembangan usaha dapat berjalan dengan lebih baik

References

Anoraga, P. (2007). Pengantar Bisnis: Pengelolaan Bisnis dalam Era Globalisasi. Jakarta: Rieneka Cipta.

Chaffey, D., Bird, D. E., & Hemphill, T. (2019). Digital Business and E-Commerce Management. London, England, United Kingdom: Pearson.

David, Fred R. (2012). Manajemen Strategis. Jakarta: Salemba Empat.

Handayaningrat, Soewarno. (2011). Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. Jakarta: CV. Haji Masagung.

Miles, Matthew B. & A. Michael Huberman. (2009). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI-Press.

Moleong, Lexy J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Prihartono. (2012). Administrasi, Organisasi, dan Manajemen: Pendekatan Praktis dan Teknik Mengelola Organisasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Schneider, Gary P. (2011). Electronic Commerce, Ninth Edition. Cengage Learning: Course Technology.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Edisi ke-2. Bandung: CV. Alfabeta.

__________. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Ulrich, Laurie. A and Cook, Ken. (2019). Access 2019 for Dummies 1st Edition. New Jersey: John Willey & Sons, Inc.

Downloads

Published

2024-01-15

How to Cite

Huda, A. N., Prayoga, I. A. ., & Wahid, E. R. . (2024). STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA JASA PEMBUATAN WEBSITE PADA CV DIGITAL DAYAGUNA NUSANTARA DI KABUPATEN BANDUNG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 568–575. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.23884

Similar Articles

<< < 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.