PENERAPAN PROSEDUR NEWMAN PADA SOAL CERITA BERBASIS PEMECAHAN MASALAH OPERASI PECAHAN.
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22557Keywords:
Prosedur Newman, Soal Cerita, Operasi PecahanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan metode prosedur Newman dalam pemecahan masalah operasi pecahan melalui aplikasi pada soal cerita berbasis pemecahan masalah. Proses pemecahan masalah operasi pecahan seringkali menjadi tantangan bagi siswa dalam memahami konsep matematika. Pendekatan Newman, yang menekankan langkah langkah sistematis, dapat membantu siswa dalam mengatasi kesulitan tersebut.Data berasal dari hasil tes tertulis dan wawancara. Bentuk soal tes adalah soal uraian yang terdiri dari 3 soal dan diberikan kepada 3 peserta didik . Validasi data dilakukan menggunakan triangulasi waktu. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita matematika pokok bahasan operasi hitung pecahan berdasarkan prosedur Newman meliputi: (1)kesalahan memahami masalah, (2) kesalahan transformasi (3)kesalahan keterampilan prosesHasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan pendidikan matematika, khususnya dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah operasi pecahan. Selain itu, penelitian ini juga dapat memberikan wawasan tambahan terkait efektivitas metode prosedur Newman dalam konteks aplikasi teknologi informasi untuk mendukung pembelajaran matematika.References
Abdullah, A. H., Abidin, N.L. Zainal, & Ali, Marlina. (2015). Analysis of Students’ Errors in Solving Higher Order Thinking Skills (HOTS) Problems for Topic of Fraction. Asian Social Science. www.ccsenet.org/ass
Apriyanto, T. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi HitungPada Bilangan Pecahan Siswa kelas VII SMP PGRI Banyubiru. Doctoraldissertation, Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW.
Novferma, N. (2016). Analisis Kesulitan Dan Self-Efficacy Siswa Smp Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.10403
Putri, G. (2017). Analisis Kesalahan Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Materi TrigonometriBerdasarkan Newman di SMA Kartika IV-3 Surabaya. Skripsi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Rokhimah, S. (2015). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Aritmetika Sosial Kelas VII Berdasarkan Prosedur Newman. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Sari, A. M., Susanti, N., & Rahayu, C. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Aritmatika Sosial Kelas VII. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika. https://doi.org/10.37058/jp3m.v4i2.542
Shofia, Hidayah. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita SPLDV Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya Kelas X. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.
Sri Rahmawati. (2019). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Newman Kelas VIII. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.
Susanti, S. (2019). Newman Procedure dalam Menganalisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Setara PISA. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i1.283
Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Agnes Teresa Panjaitan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.